Senin, 05 Agustus 2019

PESONA MEMUKAU SAAT di Plaza-de- España-Sevilla Edisi 7

Day5 Thursday(07 Feb19)
Hari ini kita harus bebenah barang dan koper karena  waktunya Check Out dari Hotel Lisbon yang sudah kita pakai selama 4D3N untuk pindah ke Hotel Oasis Cordoba Spain.
Bangun tahajud jam 4 beberes karena kita sudah 3 Malam berada di R219 ini.Kami sarapan Cuankee kangen rasa bakwan goreng  Indo untuk menunggu waktu Subuh Jam 05.59 .Kami bebenah koper untuk diturunkan Jam 06.45 dan sekalian breakfast terakhir di Hotel ini.Sambil mampir ke Kamarnya Mbak Adonia dan Teh Tati yang tidak terlalu jauh dari kamar kami.Terlihat jelas dan nyata hasil perburuan mereka kemaren saat shopping ke City Center sementara kita ke Porto.Olala.ck ck..
Kami sarapan terakhir di sini menikmati kue khas Portugal.Sambil koper koper masuk ke Bus kita menghabiskan waktu mejeng di depan Hotel .
 Kita akan meninggalkan Portugal untuk beralih ke Spanyol .Selama 4 jam
( 365 km)  perjalanan menuju Kota Sevilla.
Perjalanan sepanjang 365 km  di jalan memang harus dinikmati dengan rileks dan santai.
Bahkan kami sempat mejeng dengan Bu Ida salah satu senior kami kakak adek jalan bareng yang di usia Pasca Pensiun menghabiskan waktu travelling keliling dunia.Bu Ida ini salah satu kolektor Kaca mata Hitam berbagai merek dan type beliau punya.Terlihat saat kami foto Kaca Mata kerennya bertengger manis di muka beliau.Selalu berburu Kaca mata setiap Kota yang kita lewati.
Salut dech sama Bu Ida.Walaupun Bu Ida dan adek sepanjang jalan menggunakan tongkat dan jalan tidak sesempurna kami tetapi semangat dan hobi jalannya mengalahkan kondisi mereka berdua.Awal saat naik pesawat terlihat mereka menggunakan kursi roda untuk menghemat tenaga dan kaki.Ternyata selama perjalanan kami tidak pernah mendengar mereka mengeluh dengan keterbatasannya. Hebat dan salut sama seniorita.
 Jam 8.42 kita start menuju Sevilla.Kami mampir  setelah 2 jam perjalanan di rest area" Gomes Aires Rest Area".Untuk beli kopi panas,cemilan dan tentu saja ke toilet "free" yang dikejar teman teman.Memang kalau kita berada di Eropa bus akan berhenti setiap 2 jam perjalanan karena itu memang peraturan lalu lintas Luar Kota disana.

Kami memasuki Kota Seville dengan suhu 19 ' C suhu yang sejuk sehingga kita tidak perlu menggunakan jaket tebal.Hanya baju sedikit hangat saja.Udara cerah Kota Sevilla menyambut kedatangan kami.
 Yuk kita bahas sejarah Kota Sevilla dulu ya.
Sevilla merupakan Kota terbesar ke-4 di Spanyol lho ada Madrid,Barcelona,Valencia yang pernah dikuasai oleh Kerajaan Romawi dan ditaklukan oleh Kerajaan Islam sekitar th 712 M.Penaklukan wilayah Spanyol oleh Islam oleh Pahlawan islam yaitu Thariq bin Ziyad.
Bahkan Sevilla berada dalam kekuasaan Islam selama lebih kurang 500 th.Bisa dibayangkan pengaruh Islam di Kota ini sangat kental sekali.Berbagai Dynasti Islam berkuasa di sini al: Dinasti Ummayah II,Dinasti Al Murabitun, dan Dinasti Al Muwahidun.
Zaman keemasan Sevilla berada saat Dinasti Al Murabitun berkuasa dimana Sevilla menjadi pusat berbagai bidang dari agama,budaya,Ilmu Pengetahuan dan ekonomi.Sehingga beberapa ilmuwan dilahirkan di kota ini.Ahli Tafsir Ibnu Al Arabi,Ahli Astronomi Abu Muhamad Jabir Ibnu Aflah, Ahli Matematika Ibnu Al Yasamin Al Isybili.Ahli Botani,Ahli pertanian dan banyak lagi.
Tetapi th 1248 Sevilla jatuh kepada kekuasaan Kristen yang dipimpin oleh Ferdinan III.
Sejarah kejayaan islam inilah yang membuat kami ingin menelusuri Andalusia(Spanyol untuk 10 hari ke depan).

Kami lansung mendatangi destinasi perdana kami di Andalusia yaitu Plaza-de- España-Sevilla .Baru saja kita sampai di Andalusia(Spanyol).

Kami mulai berjalan kaki sedikit menuju Plaza De Espana yang berada diantara Taman Maria Lusia. Spanyol terkenal dengan bangunan bangunan indah dengan arsitektur Renaisans dan Moor ciri khas Spanyol.Saat kami memasuki alun alun megah dan indah ini kami seperti terkesima dan mata terpana melihat begitu indahnya bangunan yang berada di depan mata. Luas 50.000 meter persegi yang nyaris setara dengan 5 x lapangan bola lho.Bisa dibayangkan bakal kaki akan pegal mengelilingi bangunan sangat indah dan memukau ini.
Setelah kita foto keluarga istilah kami bila sampai di suatu destinasi kita kumpul dulu untuk foto bersama dan kemudian berpencar sesuai dengan target dan fokus yang mau dilihat sesuai dengan kesepakatan waktu yang kita tentukan bersama.Disini kami diberi keluasan waktu karena begitu luas dan besarnya Plaza de Espana.
Sekali lagi kami beruntung bersama sang fotografer Purwakarta (Mb Linda) yang setiap bidikannya sangat keren.Sehingga 2 model emak emak menjadi cantik dibidikan jitu beliau.Entah trik apa yang membuat kami bisa melompat setinggi mungkin dan terekam di kamera dia.Thanks Mba Linda.
 Dekorasi dinding bangunan ini dari desain keramiknya berbagai Provinsi Spanyol.
Plaza-de- España-Sevilla dikelilingi oleh kanal sepanjang 515 m yang sayang tidak kami coba naiki perahu yang di dayung mengelilingi Plaza.Ada 4 jembatan keren menghiasi kanal yang merupakan gambaran 4 kerajaan Spanyo masa dulu Castille,Aragon, Navarre dan Leon.Walaupun kami tidak menyusuri kanal tetapi kami sempat menikmati keindahan Jembatan cantik nya.
 Tanpa sadar hari ini saya menggunakan Batik yang senada dengan warna dan rupa Plaza sehingga menyatu secara harmonis saat di foto.Apa lagi hari ini kerudung saya didandani sama Onty dengan style yang berbeda sehingga terlihat lebih fresh..bener gak nich.

Saat di sinilah kami menikmati musik dan tarian spanyol yang dimainkan oleh pemusik jalanan dan penari yang berada di balkon Plaza de Espana.Indahnya..terbuai dalam alunan music khas Spanyol yang biasanya kita nikmati diYou tube.Sekarang lansung berada di hadapan kami lansung.
Saat di Sevilla inilah kami pertama sekali menemukan begitu banyak Pohon Pohon Jeruk dengan buah warna orange yang segar dan sangat menarik untuk dipetik.Ternyata buah ini setelah dipetik dan dikupas dan dicoba buahnya sangat pahit sekali tetapi wanginya segar semerbak.
Belakangan kami baru tahu namanya Orange Blossom yang tidak sama dengan buah Jeruk kebanyakan.
Beberapa khasiat Orange Blossom ini antara lain:ekstrak Orange Blossom menjadi minyak Neruli sebagai moisturiser,bahan antioksidan ,skincare.Bahkan   saat diambil dan dibawa ditaruh di toilet kamar Hotel ruang menjadi segar dan wangi.
Sepanjang perjalanan sangat banyak sekali pohon pohon Orange Blossom ini terpencar di berbagai tempat.

WISATA UNIK METROPOL PARASOL
 Sore hari kami mampir di sebuah destinasi unik bangunan kayu unik yang terletak di La Ercanation Square Sevilla.Bangunan unik kayu replika  pohon 26 m dirancang oleh arsitek Jerman JA Mayer Herman.
La Ercanation Square merupakan alun alun Kota Sevilla yang th 1973 masih merupakan pasar tradisional.Pembangunan metropol Parasol mulai th 2005-2011.Sepintas terlihat seperti jamur dengan 6 bangunan payung  yang saling terhubung  oleh kanopi ( Parasol )raksasa.
 Senja di Kota Sevilla kami habiskan di sekitar alun alun Sevilla tidak saja ada museum Arkeologi,Restoran Open Air concer Hall ,Cafe.

Ta lupa ngopi cantik di kedai kopi S sekalian untuk ngejar thumblernya untuk stock Toko.Ngopi dapet..stock Thumbler dapet..aseekk.Kami menuju Cordoba jam 19.40 waktu Sevilla selama 2 jam perjalanan.Kita akan check in only 1 night
Malam imi kita menginap hanay 1 malam saja di Cordoba  yaitu Oasis Hotel  Avenida De Cadiz 78,Cordoba Suburbs Spain 14013.Kita hanya menginap 1 malam R120 saja  sehingga kami tidak menurunkan koper besar hanya hand carry saja sehingga lebih praktis.
Untuk 3 hari ke depan kami hanya menginap 1 malam tiap kota jadi perlu persiapan agar tidak capek menaikturunkan koper besar.
Edisi berikutnya kita akan ekplore Kota Cordoba yang sangat indah dan menawan.Tunggu terus edisi berikutnya yaa....