Jumat, 23 Agustus 2019

LA ALHAMRA..SAKSI ERA KEEMASAN ISLAM DI ANDALUSIA ..EDISI 11

Instagram.com/Espanapic
Day8(10 Feb19 )Kami menginap hanya 1 malam juga  di Occidental Granada HOTEL  Calle Alhamar,Ronda,Granada,Spain.Kami menempati R230 sambil berbenah karena kami sampai lebih awal jam 20.00 .Pagi kita breakfast untuk check out jam 8.30 pagi.
Suhu pagi ini sekitar 2-4 der C sementara jarak Granada ke Alhamra sekitar 15 menit perjalanan hanya 13 km saja.
Beruntung saya dan onty saat di Malaga menemukan tas unique dan eye Chatching di pertokoan Malaga.Sehingga hari ini kami sepakat menggunakan tas mungil ini .
Jadwal kita hari ini adalah kunjungan ke Istana Alhamra,sebuah komplek istana dan benteng yang didirikan diatas bukit peninggalan dari kekhalifahan Bani Ummayah dan merupakan simbol puncak kejayaan Islam di wilayah Andalusia.
Istana Alhamra  dibanguna th 1238-1358 dimana pada tahun 1984 UNESCO menetapkan sebagai Situs  Peninggalan Warisan Budaya dunia.Setiap orang yang mengunjungi Andalusia(Spanyol) pasti wajib mengunjungi Situs bersejarah yang satu ini.
Berada diatas perbukitan La Sabica  dengan latar belakang pergunungan Siera Nevada dimusim semi terlihat hijau disekelilingnya.
Saat kami turun dari Bus udara dingin menyusup ke tubuh sepertinya kita harus membawa sarung tangan dan syal untuk menahan hembusan dinginnya suhu 2-4 der C di ketinggian bukit ini.
Kami turun kemudian Grandy dan Arma membagi kami menjadi 2 group .Jadi mohon maaf untuk group satunya kita nanti hanya ketemu saat foto keluarga saja karena kami beda jadwal masuknya.Kami sangat surprise ternyata masuk dan untuk mendapatkan tiket masuk ke Istana Alhamra ini harus 3 bulan sebelumnya lho.Bahkan sangat ketat dan ternyata group 2 Andalusia diberi kesempatan langka untuk bisa menjejakan kaki di Istana penuh sejarah Islam Andalusia dalam waktu yang ketat 3 jam saja
Alhamdulillah Tks Ote..)
Kami akhirnya pisah 2 group dengan mengikuti salah satu tour Guide Orang Spanyol yang akan menemani kami selama di Istana Alhamra.Jalanan menanjak karena kita akan mencapai perbukitan dimana Istana Alhamra berada.Kami diberi waktu jam 10-13.00 dengan Guide Antonio Banderas.

Alhamra atau The Alhamra ternyata dari bahasa Arab al qala'a al-hamra yang berarti istana merah.Istana Alhamra ini dibangun oleh Khalifah Muslim Granada di abad ke -12.Istana yang dipenuhi oelh relief relief sangat cantik,dekorasi mengagumkan .Ukiran dan kaligrafi dengan warna kemerahan .Istana Alhamra ini terbuat dari Batu bata tanah Liat yang berwarna merah.Susunan batu bata merah yang sangat kokoh dan sangat halus desainnya membuat kami terpesona akan relief reliefnya.Bahkan bahan batu batanya terbuat dari campuran tanah liat dari Benua Afrika yang dibawa ke Andalusia bersama batu batuan dari Arab yang pada zaman itu menjadi pondasi dinding Istana yang sangat kuat dan padat.Masya Allah.
Interior dinding dinding Istana terdiri dari ornamen ornamen kaligrafi yang indah dan sarat makna.Banyak tulisan Asmaul Husna diantara kaligrafi tulisan Arab di dindingnya.
Bangga dan terharu melihat hasil karha umat Muslim khususnya Arsitektur zaman keemasan Islam di Andalusia.

Istana Alhamra merupakan pertahanan  terakhir Emirat Granada dan pemerintahan Muslim di Semenanjung Iberia.
Penyerahan Granada oleh Sulotan JMuhamad XIIatau Boabdil kepada Raja Ferdinad II dari Aragon dan Ratu Isabella I dari Castille pada th 1492.Kejatuhan Granda segera diikuti dengan gelombang ekspansi Spanyol ke Afrika Utara.Mulai dari penaklukan Melilla di pantai Marokopada th 1497.Bagi pihak Kristen jatuhnya Granada menandai akhit Reconquista.(Ensiklopedia Peradapan Islam ANDALUSIA: Dr.Muhamad Syafii Antonio,M.Ec)
Istana Alhamra terbagi menjadi 3 bagian utama dimana yang pertama paling tertua Mexuar dengan 4 pilar dipenuhi ukiran kaligrafi dan dinding bercorak marmer.
Bagian ke-2 yaitu Istana Comares dimana singasana raja berada di daerah ini Kemudian bagian 3 yaitu Taman Singa (Hausyus sibb ) berada persis di tengah istana.
Saat kami perjalanan dari  Alhamra ,Hevie salah seorang sahabat Rusia417 kami menoreh tulisan indahnya di FB beliau :
"Dari istana istana di Eropa yang pernah dikunjungi ,La Alhamra di Granadalah yang paling membuat hati kami bergetar.Pejamkan mata dan membayangkan dalam 800 th (8 Abad) Islam menguasai Andalusia di Spanyol dan menjaga keharmonisan seluruh umat beragama saat itu.
Masuk ke dalam istana Alhamra yang penuh dengan tehnologi Ilmuwan Islam jaman itu membuat kami terkagum kagum .Mulai dari Arsitektur Bangunan,Pertanian,Pengairan,pertahanan perang dan ilmu kesehatan tertuang lengkap di setiap lanscape Istana.Kenangan La Alhamra telah terukir di hati kami yang paling dalam".. (Hevie Novieadie)
Istana Alhamra dengan sejuta pesona dan daya pikatnya yang luar biasa membuat kami merasa waktu jam 10-13 terasa singkat menjejakan kaki di saksi bisu keajaiban dunia yang sudah menjadi Warisan UNESCO.Saksi mahadaya zaman keemasan Islam di Bumi Andalusia.

Rasanya tak rela kami hanya cuma 3 jam menyusuri Istana megah maha karya arsitektur Islam di abad ke-13
Dari Granada kami meneruskan perjalanan ke Barcelona..Yuhui malam ini kita akan menginap di Barcelona.Jarak Granada menuju Barcelona sepanjang 856 km atau sekitar 8 jam 30 menit plus 2x rest area .Perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan pastinya.Setelah kami beli souvenir Alhamra saatnya siap siap menuju Barcelona Jam 13.30 dan sampai tengah malam Jam 12.05 tengah malam.Kami sempat toilet stop 2 x dan beli Mc Donald di jalan karena sudah terlalu malam untuk makan di Barcelona.
Capekkk..Alhamdulillah kami sampai di Hotel NH la Maquinista ,Sao Paulo 33-37 ,Sant Andreu,Barcelona.Kami menginap disini untuk 4 D 3 N .Horeee 4 hari di Barcelona lebih leluasa dan semua koper kita turunkan disini karena kita punya waktu bebas dan panjang di Barcelona.
Saya dan Onty menempati R205 yang lega dan resik.Besok pagi kami diberi kesempatan kumpul sedikit siang jam 10 baru jalan city Tour Barcelona..
Hore Barcelona...

Ikuti terus edisi Andalusia ya...