Halaman

Minggu, 11 Agustus 2019

KECEWA DAN KEPO SAAT VISA UK EXPIRED DI GIBRALTAR EDISI 9..

 Siang harinya setelah makan  kita akan menuju Algeciras yang berjarak 295 km dari Cordoba  yang bakal di tempuh sekitar 3 jam perjalanan via darat.Kota Algeciras berada sekitar 4 mill atau 6,4 km dari Selat Gibraltar.
Nach kita akan menuju ke Selat Gibraltar ini banyak sejarah tentang Gibraltar.
Selat Gibraltar merupakan selat yang unik menghubungkan 2 Lautan yaitu Samudera Atlantik dan Laut Tengah .Selat Gibraltar dibatasi oleh Negara Spanyol dan Gibralatar di bagian Utara sementara bagian Selatan yaitu Maroko dan Ceuta.
Gibraltar merupakan semenanjung kecil di pesisir selatan Semenanjung Iberia.Tidak begitu jauh dari pintu masuk menuju Laut tengah.Letak Gibraltar yang strategis menjadi rebutan buat negara negara Eropa.
Gibraltar hanya luasnya 6,8 km persegi dengan semenanjung yang beriklim hangat.Wilayah yang sangat kecil tetapi menjadi sengketa International antara negara Spanyol dan Inggris sampai sekarang.Spanyol merasa Gibraltar adalah wilayahnya sementara Inggris mengklaim Gibraltar adalah seberang lautan milik mereka.Sementara Pemerintah Gibraltar menganggap wilayah mereka bagian dari Inggris.
Sejarah Gibraltar ini sangat menarik .Masih ingat gak dengan Komandan Militer paling termasyur Thariq bin Ziyad yang merupakan Jendral Muslim terbesar sepanjang sejarah. 
Pada th 29 April 711 Pasukan yang dipimpin oleh Thariq mendarat di Gibraltar (nama Gibraltar diambil dari nama Arab Jabal Tariq,yang berarti gunung Tariq atar Gibr Tariq yang berarti batu Tariq).Pasukan Thariq yang terdiri dari orang orang yang belum lama masuk Islam mendarat di Gibraltar.Thariq membakar kapal kapalnya dan berpidato dihadapan pasukannya.Isi pidato tsb sangat terkenal di dunia Muslim yang isinya kira kira:"Wahai prajurit-prajuritku ,kemana kalian akan lari?Di belakang kalian laut membentang,sedangkan dihadapan kalian musuh menanti.Satu satunya yang kalian miliki sekarang adalah harapan dari keberanian dan keteguhan kalian...Ingat aku akan menyerang dari barisan depan .Jangan pernah ragu aku akan mencari Roderick ,penguasa yang zalim terhadap rakyatnya.Tetapi bila aku gugur sebelum bertemu Roderick lipatgandakan semangat kalian ,paksa diri kalian untuk menyerang dan taklukan negeri ini dengan membunuhnya.Dengan kematiannya tentara mereka tidak akan mengganggu kalian.
Sejarah membuktikan Thariq berhasil membunuh raja Visigoth ,Roderick dalam pertempuran Guadalete tgl 19 Juli 711.Tariq kemudian menjadi Emir Hispania kemudian beliau pindah ke Damaskus sampai akhir hayatnya
(Ensiklopedia Peradapan Islam ANDALUSIA; Dr Muhamad Syafii Antonio M Ec.)
Sejak itulah Gibraltar dikuasai oleh orang oirang Islam pasukan kekhalifahan Bani Umayyah dibawah pimpinan Thariq bin Ziyat .Nama Thariq inilah cikal bakal nama Gibraltar versi bahasa Spanyol dari Jabal Thariq (Gunung Tariq).Akibat perang Suksesi Spanyol  maka sejak th 1713 Spanyol harus menyerahkan sebahagian wilayah mereka ke Inggris salah satunya wilayah Gibraltar masuk ke wilayah Inggris.
Nach menuju Gibraltar berarti kita harus mempunyai Pasport dengan Visa aktif UK...
Hayooo ngaku siapa group Andalusia II ini yang masih aktif Visa UKnya.
Olala..ternyata hanya Mbak Linda dan sang TL sejati Grandy.Waduch yang lain tidak punya alias sudah expired .Berarti hanya mereka berdua saja yang bisa memasuki wilayah Gibraltar karena Visa UK mereka masih aktif.Apa daya buat group yang tidak punya visa bebas termasuk saya diberikan waktu bebas explore Kota Algeciras dan tepi lautnya.Kami hanya bisa gigit jari melihat Grandy dan Mbak Linda melenggang manis memasuki Kontrol Imigrasi Gibraltar..ohhh nasib..
Walaupun kami tidak masuk ke wilayah Gibraltar tetapi Mbak Linda dengan senang hati merekam dan menyimpan foto foto indah wilayah Gibraltar.Thanks Mbak Linda...#kecupbasah...
Walaupun kami tidak bisa menuju Gibraltar tapi waktu yang cukup panjang membuat kami explore kota kecil dan tidak begitu banyak daerah tepi pantai ini yang kami telusuri cuma sebentar.Terus mau apalagi....
Ada yang paling unik di Gibraltar yaitu Airport Gibraltar dimana salah satu Airport yang paling berbahaya dan seram di dunia.Kenapa berbahaya karena airport satu satunya di dunia yang terpotong oleh jalan raya .Jalan ini biasa digunakan oleh masyarakat untuk berlalu lalang disana.Tetapi bila pesawat mau landing atau take off maka mobil atau orang harus berhenti selama 10 menit..ihh seram benar yaa..Terlihat gaya congkak mereka berdua mejeng di atas landasan airport Gibraltar yang merupakan salah satu Landasan paling seram di dunia bayangkan hanya punya 1 landasan pacu..olalala...#sebelgayamerekaberdua...

 Walaupun kami tidak bisa menuju Gibraltar tapi waktu yang cukup panjang membuat kami explore kota kecil dan tidak begitu banyak daerah tepi pantai ini yang kami telusuri.
Sambil melihat posisi Algeciras kondisi udara di Algeciras sekitar 16 'C.Udara cukup panas dan terik sementara restoran hanya beberapa saja disini maklum hanya Kota Nelayan .Mungkin karena disini tidak terdapat Mall dan kami menunggu sebahagian dibawah pohon dan sebahagian rehat di Resto Ayam cepat saji.Menunggu memang pekerjaan yang paling mengesalkan sehingga timbul rasa kesal kami waktu terlalu lama disini tanpa bisa berbuat apa apa karena kami tidak mempunyai visa UK.Akhirnya dengan muka sudah kesal dan cemberut akhirnya muncul protes sana sini.
Setelah kita saling diskusi dan membicarakan hal ini pada Grandy & Arma dan kita sepakat kita akan mampir di sebuah Mall untuk mengobati rasa kecewa di Gibraltar yang hanya bisa dimasuki perwakilan 2 delegasi kami saja hihaa.
Wah muka berseri dan wajah ceria mulai terlihat di wajah emak emak khususnya bakal mampir ke Mall yang disitu juga ada Carefour& toko toko retail terkenal .Carefour  untuk belanja bahan makanan bagi yang pingin masak seperti Mbak Linda,Mba Rina dkk.Saya dan Onty butuh telor,sayur dan buah untuk stock kita
 Waktu kami habiskan di mall ini sebelum kami check in di Hotel NH Campo De Gibraltar yang berlokasi di Brujula,27 Poligono Industrial de Palmones,Los Cortijillos ,Los Barios ,Spain 11379.Saya dan Onty menempati Room 239 yang only 1 ninght saja kami di sini.Tuntas sudah perjalanan kami hari ke -6 kami di perjalanan di Andalusia.

Tuntas sudah perjalanan kami hari ke -6 kami di perjalanan di Andalusia.Besok kami akan menujuKota ke-2 terbesar di Andalusia yaitu Malaga.
Nach apa yang menarik selama di Malaga yuk ikuti teru edisi Andalusia ini sampai kelar ya...


to be continued










Tidak ada komentar:

Posting Komentar