Sabtu, 14 September 2019

OVER BAGASI BIKIN HEBOH DAN SYOK BERAT MELANDA DI MADRID AIRPORT ..EDISI 18 FINISH

Day14(Saturday/160219)
Hari ini sabtu hari ke-14 travelling kita di Bumi Andalusia dan sudah waktunya kita siap siap kembali ke Indo.Jam 4 kami berdua onty sudah bangun tahajud dan bebenah kembali setelah semalam kami packing dari baju kotor yang sudah dipress di kantong kedap udara.Kemudian barang barang souvenir saya untuk Toko yang cukup banyak.
Setiap perjalanan saya bareng onty Jihan jarang beliau yang belanja cukup banyak.Eh tumben ditravelling kali ini beliau banyak borong buat keluarga.Berharap bisa nebeng titipan barang eh ternyata beliau juga pusing packing barangnya yang juga sudah membuncit.oalah.
Kami janjian sarapan di kamar saja dengan mbak Linda  pakai menu Nasi telor balado.Sementara Breakfast di resto Hotel jam 7.15-7.45.Kebetulan Mbak Penny bawa timbangan digital siap kami pinjam untuk cek timbangan koper kami sebelum kita timbang di Airport nanti.Ternyata Koper saya sudah 32,5 kg wah harus dikurangin nich.Sambil pusing pusing mikirin untuk merampingkan bagasi.Mbak Penny menawarkan bagasi dia yang masih kosong karena beliau berdua suami dan tidak banyak oleh oleh yang dibeli.Alhamdullilah "didalam kesusahan ada kemudahan".Thanks Mbak Penny.Akhirnya 1 kantong wrapping kedap udara berisi pakaian ,jacket,setrika,travel cooker yang sudah rapi saya titip ke mbak Penny dan suami.Tks say...
Final packing akhirnya Koper saya berat  31,5 kg ,Koper Cabin 11,5 kg yang harusnya 7 kg kemudian ransel Anello flower saya berisi beragam souvenir" yang kalau ditimbang mungkin 10 kg juga.Berarti secara total ada 52,5 kg tambah lagi titipan di Mbak Penny sekitar 10 kg..waduh gimana caranya ntar..
Kemudian kita diajarkan Grandy hari sebelumnya bila packing kita penuh silahkan jacket tebal dan sepatu boots yang berat lansung dipakai saja.Memang sedikit bermasalah saat di pengecekan body pasti akan buka jacket dan sepatu tetapi akan mengurangi bagasi karena yang besar dan berat sudah kita pakai di badan.Tks Grandy..Tips mu oke bangets.
Saya kebetulan saat di Spanyol beli sepatu boot untuk di Salju dan Jacket tebal Winter.Akhirnya barang yang saya beli itu harus dipakai dibadan agar bagasi yang tadi semuanya bisa masuk.
Kita akan drop koper jam 8.30 untuk ke airportnya jam 9 Pagi.Perjalanan menuju Airport hanya ditempuh 30 menit saja.Kami gunakan untuk say to thank untuk Driver,Grandy,Arma yang selama perjalanan kami sudah membantu .Dr Lilik mengucapkan salam perpisahan mewakili kita semua,Doa bersama dari Dr Musa .
Kemudian Mbak Mira kolektif tanda kasih kita untuk sang TL kita.
Kami di drop di Terminal 2 Madrid Barajas International   Airport
Ternyata untuk Tax Refund kita harus berjalan dengan trolly berisi semua koper dan barang ke Terminal 1.Buat teman teman yang mempunyai tax refund banyak apalagi yang belanja super banyak berarti harus lebih dahulu mengisi semua form sebelum kita antri di depan counter Tax Refund.Tax Refund di Madrid Airport sudah menggunakan Barcode Mesin sehingga tinggal tempel barcode di mesin bila release tinggal ke petugas terima uang cash atau transfer.Tapi bila tidak release bisa cek dan stempel oleh petugas counter.Setiap mengurus tax refund memang selalu berbelit belit di setiap negara yang kita datangi.Ya jelaslah karena tax refund itu uang yang dikembalikan lagi ke wisatawan sehingga mereka dengan berbagai cara untuk membuat prosedur berbelit belit.Kita harus memperlihatkan barang barang yang kita beli dan kadang harus lansung dipakai.Kebetulan saya hanya dimasukan di koper cabin saja jadi cukup simpel.Sementara souvenir jarang menggunakan tax refund.Beberapa toko tidak mereka released Tax Refundnya kita tidak tahu persis alasannya mereka tidak releasedkan.Ya sudahlah.
Setelah semua teman group menyelesaikan Tax Refund kami harus kembali lagi ke Terminal 2 untuk drop bagasi.
Inilah drama over bagasi dimulai.Dari awal kita tahu Swiss Air mempunyai Bagasi 30 kg,Cabin 7 kg .Ternyata saat kami antri satu per satu koper bagasi kami hanya release 23 kg saja untuk flight Madrid-Zurich-Singapore-Jakarta.
Kami mulai ribut dan panik dengan semua bagasi hampir 30 kgan .Sementara tiap orang harus mengurangi bagasi 7 kg lagi..olalala.
Grandy dan arma kemudian diskusi dengan mereka dan mereka tetap menerapkan aturan 23 kg.Akhirnya Grandy telpon Om Teddy di Jakarta untuk selisih Bagasi Swiss Air yang 7 kg lagi.
Selama penantian keputusan antara Om Tedy dan Pihak Swiss Air.Semua kita panik dan stress.Beberapa teman ada yang mencoba bongkar koper mereka dan mengeluarkan jacket tebal ,sepatu dan malah terlihat Bu Soraya memakai baju ,jacket dan sweater tumpuk tumpuk di badan.Wah sayang tidak sempat difoto saking semuanya panik dan syok.
Saya sudah pasrah bila harus bayar terpaksa bayar karena sudah tidak mungkin dikurangi secara semua tempat sudah terisi penuh.
Sementara terlihat Grandy dan arma disaat genting Cargo allowed only 23 kg ..aseek TL berdua tetap cakep mood nya..Bravo buat kalian berdua top dech..Tidak terlihat panik dan grogi sama sekali padahal kami ada 48 orang dengan semuanya hampir over bagasi.Luar biasa mereka.
Sambil Grandy dan Arma menunggu hasil kesepakatan Swiss Air dengan Om Teddy kita sempat kirimkan Foto'Wajah stress dan lesu" kita di group agar Om Teddy bisa lihat suasana di airport saat itu.
Entah apa "Ancaman" dari om teddy ke Swiss Air akhirnya kesepakatan terakhir dihasilkan yaitu: Koper Bagasi 30 kg plus Koper Kabin 7 kg " semua bisa masuk Bagasi...Ya Allah Alhamdullilah jadi bagasi kita bukan saja 30 kg tetapi 37 kg..Superrr thank you OTe...
Akhirnya semua teman merapikan koper dan kabinnya agar Kabin bisa 7 kg jangan lebih.Koper Bagasi dan Cabin saya sudah tidak mungkin dibongkar lagi pasrah saja sambil berdoa semoga direleased kalau tidak paling bayar over bagasi yang saya punya.
Akhirnya kami dengan tenang dan muka bahagia semua antri dengan manis di counter setelah semua released Bagasi kami #37 kg# Subhanalloh.
Saat giliran saya untuk check in saya berdua onty biar bagasi kami bisa bareng.Haya doa baca Ayat Kursi,Baca Al fatihah dan sedikit Zikir semua bagasi saya ditimbang hampir 42,5 kg. Alhamdullilah released..Horeeeee...
Setelah itu baru onty menimbang bagasi beliau pasti tidak sebanyak saya .Teman teman sampai tanya gimana caranya si Uni bisa lolos.Onty terus bilang "wah paling uni baca baca tuch di depan penjaga counternya".
Legaaaa...rasanya Bagasi sebesar itu lolos sampai Jakarta..Tks Om Teddy.
Setelah drama Over Bagasi kami usai kami lanjut memasuki imingrasi dan pintu pemeriksaan one by one.Saat itulah jacket winter,sepatu boots dan Ransel saya yang berisi penuh souvenir diperiksa petugas.Mereka sempat tanya "banyak sekali souvenir yang dibawa".Dengan santainya saya jawab karena saya hobi koleksi souvenir tiap kota.Petugasnya tersenyum dan meloloskan ransel Anello padat saya yang kalau ditimbang mungkin 7-9 kg ada .upppstttt.Jangan ditiru yaach.

Setelah semua bagasi teratasi dan kita sudah masuk ke  Gate tempat kami menunggu flight.
Kami sudah harus say good bye dengan Grandy karena dia harus terbang ke Amsterdam bergabung dengan Pacar dan sahabatnya untuk menuju Travelling dengan group dia.Tks alot Grandy.Sementara Arma masih menemani kami sampai Jakarta.
 Kami menuju GateE67 untuk Flight awal kami ke Zurich Jam 15.25.Perjalanan Madrid -Zurich hanya butuh waktu 1,5 jam domestik  Flight menggunakan Boeing C100/300.Domestik Flight kita diberi snack Swiss Bakery dan Hot Coffee.Lumayan untuk menghangatkan tubuh.

Hanya 1,5 jam kami landing Zurich untuk penerbangan kami ke Changi Singapore.
Selama penantian kami di Zurich kami hanya menunggu duduk manis,sholat dan perut mulai keroncongan .Lapar.Untung Onty bawa lauk dan ada yang bawa nasi walau dengan nasi dan lauk seadanya kami berbagi 1 sendok per orang.Terlihat Mbak Mira memberi 1 suap Pak Adam.Seru & indahnya kebersamaan kami.Tanpa memandang disini strata sosial,kasta ataupun kelas kita guyup dalam satu kondisi dan sepenanggungan.Indahnya

Day 15(Sunday /170219)
Saat di Changi  tiba pukul 18.00 dan kami punya cukup waktu lama transit dan melanjutkan penerbangan ke tanah air.
Flight kami SQ 0969 pada pukul 22.40 punya waktu banyak untuk makan,tidur,leyeh leyeh dan shopping yang masih punya tenaga extra untuk cuci mata.

Tuntas sudah travelling kami selama 15 hari mengelilingi Spanyol atau Bumi Andalusia dengan beragam sejarah dan budayanya yang sangat penuh sejarah.Hampir 18 edisi Andalusia sudah saya coret di buku harian seorang amak yang senang menulis hal kecil tapi penuh kenangan.
Sampai ketemu di travelling berikutnya.Mohon maaf bila di tiap edisi ada sentilan sentilan nakal saya selama perjalanan yang menambah segar dan semaraknya rasa persaudaraan dan pertemanan kita selama perjalanan.
Mohon maaf lahir dan bathin.
Next see you again...Hasta La Vista..Sampai Jumpa lagi..