Sabtu, 21 September 2019

WISATA & SHOPPING BEKEN DAN KEREN NGAJOGYAKARTA EDISI 2..

Walaupun kami travelling cuma 3 Hari 2 malam tetapi waktu kita padat .Pokoknya tidak mau rugi dengan jadwal .Kali ini saya akan bahas beberapa destinasi Jogyakarta yang keren dan hits yang sempat kami kunjungi:
1. THE LOST WORLD CASTLE MERAPI
2. STONEHENGE MERAPI
3. HUTAN PINUS MANGUNAN
4. TEBING BREKSI
5. ABHAYAGIRI SUMBER WATU HERITAGE
6. SHOPPING BERINGHARJO,BATIK PARADISE,MIROTA
Edisi ini khusus akan mengupas beberapa destinasi ciamik dan beken di Jogyakarta yang sempat kita datangi dengan waktu hanya 3 hari 2 malam saja.Untuk kuliner khusus akan saya kupas dan jabarkan di edisi berikutnya ya.
Kami sampai Jogyakarta sudah Jam 11 lewat hari Senen setelah kami makan pagi sekalian  siang .Destinasi awal yang akan kita datangi yaitu
1. THE LOST  WORLD CASTLE MERAPI
Lereng Gunung Merapi tidak saja mempunyai destinasi reguler naik Jeep menuju Museum Merapi,Makam Mbah Marijan ,Batu Alien ,Bunker Kaliadem dll tetapi sekarang lereng Gunung Merapi mulai berbenah dan menata diri.Berbagai kawasan wisata di lereng merapi mulai ditata lebih apik ,menarik dan yang penting Instagramable.
Salah satunya The World Castle Merapi berada di Dusun Petung Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan ,Sleman Regency Jogyakarta.
Kami harus berhenti di Jeep Wisata Merapi yang mempunyai beberapa Paket short Trip,Medium,Long Trip atau Sunrise Trip.
Kami lebih memilih paket Medium dengan Pilihan ke The World Castle,MERAPI PARK ,Stonehenge,Museum Merapi dll.

Kami menaiki Jeep saat langit terlihat mendung dan akan turun hujan .Saat melewati Museum Merapi dipenuhi oleh sesaknya remaja remaja SMA yang mengadakan Study Tour.Kami memutuskan untuk tidak turun karena hampir semua sudah 1-2 kali ke sini karena sudah reguler trip.Saat kami sampai di The World Castle Merapi hujan deras membasahi bumi Sleman .Awalnya pengemudi Jeep menurunkan terpal untuk menutupi atas dan samping Jeep.Tetapi hujan semakin deras dan jalanan mendaki dan menurun .Saat di The World Castle kita berhenti dan mampir di warung untuk Ngopi untuk menghangatkan tubuh sambil menunggu hujan reda.
Ternyata hujan masih rintik rintik saat kami mau masuk rintik hujan belum reda.Akhirnya kita memutuskan untuk hanya berfoto bersama di gerbang World Castle saja.Kita memutuskan batal masuk berhubung di dalam harus jalan juga dan menaiki tangga untuk menikmati Castle sementara hujan masih belum reda.
Kita berharap nanti kembali ke sini hujan sudah reda.Kita melanjutkan perjalanan touring Jeep ke kawasan Stonehenge.
 2. KAWASAN STONEHENGE MERAPI

Penasaran khan apa sich "Stonehenge " ini biar kalau kita sudah sampai tapi tidak tahu sejarah gak keren amat ya.
Saya pernah menulis tentang Situs Bebatuan Stonehenge tapi yang originalnya lho..hehe sementara di Cangkringan ini merupakan Replika yang dibuat seperti aslinya di Amesbury Wiltshire Inggris.
Cekidot:
Sedikit tentang cuplikan sejarah Stonehenge asli ya..
SEJARAH SITUS STONEHENGE
Situs Stonehenge dan lingkungannya termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada th 1986.Situs Stonehenge didirikan sejak zaman Perunggu,Neolitikum.Stonehenge berasal dari kata Stone : Batu dan Henge:Lingkaran dimana Arkeolog mendefenisikan bahwa henge tembok tanah yang berupa lingkaran yang terdapat parit yang mengelilingi.
Begitu luas dan besarnya area komplek Situs Stonehenge sehingga harus membawa wisatawan menaiki bus khusus lansung ke objek utama.Kami ulai mendekati situs kuno yang penuh misteri dan unik ini.Bebatuan besar yang terpampang besar di depan mata.Tidak saja 1-2 batuan besar tapi terdiri dari puluhan batuan raksana berdiri kokoh,tegak membisu di tengah padang rumput yang luas.
Puluhan Arkeolog meneliti dan mempelajari asal muasal Stonehenge ini berada.Bebatuan yang dibangun zaman Perunggu dan Neolitikum.Dari hasil penggalian tanah disekitar Stonehenge para arkeolog menemukan tempat ini pernah menjadi gundukan kuburan di zamannya,Pemukimam penduduk bahkan ada rute prosesi penguburan emas sekitar 9000 tahun yang silam.Bahkan situs kuno ini menjadi perdebatan para ilmuwan bagaimana bisa bebatuan yang besar ini berdiri kokoh disini dalam tumpukan yang rapi dan tujuannya juga untuk apa.
Hasil penelitian menyimpulkan bebatuan misteri ini berasal dari wilayah Wales tepatnya di Preselli Hills dengan jenis dan typenya sama serta komponen terkecilnya dinamakan Bluestone.

Walaupun  hanya replika yang pastinya tidak persis tetapi bisa mengobati rasa pingin tahu kita akan destinasi Bebatuan Stonehenge ini.Replika terbuat dari coran semen dan dibentukan semirip mungkin dengan aslinya dan mengitari areal seperti lingkaran
Walau gerimis masih melanda tapi tidak menyurutkan kami untuk berfoto dan bergaya di antara bebatuan ini.

Hari makin sore tetiba kami memutuskan mampir di Merapi park yang sudah terlihat tutup.Tetapi dengan gaya rayuan maut kita hanya foto di depan saja akhirnya petugasnya mengijinkan kami berfoto di depan gerbang Merapi Park.Gerbang Brandenburg Berlin ternyata juga dibuat di Merapi Park..
Walau saya sudah pergi ke Gate Originalnya di Berlin tetapi Bradenburg ala alanya jadilah.hehe.

Walaupun kita tidak masuk ke areal Merapi Park yang ternyata berisi miniatur Landmark Dunia seperti Gerbang Bradenbur Berlin,Menara Miring Pisa,Big Ben London,Eifel Paris,Kincir Angin Holland,Liberty USA,Burj Al Dubai,Pagoda Beijing dll. Miniatur serupa juga sudah dibuat pula di kampung doi Harau Park.
Cekidot: http://meciko.blogspot.com/2019/03/harau-dream-parknuansa-eropakekinian.html
Mungkin setiap daerah berlomba lomba membangun miniatur Landmark dunia ini agar banyak wisatawan yang terjaring.
3.HUTAN PINUS MANGUNAN
Hutan Pinus ini terletak di desa Dlingo,Mangunan,Bantul .Hutan ini dikenal juga dengan Hutan Pinus Imogiri karena memang tidak begitu jauh dari Makan Raja Imogiri.
Kami mengunjungi Hutan Pinus ini besok paginya jadi udara masih segar dan cerah.Deretan ratusan bahkan mungkin ribuan pohon Pinus berdiri tegak secara beraturan.
Beruntung kami saat Rental Mobil Pak Erwan yang juga pemilik rental mobil ini juga cukup piawai membidik foto foto kami dengan menggunakan HP saja hasilnya cukup bagus.
Sinar matahari terlihat menembus dari celah celah pohon pinus.Suasana indah dan segar di pagi hari ini mebuat suasana Hutan Pinus menjadi spot hunting foto foto keren .

Hanya berjarak 24 km dari Kota Jogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 1 jam saja kita sudah sampai di lokasi yang sejuk ini.
Kebetulan kami pagi ini memakai DC warna Nude sehingga menyatu dengan alam dan pepohonan pinus.Kombinasi Nude dan hijau dedaunan dan pohon pinus membuat foto foto kami di Hutan Pinus menjadi ciamik.
Nach bagi yang mau travelling ke Jogya jangan lupa mampir ke Hutan Pinus Mangunan atau dikenal juga Hutan Imogiri.Dijamin mendapatkan foto foto genic nan instagrambale.

4. TEBING BREKSI
Setelah kami dari Hutan Pinus Imogiri kami menuju salah satu destinasi yang juga lagi Hits di Jogya .Saat saya jalan dengan group Rusia 417 kawasan ini juga sudah kami datangi.Walau saya batal ke sini karena tidak barengan dengan group I .Paling tidak sekarang kekecewaan itu terobati saat De Nyonyah dolanan ke Jogyakarta.
Lokasi Tebing Breksi berada di Gn .Sari Sambirejo,Kec Prambanan,Kab.Sleman DIY.
Kami sampai di Tebing Breksi hampir siang sehingga matahari bersinar sempurna kami berfoto full team dulu dibawah karena Enin Tini tidak bisa naik ke Tebing takut bermasalah dengan kaki beliau.Setelah kami foto full team kami menaiki tebing breksi. Keindahan Panorama Tebing Breksi membuat kita penasaran sejarah tebing Breksi ini terjadinya.

Keindahan Panorama Tebing Breksi membuat kita penasaran sejarah tebing Breksi ini terjadinya.Tebing breksi ini merupakan Batuan Kapur yang berasal dari endapan  Hasil erupsi yang berasal dari abu vulkanik dari nglanggran di Gunung Kidul  yang merupakan Gunung Api Purba dengan menghasilkan bukit setinggi 30 m.Masya Allah.

Awalnya kawasan ini merupakan daerah pertambangan batu kapur oleh warga setempat kemudian pemerintah menetapkan sebagai Cagar alam sehingga warga dilarang untuk mengadakan aktifitas tambang disana.Prasasti Cagar Alam ditanda tangani oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X th 2015.
Beruntung lagi kami saat mau naik tebing dan foto foto salah seorang pemandu wisata Tebing Breksi menghampiri dan menawarkan jasa untuk memotret kami.Pucuk dicinta ulam tiba .Akhirnya dengan trik dan pose pose yang pas kami mendapatkan foto foto yang keren di tebing breksi.
Siang terik di Tebing Breksi membuat kami harus menggunakan topi lebar dan kaca mata Hitam disini.

Sejak th 2015 tebing yang dulunya tambang biasa disulap menjadi objek wisata yang sangat indah.Jogyakarta terkenal dengan seniman nya yang kemudian menyulap tebing breksi dengan lukisan dan pahatan tokoh tokoh wayang dan anak tangga untuk menuju ke atas bukit serta lokasi pertunjukan seni juga dibangun diareal ini.Bahkan saat penurunan tangga kami mendapati ukiran bukit kapur dengan ular raksasa berkepala Naga.
5.ABHAYAGIRI SUMBER WATU HERITAGE RESORT

Kami rencana makan siang di sebuah restaran di atas bukit di daerah Sumber Watu,Sambirejo,RT 02 /RW 01, Kec Prambanan Sleman.Kawasan wisata ini yaitu Abhayagiri Sumber Watu Heritage Resort.Tempat ini bukan saja resort tetapi juga restorannya.Saya tidak membahas tentang restorannya karena wisata kuliner akan kita bahas di edisi berikutnya.Dari Tebing Breksi kita akan menuju Abhayagiri Sumber Watu yang berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.
Kami berdua Nyah Ellys sempat ekplore sebelum kami sholat dan ganti kostum.Tanpa disadari saat ganti kostum kami sehati karena Gamis Floral kami "kembaran".Tetapi jadi keren lho karena dilatar belakangi View Abhayagiri nan indah dan ciamik.Setelah kami sholat dan ganti kostum kita barulah explore Kawasan Abhayagiri yang cukup luas.

Berada diatas perbukitan Sumber Watu yang nyaman dan masih berudara sejuk dan segar.Waktu zuhur sudah mulai hadir kami sholat Jamak Takdim disini sekalian kami akan berganti kostum disini dengan DC Floral Gamis.Kami sudah order seat untuk makan dan menunya.Saat menu kami datang kami sholat dan ganti kostum dahulu dan kemudian kita memutuskan explore keindahan lokasi Resort ini yang memang berada diatas perbukitan.
Setelah kami sholat dan ganti kostum kita barulah explore Kawasan Abhayagiri yang cukup luas.Masih berada di perbukitan Boko dengan view indah ke Gunung Merapi dan Candi Prambanan.Mungkin view semakin kece dan romantis bila kita datang di senja menjelang malam.Sayang malam ini kita sudah punya acara Special di tempat yang berbeda.

Penasaran dengan nama Abhayagiri itu berarti Wihara di bukit yang damai.Memang secara lokasi berada di atas 196 mdpl.Abhayagiri mempunyai konsep bangunan joglo Jawa dengan dipenuhi ornamen Jawa yang sangat kental ukirannya.Terlihat di areal rerumputannya Abhayagiri juga menghadirkan miniatur Candi untuk backgroup foto foto tamu mereka.
Kami diberi keberkahan lagi ternyata Pak Erwan Pemilik Rental Car kami sangat piawai membidik foto foto kita.Sehingga beliau juga ikut mengambil moment kami di kamera Pribadinya(buat memori katanya..hehe)..Kami menyelesaikan explore Abhayagiri setelah order Makanan kami sudah terhidang saatnya untuk makan siang .

6.SHOPPING PASAR BERINGHARJO,MIROTA &BATIK PARADISE
Travelling itu identik dengan shopping dan kuliner.Tinggal kita memilih target shopping yang akan kita bidik.Baik shopping dengan blusukan ke Pasar Traditional atau shopping ke Toko Toko Batik Premium tinggal pilih target yang diinginkan.
 Kami tak lupa melipir ke Pasar Traditional yang sudah ratusan tahun ada di Jogyakarta.Pasar Tradisional yang diminati oleh wisatawan lokal bahkan bule juga berdesakan disini.
Pasar Beringharjo  pada zaman Belanda dikenal dengan nama Pasar Ghede dimana pasar terbesar di daerah Jogyakarta dan sekitarnya bahkan juga dikenal dengan nama Passer op Van Java (Pasar terindah di Jawa).Kemudian oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX diberi nama Beringharjo yang berarti Bering=Pohon Beringin,Harjo= kebesaran.Pasar yang penuh makna mengayomi masyarakat  ,memberi kesejahteraan dan kemakmuran.Ternyata sampai sekarang Pasar tradisional ini semakin diminati masyarakat.Apalagi sekarang lebih rapi dan los losnya sudah semakin teratur.

Jangan gengsi untuk belanja blusukan ke Pasar Tradisional yang murah meriah ini Jangankan kita rakyat jelata Ibu Jokowi dan Ibu Yusuf Kalla saja masih ikut masuk ke Beringharjo.Jadi jangan gengsi karena bila kita pintar memilih dan mencek barang di Beringharjo akan ditemukan barang barang yang bagus dengan harga murah.
Kami memilih daster daster cantik dan juga beli serundeng yang masih fresh di pojokan pasar Beringharjo.Setelah puas di Beringharjo kami melipir ke Mirota yang berada di seberangan Beringharjo.
Bila kita blusukan ke Pasar Beringharjo maka terasa hambar bila kita juga tidak mampir di Toko Batik Premium ini yang memang jadi langganan saya dan suami bila memilih Batik khas Jogya ini.Ternyata bukan saya yang beli Gamis Batik tetapi Nyah Corina dan Enin Tini karena memang desain dan mitof Batik Paradise ini berbeda dan elegan .
 Wisata dan shopping kami menjadi lengkap setelah kami juga menyusuri tempat tempat kuliner yang hitss..
Nach penasaran dengan wisata kuliner De Nyonyah di Jogyakarta..Yukk ikuti edisi berikutnya.