Halaman

Selasa, 04 Oktober 2011





VANTASTIQ EUROPE  JOURNEY ( 16 MAY-29 MAY 2011)



Day 1_16 May ’11  Monday .

Meeting Point  CKG di Terminal 2D Pintu 1 depan Gamelan.
Jam 16 WIB ternyata banyak tour" ada Panorama,Golden Rama,ATS.penuh banget nic yg mau holiday..Ketemu Rio sang TL (Tour Leader) Vaya kita bagi" dokumen,pasport ,tiket dll.
Bersiap untuk terbang ke Abu Dhabi.Pesawat Etihad on time.. CKG_Abu Dhabi.selama 8 jam .
Transit Bandara Abu Dhabi  6 Jam sampai  ke Frankfurt Airport..Bandara dalam suasana pagi yang damai..



Peserta Vaya Tour ada 26 org plus Sang TL Bujangan.mirip Boboho gede hehe... Om Rio Yudhistira ..Hitachi peranakan sunda chinesse .
Rata" peserta  group dr Bali ada 11 org Ibu” Darma Wanita Propinsi Bali ,Group BTN. Galaxi Bekasi _Kebun jeruk 3 org(Maya,Rika,Elma) plus Mama Elma si Opung  yg enerjik..Om Muslimin Sang Direktur Anta Tour paling heboh dan punya banyolan” yg seru  ,si cantik Icha dg Mama Diah ,Bu Fifi nenek gaul  asal campuran Aceh,Pdg Belanda…
Si Gendut Arga dg Mama Eny Budi ..d kita 1 Family 5 org .Penerbangan Etihad  dengan EY 471 dengan schedule( 18.45-23.55) nyaman scr makanan selalu standbye gak pernah lapar.secara audio di seat ada musik,video,game semua new edition. Entertainment di seatnya OKlah Stewardessnya cantik" lagi bikin enak mata memandang..
Pesawat Aerbus dg penumpang 300 org sangat nyaman rata" diisi oleh peserta Tour Eropa,Rombongan Umroh dan Para TKI.. Kita transit Abu Dhabi sekitar 1,5 jam ganti pesawat Etihad  EY 01 utk terbang k Frankfurt(German)  selama 6 jam.. Total perjalanan 14 jam.. perjalanan yg menyenangkan. Surprise banget karena  spirit Europe Journeynya sdh didepan mata.                                                    


 Day 2; 17 May.’11 Tuesday

Alhamdullilah menginjakkan kaki di Europe...Dream comes true...
Sampai di Bandara Frankfurt pagi Jam 6an..Kondisi Airport yg luas d nyaman.Belum ramai karena kita sampai masih pagi..Ambil koper" untuk segera naek Bus Wisata .Bus Mantelli  Driver Alexandro si ganteng  org Italy(persisnya Napoly)..
Bus Manteli yang nyaman dan bersih...kapasitas 45an tapi hanya  kita isi 27 orang jadi lega dan  lapang...
Tersedia air mineral dengan  cost 1 Euro bisa order Alexandro..
Menuju Frankfurt jam 6 pagi waktu German selisih 5 jam dr WIB.cek imigrasi cukup ketat di ruang migrasi dilarang foto" bila nakal camera di sita petugas..alamak .galaknya...                          

Start 7.30. City Tour Frankfurt..(1)

Kota Bisnis yang banyak Gereja”  tua yg indah.                         






Tengah Kotakita temui  Catedral  Tua yg indah d bergaya ghotic.  ,
City Hall _jembatan di  Sungai Rheine..Katedral yg terkenal Imperial dengan menaranya yg menyolok  .Kami sempat ke city centre yang masih lengang karena pagi dan baru keliatan aktifitas warga ke kantor dan bekerja .Hampir banyak  menggunakan transportasi Sepeda..foto” di tengah centre citynya sebelum menuju Bopart.


Melanjutkan perjalanan  menuju Desa Bopart untuk wisata Reihne cruise bayaran per org 30. euro(extra tour cost)..sayang terlewati.
1 jam dr Frankfurt via tol kecepatan  mobil tidak lebih dari 120 km/jam semua toll d Germany   tdk bayar alias gratis.tapi penduduknya sudah duluan bayar didepan sama dengan karcis parkir.....
Mampir di Toko Panorama Loreley...touillet stop ketemu Big Mama nan  ramah..peserta serbu toiletnya yg bersih dan rapi....ternyata langganan om Rio..disuguhi gratis minuman  Ice wine. 
Sweet Grape..  yang dipetik saat diselimuti salju jadi anggurnya manisss...hmmm manisnya so sweet....macam souvener lansung kita  serbu cukup mahal buat  ukuran rupiah.. sic ketemu macam" pajangan ..pernak pernik.. wah nemu Perfume Collogne nic..secara dulu nenek” suka pakai  eu decologne..4711..
Go to   Reihne cruise di Bopart dan  sampai jam 11.30…

Wisata The Famous Rhine & Castle Area (2)
Location Boppard to St Goar (Germany)

Perjalanan “ Tidak terlupakan”  dengan kapal pesiar menyusuri Sungai Rhine yg sangat terkenal di Germany  bertemu dengan  student" Germany fr Berlin..kyknya holiday juga...Udara cerah berangin kencang pemandangan banyak kastil" kuno dan Puri yg berjejer sepanjang sungai...kebun anggur sana sini...Indahnya.... ditambah lagi rumah”  berarsitektur  German nan cantik .Sangat Fantastic..tidak jemu mata memandang…
Perjalanan dengan  kapal pesiar butuh waktu 1 jam 10 menit..tapi tidak membosankan…
Lanjut di Kohln melewati jalanan berliku" dan  banyak hutan dan  perbukitan.Pemandangan yg indah d ki_ka jalan.. ...
     




                              
Jarak Bopart_Kohln 1.15 menit..makan siang di Chinese food resto  dg pelayannya yg fasih cakap Melayu  ternyata warga Malaysia keturunan Chinnese.                                        
Posisi resto  persis di depan Gereja Kohln Makan dengan menu chinnese food dengan  set menu kapasitas 7 org total 70 euro berarti per org 10 euro..cukup standard  sic gak mahal dengan  menu soup jamur,ayam goring ,bebek goreng,tofu jepang,cah touge yg besar" dan diberi chinesse tea yang panas..ketemu nasi puas lah..walau rasa sambal kurang nendang karena agak manis...

KATEDRAL KOLN(THE DOME of COLOGNE)(3)

Gereja Katedral Koln (The Dome of Cologne) yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Kami pun bergegas keluar dari restoran setelah kenyang  menuju pelataran gereja yang letaknya persis di pinggir Sungai Rhine atau Rhein yang terkenal itu. Panoramanya sungguh indah..Dome yang sangat artistic…

waktu kumpul 1 jam foto" dan  beli souvenir di  toko souvenir dan menikmati indahnya Katedral ini..di ujung jalan.                    
Segera melanjutkan perjalanan  ke Amsterdam.   .      

Sejarah dulu ya..
KATHEDRAL KOLN                                                                               
Koeln, Kota Pejalan Kaki
Kota Koeln atau Cologne di Jerman Utara merupakan Ibu kota negara bagian North-Rhein Westphalia atau Nordhein Westfallen. Kota itu dikenal karena katedralnya dengan menara kembar kehitam-hitaman setinggi 157 meter.
Selain terkenal sebagai kota gereja dan museum, Koeln merupakan surga bagi pejalan kaki. Pusat keramaian kota dan objek wisata Koeln, sebagian besar terletak di lingkaran daerah katedral yang populer disebut Dom of Cologne. Semua bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Daerah Dom ini ramai terus 24 jam sehari!
Kota yang dilewati Sungai Rhine ini termasuk kota tua diJerman. Sama tuanya dengan peradaban manusia dan tercatat sejak Imperium Romawi, yang memperluas pengaruhnya ke seluruh Eropa Barat menggunakan jalur Sungai Rhine. Cologne pernah diduduki penguasa Romawi. Cologne berasal dari nama Colonia Claudia Ara Agrippinensium, Dewi Keindahan sewaktu Roma di bawah Kaisar Claudius.

Katedral Koln sungguh membuat kagum.
Pembangunan gedungnya berlangsung selama 632 tahun, mulai tahun 1248 dan baru rampung tahun 1880. Peletakan batu pertama gereja dilakukan Uskup Agung Konrad von Hochstaden 15 Agustus 1248. Setelah mengalami pasang surut pembangunan, gereja ini rampung tahun 1880. Selesainya katedral terbesar di Jerman itu dirayakan sebagai peristiwa nasional yang dihadiri Kaisar Wilhelm I.
Panjang keseluruhan gereja 144,5 meter, lebar 86,5 meter dan tinggi menara kembar 157,4 meter atau 516 kaki. Inilah bangunan indah bergaya gothic dari Abad Pertengahan yang keaslian arsitekturnya masih bertahan. Selama empat tahun, antara tahun 1880-1884 Katedral Koln sempat memegang rekor sebagai gereja dan bangunan terbesar di dunia. Rekornya baru berakhir saat Monumen Washington tegak berdiri di jantung ibukota negara Amerika Serikat.

Salah satu sisi menarik di dalam katedral adalah altar. Altar dari marmer hitam dengan sisi depan dilapisi marmer putih tersebut dibangun tahun 1322. Karya seni lainnya adalah Kuil Tiga Raja, sarkofagus berlapis emas dari abad ke-13 dan tempat pusaka yang secara tradisional dipercaya sebagai kenangan akan Tiga Orang Majus dari Timur. Dekat sakristi ada ukiran salib besar. Patung kayu Santa Perawan Maria dan Bayi Yesus yang dibuat tahun 1290 tampak anggun di sana.
                           
Jarak Kohln-Amsterdam 210 km .Melewati jalanan toll yang mulus dan rapi..jalanan cukup padat..
Dan  macet karena bareng pulang  kantor .Sepanjang jalan ketemu pemandangan rumah" bergaya europe dan Tanaman gandum...hijau dan  sejuk seperti suasana pedesaan yg ramah dan asri .
Para Brondong” sangat antusias heboh  melihat merek" Mobil Eroupe yang keren" biasanya cuma bisa lihat di Outomotif Stand JKT ..sekarang berseliweran dijalanan..   
Wow..keren abiez…mana gak ada yang jelek lagi…           
Jam 19.00 waktu Holland sampai di Amsterdam cuaca masih terang seperti jam 4 di Indonesia..karena saat musim semi cuaca masih terang walau sudah jam 9 malam..
pagi haripun cepat jam 3.30 sudah mulai langit  terang.                                           
Sebelum masuk hotel kita keliling kota melihat suasana kota yang banyak bangunan modern dan  bangunan tua yg masih dipertahankan..banyak sepeda sepanjang sungai Rheine..
Mampir di  Resto Selecta milik orang Surabaya..Indonesian food dengan pelayan" mahasiswa Indo yg sedang sekolah di  Amsterdam sedang ambil S2...menu soto ayam,ayam goreng,sayur lodeh, kerupuk udang,sate ayam dan sambal yg lebih enak dari resto di  Kohln..serasa makan di  Indonesia..resto berlantai 2 dipenuhi  barang “ etnik Bali di dinding resto... penuh  sesak oleh warga Belanda sehabis pulang kantor hang out dan  dinner bareng teman”....

Habis makan malam yg masih terang lansung menuju Hotel Tullip In Riverside.. yang berada di  pinggiran Amsterdam Provincial eweg 38  .Hotel *** group dari Golden Tulip Hotel Suites Resort dengan 40 hotel  di seluruh dunia.Hotel di tepi sungai yg sejuk...bagi" kamar kami sekeluarga dapat Room 275 dan  R 277 bersebelahan.Room cukup luas dengan 2 bedroom yang besar...beres" barang,capek..jet lag..belum mandi dari JKT. ..kita nginap di Amsterdam 2 Night mandi sholat beres" lansung tidur gak kuat lagi walau ditantang   Om Rio keluar mau ke Red Light district Amsterdam ..katanya sic gak seru kalau gak ke daerah sini..tapi gimana badan remuk oyyy..      
Sorry Om Rio..                                 


Day 3._18 May’11... Wednesday

Sarapan  Pagi jam 7 karena janjian jam 7.30 berkumpul untuk city tour hari 1 di Amsterdam..
Breakfast..jam 6.30 Continental menu..siap city tour jam 7.30.  
                                                                                                                           
Wisata Pameran  Bunga Tulip terbesar  Keukenhof(4)
Ceritanya nic..
KEUKENHOF: Garden of Eropa, juga dikenal sebagai "taman Eropa", adalah taman bunga terbesar bukan hanya di Belanda, tetapi juga di seluruh Eropa, dan taman terbesar dengan bunga-bunga Tulip di dunia. Ini adalah salah satu taman bunga yang paling terkenal. Pada 32 hektar Anda dapat mengagumi lebih dari 2 500 pohon di 87 spesies, tulip 4,5 juta di 100 varietas .
Di Taman seluas 32 hektar yang terletak tak jauh dari kota Amsterdam hanya 15 menit  Kita berkesempatan untuk menyaksikan keindahan yang sangat luar biasa dari berbagai varietas bebungaan. Namun dari sekian banyak jenis bunga yang dipamerkan di tempat ini, yang tampak paling menonjol adalah bunga Tulip ada juga jenis Anggrek  dll yang ditampilkan dalam aneka warna dan mendominasi hampir 80% area taman tersebut. Konon, warna-warni bunga tulip yang ada di Keukenhof mencapai hampir 100 jenis yang dihasilkan dari persilangan warna antara bunga-bunga tulip yang ada. Bunga Tulip mencapai popularitasnya saat ini dan dinobatkan sebagai bunga nasional Belanda berkat keberadaannya di taman yang hanya dibuka saat musim semi saja (akhir Maret – akhir Mei).




Beruntung sekali group kami bisa datang dan melihat lansung Bunga” Tulip nan indah dan cerah..Kami datang persis minggu terakhir karena sabtunya sudah ditutup buat umum.Inilah salah satu khayalan saya yg menjadi kenyataan kapan ya bisa melihat Tulip di Belanda ..tapi yang namanya rezeki pasti gak ketukar kata orang tua dulu.Alhamdullilah.
Menuju Lisse Keukenhof Pameran Bunga  Tullip.byk bunga" tulip dg macam" nama.ada namanya Diana, Beatrix,Elizabeth..indah sekali..Pameran ditutup tgl 21 May berarti kita datang minggu terakhir..bersyukur juga bisa lansung melihat keindahan tulip pameran bunga terbesar di  dunia .... Indah sekali ciptaan Tuhan..bunga’nya persis seperti bunga plastick..padahal semuanya bunga asli,segar..dan menawan..Fantastic...Subhanallah...indahnya ciptaanMU Ya Allah..
WISATA DESA VOLENDAM(5)




Jam  10 pagi segera jarak dilanjutkan  dari Keukenhof ke Volendam sekitar 43,5 km.Desa nelayan yang sengaja di Dam sehingga lautan lebih tinggi dari daratan. Benar saja pas kita memasuki daerahnya terlihat lautan diatas daratan  ..aneh tapi itulah Belanda yang bisa mengatasi banjir dengan baik walau puluhan tahun terlaksana..Hebat..kapan ya Jakarta belajar seperti Volendam.
Luar biasa cara pengendalian banjir Pemerintah Holland kita disuguhi video cara pembuatan dam pengendalian banjir...harus niru nich pejabat Indonesia..gak hanya ke Eropa habisin uang saja para anggota DPR..katanya studi banding..taunya foto" mejeng doank di Belanda..pantes ...negara kita gak maju".. Sempat kesal nic karena pas di studio foto Volendam  group kita diserobot sama Group Pejabat  DPRD Makasar ..sebel .gak di Indo gak di negara orang tetap bersikap pengen prioritas  Mending kita, pergi dengan uang sendiri..kalau mereka...??





 
Kita foto"  dengan pakaian Nelayan Volendam..awalnya anak"  dan doi gak mau foto ,sayang sudah ke sini gak foto..susah emang anak cowo..alasan mereka masak pakai baju nelayan Belanda ..mending pake Baju Minang aja...dasar..
Tapi gak asiik kalau ke Volendam gak foto tanda kita sudah pernah ke Holland... harga per org 20 euro kecuali kalau bersama bisa kurang dari harga itu.Banyak sekali group” yang antri harus booking sebelumnya baru bisa di foto.Mulai narsis nic sampai di sini..kok semua keliatan gendut” ya..bener sic karena Bajunya banyak lapisannya sehingga kita” semua terlihat gendut dan besar.
Rumah - rumah nelayan di sana sangat terawat baik & sangat bersih. Meskipun ukurannya kecil  paling sekitar45-50  m persegi,tapi hampir semua ukuran sama dan seragam.Jendela rumahnya diberi gordyn tanpa teralis dan kaca film.Ada meja kecil diantara gordyn untuk tempat bunga.Menambah atraktifnya rumah” nelayan ini.


Makan siang di fast food sea food..cukup enak  karena variasi sea foodnya banyak sampai goreng teri basah,kerang,cumi,udang..banyak deh enak sic.kita nyari souvenir khas Volendam..sampai jam 2 siang bersiap menuju Van Mill
 KINCIR ANGIN VAN MILL(6)



Tidak afdol rasanya kalau kita gak singgah diVan Mill.Kincir angin khas Belanda.Tempatnya berada di tengah padang rumput hijau dan indah.Mampir untuk foto” cuacanya sejuk sekali.Banyak siswi” yang berangkat sekolah naik sepeda.Sampe” gadis” Holand pake sepeda kita bajak buat foto bersama..walah..maniak Bule..abiez cantik-cantik sic..secara bule gt loh..
COSTER DIAMOND PENGASAHAN BERLIAN TERKENAL(7)






Jam 2.30 menuju Coster Diamond tempat pengasahan berlian terkenal di dunia..banyak type berlian dari  59 cutting sampai  ratusan cutting..Pelayannya beberapa orang malah orang Indonesia jadi saat dijelaskan sejarahnya pengasahan berlian disini menggunakan bahasa kita.Saat demo kita memasuki suatu ruang demo yg berisi berbagai bentuk cutting gemerlapnya berlian kelas dunia yang sering dipakai Ratu” di Eropa..
Mereka menjelaskan jenis” berlian dan variasi cutting yang dipunyai.sampai saat  penjualan group sic pada tertarik tapi harganya yg selangit menjadikan temen” surut pulang..ehhh ternyata pintu keluarnya tidak bisa dbuka..karena menggunakan tombol otomatis..posisi berada didekat penjualnya pantes aja pas pada surut pintu belum dibukain habis gak ada yg beli sic dsini..gak kuat oo
I AM  Amsterdam (8)




Berseberangan dengan Coster Diamond terdapat centre city dengan tulisan besar     I AM Amsterdam. Foto” disini. Kalau ke Amsterdam kudu wajib ke pusat kota ini.Biar terlihat kita memang sudah sampai di Amsterdam..
WISATA CANAL CRUISE AMSTERDAM (9)






Wisata canal cruise menyusuri kanal" di tengah kota Amsterdam dengan wisata airnya.Kota Amsterdam mempunyai empat kanal utama yaitu Prinsengracht, Keizersgracht, Herengracht, dan Singel.

Kita  mulai  mengikuti canal cruise, yaitu program wisata air menyusuri kanal-kanal yang menghubungkan setiap sudut kota Amsterdam dan sekitarnya. Ini memang merupakan paket wisata wajib yang menjadi kebanggaan Amsterdam. Tarif canal cruise ini variatif, tergantung jangka waktu pesiarnya. Tentunya, semakin murah tarifnya, makin pendek pula waktunya.


Menyusuri kanal-kanal Amsterdam sambil menikmati deretan bangunan tua yang masih terawat dengan baik di sisi kanal menimbulkan keasyikan tersendiri .Hampir rata-rata bangunan tersebut digunakan untuk museum, kantor maupun rumah penduduk. Umumnya rumah-rumah itu berlantai dua, berwarna cerah dengan gradasi merah bata, oranye maupun kuning dan di setiap balkon tergantung berbagai tanaman dengan bunga beraneka warna yang tumbuh mekar di musim panas. Indah sekalii...,
Per org 15 euro tapi sudah included dengan tour..menyusuri kanal dengan air yg coklat tapi bebas sampah sekitar 1 jam lebih.melewati hampir 40 lebih jembatan/dam sepanjang kanal bangunan tua dari zaman dahulu sangat cantik dan menarik..... kok bisa hapal 40 lebih habisnya Hanif disuruh hitung sama Om Rio..berapa jumlah jembatan yang kita lewati..luar biasa..jadi berandai-andai nic kapan ya sungai ciliwung dibikin seperti ini...hmmm..imposibble...
Lapar dan ngantuk terus makan siang bebas..milih chinesse food dengan menu fried rice ayam goreng,sate ayam,mie goreng sea food,cofee dan chinese tea.. Rata" per orang 12 euro..
WISATA BELANJA DAM SQURE(10)
Keliling Dam squere untuk foto-foto dan belanja souvenir di Pusat Pertokoan Dam Square...pusat kotanya Amsterdam..kumpul kembali jam 8 malam walau masih terang tapi anginnya sangat dingin
Menuju hotel jam 20.30 beres” barang dan souvenir untuk dipacking karena besok kita sehabis breakfast siap berangkat menuju Brussel.
Mandi,sholat dan capeee..untung nic setiap habis mandi punya stock Balsem hangat Thai yg bisa mengurangi pegel” kaki seharian jalan terus.

Day 4_18 May .. Thursday

Sholat mandi breakfast terakhir d Hotel Tullip In Amsterdam..
.jam 7.30 ..rapi packing..jam 8.30 go to Brussel..gerimis udara dingin.,waktu tempuh 3.5 jam ...


Good bye Amsterdam..Inilah hari bersejarah bagi kami…..gimana gak sombong....breakfast di Holland..makan siang di Brussel dan  Dinner di Paris...cckkk..
3 negara makkk... (Holland- Brussel _ French)..hebat euyyy..
Udara dingin..suhu 10 C..sepanjang jalan padang rumput dengan  domba" sapi yang gendut dan bohay.....peserta istirahat dan banyak yang tidur..simpan energi.
Sebahagian  dengar musik dan  liat pemandangan Ki -Ka jalanan..Jam 10 .20 kita masuk Belgium ..mulai padat..toilet stop dan  mini market serbu snack corner.
Setiap 2 jam ,driver di Eroupe memang diwajibkan untuk istirahat sekalian cari toilet stop karena kita harus ketoilet karena udara eropa masih dingin walau cerah.
20 menit lanjut perjalanan sampai d Brussel..ke Atomium..landmarknya Kota Brussel.
Jarak tempuh Amsterdam-Brussel 175 km

WISATA ATOMIUM BRUSSEL (11)



 
Baca sejarah ya..mr. google pasti..
Atomium pun memiliki sejarah sebagai kenang-kenangan Pekan Raya Brussel Expo 1958. Andre Waterkeyn merancang menara Atomium karena pada masa itu teknologi atom dianggap sebagai teknologi yang paling mumpuni.. Unik, itulah kesan pertama melihat menara Atomium di Brussels, Belgia. 9 Bola baja raksasa disusun membentuk struktur inti sebuah kristal. Sungguh futuristis.
Menara Atomium menjadi salah satu ikon Brussels.Letaknya sedikit di luar kota, tepatnya di kawasan Heysel park,kawasan arena pekan raya..berbagai gedung pameran bertebaran disekitar sini.Atomium menjulang dengan titik tertinggi 102 meter. Setiap bola raksasanya berdiameter 18 meter. Dari bola utama yang menyentuh tanah, pengunjung bisa naik ke setiap bola dengan tangga atau lift penghubung. Untuk masuk, orang dewasa harus merogoh kocek 9 Euro dan anak-anak 6 Euro. Jika ingin gratis, pengunjung bisa menikmati keindahan Atomium dari luar.Bola utama di bawah berfungsi sebagai pondasi dan jalan masuk. Bola-bola lain berfungsi sebagai ruang pameran, ruang anak-anak, ruang konferensi. Bola di titik pusat menjadi ruang rehat dan makanan ringan. Bola tertinggi menjadi restoran dan tempat melihat panorama.

foto" Narsis.melewati Botanical Garden, Istana Brussel.,Gereja Bergaya Ghotic.....lanjut untuk  makan siang di  Chinnese Resto dan Mc Donald ..
Kami sekeluarga milih Mc Donald Brussel berada di tengah pertokoan central park
 ..dipenuhi anak” sekolah hampir rata” mereka tanpa seragam..kok cantik” dan  ganteng” ya..bule semua nic..hihi lebay..
Jam 12 lewat sampai  jam 1 ke Manneken Piss ...Landmark berikutnya.

Patung Manneken Pis ( 12)

Manneken Pis merupakan salah satu landmark terkenal di kota Brussels. Patung yang terbuat dari perunggu dan dirancang oleh Jerome Duquesnoy ini hanya berukuran 61 cm. Patung yang tersohor diseluruh penjuru dunia ini adalah patung anak kecil yang sedang buang air kecil yang letaknya di sudut perempatan jalan. Pada saat-saat tertentu patung ini memakai kostum yang berbeda-beda. Manneken Pis merupakan tempat kedua yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.
Manneken Pis (bahasa Belanda untuk pria kecil pipis), juga dikenal dalam bahasa Perancis sebagai Petit Julien, adalah landmark terkenal di Brussels.
Manneken Pis adalah air mancur dengan patung perunggu berbentuk bocah telanjang sedang pipis.
Banyak legenda yang menyertai patung ini, yang paling terkenal adalah kisah tentang Duke Godfrey III dari Leuven. Pada tahun 1142, pasukan Raja berusia 2 tahun ini (hebat, 2 tahun udah jadi raja) sedang dalam perang melawan pasukan Berthouts di Ransbeke. Pasukan sang Bocah naruh dia di dalam ranjang dan digantung di pohon untuk negbangkitin semangat prajuritnya. Dari atas pohon ni bocah ngencingin pasukan lawannya dan lawannya langsung kalah

 ole" yg terkenal chocolatte Brussel...d sini terkenal wafllenya juga.yang lansung diserbu .
Ada chocollte brussel seperti Manneken Pis…..tapi emang chocola          te disini sama
 wafflenya eunak banget…









Banyak souvenir tas” serta pajangan gordyn Hand Made.. Mahal pasti karena  Rupiah gak ada artinya d sini ...Bisa mules kalau kalkulasi pakai rupiah…

jam 14.45 siap lanjut ke France Paris dengan  waktu tempuh 3,5 jam....
Jarak tempuh Brussel –Paris 260 km..
Memasuki France udara cerah matahari bersinar ..cukup hangat...dengan  temperature 19'C.             
Bonjour..Paris..isi solar  sambil nyari snack dan minuman...cappuchino wajiblah ya secara maniak kopi gitu loh…
Makan malam Jam 20.00an di i Resto Cinnese..

Sempat keliling kota sebelum ke hotel.

Bienvenue...Welcome to Hotel Mercure Vers Parly  Rue De Marly Le Roi -78150 Le Chesnay daerah Versailles..15. km dari kota Paris...tidak ada porter narik bag" sendiri yang sudah mulai gendut dengan  belanjaan....kita nginap 2 Night di  Paris..



Day 5 Friday 20 May’11

Breakfast 8.00 pagi...Menu Bakery,Buah,Yohurt ..start city tour jam 9 pagi..Paris dimana" macet..seperti Jakarta..
City tour semua pusat kota,gedung" bersejarah...Menara Eiffel .

WISATA BELANJA PERFUME PARIS(13

Ke Toko Pusat perfume..Paris Look...pilih" Perfume..banyak yg dibeli ,hampir semua merk ada d sini Bulgari,Calvin Klein,Kenzo,Elizabeth Arden ,Channel dan  perfume baru Lady Diana...tergantung kesukaan..Harga relative sic sedikit murah dari Jakarta tapi ya tetap mahal juga..Disini ketemu nic..Perfume gift lucu” mini volume tapi variatif smell..lucu
Keliling kota dengan  bangunan....bergaya Gothic.. Arc de Triomphe,Notre Dame Katedral,Sorbonne University..Istana Chaillot,Alun" Concorde,Avenue de L'Opera, Melewati stasiun Kereta Moniparnasse,dan banyak bangunan indah lain yg susah di tulis apalagi dibaca secara lidah melayu  gt..



ARC de TRIOMPHE (14)





Kita juga mampir di Arc de Triomphe ,salah satu monumen  gerbang kemenangan paling terkenal di kota Paris menjadi latar belakang ansambel kota  Paris.
Sangat artistic dan bergaya gothic…kalau kita foto disini baru lengkap sudah menginjakkan kaki di Paris…

Kisahnya:
Terletak di bukit Chaillot yang tepat berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima.
Pembangunan monumen ini telah direncanakan sejak 1806 oleh Napoleon setelah kemenangannya di Austerlitz. Proses penyelesaian konstruksi fondasi dasar monumen ini memakan waktu selama 2 tahun pengerjaan, dan ketika Napoleon memasuki kota Paris dari barat bersama Archduchess Marie-Louise dari Austria pada tahun 1810, ia sudah bisa melihat monumen ini terbentuk dr kontruksi kayunya.

Musee du Louvre (15)






Salah satu landmark Paris yaitu Gedung kesenian terbesar dikota Paris.
Kita mampir dan foto’ dsini di dalam gedung dan diluar gedung tapi benar” cuma sebentar karena kita cuma diberi kesempatan berfoto di depan gedungnya serta di basement tempat pyramida terbalik. Bukan untuk menikmati koleksi musee du Louvre, salah satunya la Joconde alias Monalisa.Mampir kebelet ke toilet ternyata toilet berada dibawah diantara toko”.Walaupun bayar 1 euro tapi puas dengan style toilet yg seperti bar..penuh lampu kerlap kerlip..jadi lupa toilet apa bar ini..jadi kampungan nyampe di sini..


WISATA BELANJA GALERY LAVAYETTE(16)




Belanja di Galery Lavayette..mal yg ada tax refundnya ..Jadi belanja produk unggulan dunia dengan layanan Belanja Bebas Pajak.
Galeries ini berada di jantung kota Paris .Tempat dengan  urutan ke-2 paling banyak dikunjunggi wisatawan.Toserba terbesar di dunia Barat tapi pasti kalah dengan Mal Jakarta..karena Mal” JKT memang besar” dan luas…
Malnya cukup besar tapi dbanding Jakarta kalahlah..structure bangunannya antic dan berarsitektur tinggi…Lantai paling atas digunakan untuk melihat keindahan kota dan bangunan Paris..tersedia teropong” utk melihat Kota Paris yg cantik…bayar pasti…

Galery ini diperindah dengan kubah neo_Bysantin dibuat  th 1912 yg indah .Di bawah kubah yang terbuat dari gelas yg termasyur ini ada 4 lantai khusus untuk mode” Pakaian,perhiasan,permata,jam tangan tas dan  berbagai product unggulan.
Malnya hampir sama dengan Jakarta berisi toko” Branded dunia dari Tas”Branded..
Louis Vuitton,Longchamp,Gucci..banyak deh..perhiasan..semua ada tinggal kocek..menguras kantong..


Makan tetap Mc Donald..fast food secara lidah cocok....lidah Hanif dan maknya yg rada susah nic …Kalau brondong 2  sudah gampang adaptasi dengan makanan eropa..Apalagi doi semua makanan dilahap..
 Mc Donald lantai 4..liat" barang" mal cukup terkenal di PariS.pd heboh beli tas" bermerek..karena secara harga lebih murah disini di banding Jkt..hampir semua wisatawan Asia yg borong banyak..ck ck pdhal secara Rupiah bisa 35_50  jtan.per biji walah....
Gak minat karena juga gak kuat…karena target tour memang bukan buat shopping tapi mengenal budaya dan alam Europe sebelum si Brondong Ganteng Naufal jadi kuliah di German.sayanglah...beli tas” bermerek dibawanya ke Pabrik Baygon..alamaaakk..gak level euyy…hihi..
Beli souvenir khas Paris. Tas,gantungan kunci, pajangan.. Ketemu syal” Paris nan cantik”..…
Setelah belanja d Lavayette sudah  siap di temani oleh Tour Guide French Madame Majeliene(bener gak sic tulisannya..).yg fasih berbahasa Indonesia pernah tinggal di Indo.
sepanjang city tour menjelaskan satu per satu sejarah kota dan  bangunan bersejarah di kota Paris..mampir hampir semua highligt bangunan  Paris.....melewati Terowongan Lady Diana tewas..tidak terlalu panjang sebenarnya.tragis emang korban paparazzi ...
Di Paris juga Ada tour car  dengan route: Tour Eiffel-Champ de Mars_Louvre Notre Dame_Musee d”Orsay_Opera Champs Elysees_Grand Palais_Trocadero…
Keliling kota Paris dengan pemandangan yg luar biasa dan dijelaskan pake 8 Bahasa.tapi kami gak ikut tour tersebut mending jalan” sepanjang
Pertokoan Avenue
des  Champ Elysees..kawasan elit dan  bergengsi dunia….

WISATA MENARA EIFFEL(17)

 









Kita baca sejarahnya ya..
Menara Eiffel Tower dibangun untuk keperluan Pekan Raya Internasional di Paris tahun 1889 untuk memperingati seratus tahun Revolusi Prancis. The Prince of Wales, yang kemudian menjadi Raja Edward VII dari Inggris, meresmikan menara itu.Di antara 700 proposals yang dimasukkan dalam sebuah sayembara desain, Gustave Eiffel secara rahasia terpilih.
Pada mulanya tidak diterima oleh semua orang, terdapat petisi sejumlah 300 buah, antara lain dari Maupassant, Emile Zola, Charles Garnier ( arsitek dari Opera Garnier), serta Dumas muda –memprotes pembangunannya.
Sampai tahun 1930, menara setinggi 320,75 m ( termasuk antena) serta beratnya yang 7000 ton merupakan bangunan tertyinggi di dunia.
Terdapat 1652 anak tangga sampai di puncak.Menara itu hampir saja dirobohkan tahun 1909, tetapi dapat diselamatkan karena antenanya dipakai untuk keperluan telgram. Pada mulanya, pada tahun 1910 menara itu menjadi bagian dari Pelayanan Waktu Internasional. Radio Prancis pada tahun 1918 dan kemudian televisi Prancis tahun 1957 juga memanfaatkan bangunan ini.
Menara itu punya tiga tingkat.Sebuah restoran yang sangat mahal yakni Restoran Jules Verne berada di tingkat dua.Ada bar di tingkat paling atas, sebuah toko cindera mata dan belakangan kantor Gustave Eiffel yang direstorasi. Dari tingkat-tingkat tersebut, terutama dari tingkat paling atas, pemandangan kota Paris dapat dilihat sangat luar biasa. Satu jam sebelum matahari tenggelam merupakan pemandangan yang luar biasa.

“Metal Lady” ini diterangi oleh 352 proyector berkekuatan 1000 watts yang berkedip setiap sepuluh menit dan setiap hari setelah matahari terbenam diterangi oleh 20.000 lbola lampu dan lampu hias.
Kelap kelip Menara Eiffel pertama dibuat untuk merayakan datangnya Tahun Baru 2000. Tetapi walau ongkos listriknya mahal, penduduk Paris tak bisa dihalangi untuk mempunyai keluar biasaan ini. Perusahaan pengelola Menara Eiffel harus memikirkan kembali untuk menemukan cara baru untuk tetap membuat Menara Eiffel tetap berkelap-kelip bagaikan gemintang setiap malam. Sesudah lebih dari satu tahun lampu-lampu menara tak berkelap-kelip, maka pada pembukaannya kembali pada jam 23.20 tanggal 21 Juni 2003, lampu-lampu itu pun berkelap-kelip kembali.

Si Centil  Menara Eiffel jam 18.00   karena tiket “Tour  Eiffel”  see http://www.tour_eiffel.fr/
 sudah dibooking jam yang tepat naek ke lantai 2 dengan Tiket 7 Euro included tour. Kita diingatkan bahaya copet disini..dikira eropa gak banyak copet ternyata Paris gudangnya..



Cek tiketnya ketat juga sampai  tas tangan diperiksa..takut bawa bom kali ya.......lapar dan  minum cofee.dan  french fries ..diatas melihat keindahan kota Paris dari atas menara.Dari atas menara terlihat keindahan bangunan” di kota Paris semua indah dan ghotic…Dari atas kita bisa melihat Seine River yang membelah kota Paris..di depan ada Istana Chaillot, Taman Champs de Mars..wah banyak sekali bangunan bergaya gothic..memang indah dan cantik kota Paris..Luar biasa…



Hanif diberi gift Permen berbentuk Eiffel dari Madame Majeilene..karena actif bantu tour leader hitung anggota..hehe..punya bakat dia jd Guide..Gracias.. Madame....
Sehabis turun berpisah dengan Madame Guide France..Gracias...


Lanjut untuk dinner di  Resto Suvarnabhum   Thai dengan menu fillet fish,Tom Yam,Gado" eunaakk ..,cah taoge...dengan nasi putih  yang terkenal  enak..pasti beras Thai....semua lahap sudah banyak yang cape..pengen pulang  ke hotel terutama group Bali ada 4 orang..ada 2 group beda tujuan nic  ada yang   pengen pergi nonton kabaret Lido serta ada  yg mau jalan night city di Paris..




WISATA BELANJA AVENUE
des CHAMP  ELYSEES(18)


Inilah tempat belanja bergengsi di Paris.Sepanjang jalan dipenuhi toka ” Brand kelas dunia… ..ada Zara,Mango,Disney,Gucci.,Channel  Louis Vuitton..keren dan bergengsi
Nemenin para brondong ke Zara..terutama Naufal karena memang penggemar koleksi Zarra.Dibanding JKT harga lebih murah..Barengan nic dapet Jacket Kulit dengan Om Muslimin..tau nic yg niru siapa…secara Direktur… Om Mus ditiru…alamak..rugi Bandar..



,mampir di Adidas,Nike..koleksi Paris new edition..Nike d Paris bisa order model ,colour,dll shingga bisa beda dengan  sepatu" yang dipake orang.....
Sepanjang Avenue
des Champs Elysees..pusat pertokoan mewah dijalan utama Paris..ujung jalan berada Arc de Triomphe Etoile Gerbang kemenangan France..nun diujung sana lagi ada Musee de Louvre.... banyak attraksi spontan anak muda disini , ide keren dari tari Break dance,Music  dll Paris sampai jam 22.00 janji di depan  Lido cabaret  untuk night city.gak ikut nonton kabaret karena bawa ABG dan  Hanif hehe..penari toples gitu loh... lagian mahal..sayang uangnya..

Extra Order naek VW Caravelle dengan sopir chinnese yang sudah dibooking Om Rio. Bisa berbahasa Inggris..extra lagi  per org 20 euro..keliling kota lagi dengan foto" di No de Trame ,Eiffel ..pas jam 11 kerlap kerlip..lampu Eiffel 3 menit.tiap jam dr Jam 10,11 dan 12 tepat lampu eifell berkelap kelip selama 3 menit..Indah sekali ...decak kagum tak terasa berulang kali terucap saat melihat lansung Indahnya Kerlip lampunya Eiffel..
 


dinginnya Paris di malam hari….Cocok banget untuk pasangan yang lagi Honeymoon ke sini..
Kembali ke hotel jam 12 cape..  istirahat.                                              


Day 6 Saturday 21 May ...                              

Bangun pagi..packing" barang dan  ole" karena siap mau ke Lucerne.. Swiss .
Jam 8 siap breakfast menu continental pastinya
Jam 9 berangkat dengan jarak tempuh 719 km..temp 24'C.panas terik tapi udara sejuk ..Bye..Bye French...Satu saat berjanji dalam hati ntuk kembali ke Kota yg indah ini..
Tiap 2 jam stop bus d toileet..di bus kita  mulai atur strategi extra city tour ke Milan,Verona dan  Factory outlet dengan  extra cost 50 euro/ org..




Dicollect Mama Icha..wah secara kesepakatan emang ok sic. Tapi secara kantong ludes juga nic..banyak extra cost dsiini sepanjang ittinerary..mumpung sudah di europe sayang terlewatkan..gimana gak cebol kalau 1 euro Rp 12 500an,..Rupiah gak ada harganya di eropa..kadang" toilet aja ada 1 euro bayar..minuman coke 2-3 euro.cofee kayak capuchinno,espresso sekitar 2_3 euro.
Alamak bankrut nic lama" di europe....apalagi snack,kue.permen...
Sepanjang perjalanan melewati padang rumput ki_ka nan hijau dengan rumah" desa style europe ..cantik sekali..padang rumput dengan banyak sapi gemuk ,domba tanpa ketemu petani,langit cerah matahari bersinar biru dan bersih awan"nya..udara bersuhu 24'C..
Makan siang bebas  mampir di L'arche Cafetaria Daerah Aire de Besancon Marchaux Autoroute A36 Marchaux...menu pilihan Nasi, sayur wortel d buncis baby dengan  ayam kalkun steak ,kentang goreng spagetti, dll tinggal pilih..meneruskan perjalanan lagi sisa 2,5 jam.Jam 3 lanjut ke Lucerne..           

Danau Lucerne nan Indah(19)…     


    Sampai di Lucerne jam 17.30 suhu udara 29' C udara panas tapi sejuk di badan..
Keliling cari souvenir khas Lucerne ,jam tangan swiss yg terkenal di sini..makan ice cream..ditepi Danau Lucerne yg indah..sampai  jam 20.00.


untuk segera check in hotel city di daerah Brunnen sekitar 20 km dari Lucerne.
Sampai di City Hotel Gersauerstrasse 21 CH 6440 Brunnen  di tepi danau..indah sekali...Kita di Brunen menginap 2 Night...masuk kamar dapat R 205 dan R 206. ..udara cerah..dinner di Resto Hotel dengan menu spagetty soup,chicken mie...ada yg ke danau malam hari ada yg dikamar..cape...istirahat...                                           

 Day7.Sunday 22 May 2011

Mandi ,sholat,Jalan" pagi d danau....indah d sejuknya...breakfast jam 8..siap berangkat jam 9pagi  ke Engelberg untuk mendaki k Mt Titlis. Engelberg ..

Mt Titlis dengan ketinggian 3020 m.Persiapan pakaian dingin dari jacket anti dingin ,topi kupluk,sarung tangan,sepatu,kaos kaki.Jalanan berliku dan  mendaki..Sampai di Mt Titlis udara cukup cerah ambil tiket yg sudah dibeli.om Rio..Harga Tiket E’berg-Titlis sudah included tour (http://www.titlis.ch/)

WISATA MT TITLIS…SALJU ABADI  (20)

Yang bikin surprise disini ada  brosur berbahasa IndonesiaTitlis Rotair Salju Keceriaan sepanjang Tahun”..itu menandakan begitu membludaknya wisatawan Indo ke Swiss sampai pariwisatanya sudah mempersiapkan brosur berbahasa Indonesia hebat..ck..ck…




siap utk naek Gondola,cable dan terakhir rotair cabel  yg bisa berputar 360 dg suhu minus 1,C.....sampai diatas masuk gua ice..untuk foto” dan mulai narsis secara baru pertama kali ketemu salju..Pas kami di Ice Park mulai hujan salju..wuihhh kerennn banget..maen hujan salju…wow fantastic banget pengalaman yg tak bisa terlupakan. 

Heboh main  ice utk main salju wah seru d narsis..gimana gak heboh merasakan salju dan lempar" bola salju..tapi ada peserta B'Dirman dari Bali  yang sakit  pusing karena kurang oksigen lansung diantar ke emergensi centre..saat main" selunjuran ada hujan salju yg terasa dingin..wuihhhh benar" suasana yg fantastic..


Makan siang di restoran latai 2 included tour  dengan menu nasi,chicken wing,soup,beef pokoke halal..makAnan enak..
Harusnya kita cukup lama main salju berhubung ada peserta yg sakit kita balik lebih cepat..suasana di cable car benar" memukau dbwh ada sapi" di padang rumput dg genta/ klentengannya yg bbunyi""suasana pedesaan yg nyaman,danau",rumah desa yg asri. ...menuju Lucerne jam 14.45..


Luzern adalah sebuah kota Swiss. Ini adalah ibukota canton nama yang sama. Kota ini memiliki lebih dari 60 000 jiwa. Kota ini adalah pusat budaya, seni, dan juga pusat transportasi utama. Awalnya adalah sebuah kota nelayan, yang sudah menyebutkan dari 840 Pentingnya diperoleh sekitar 1220 saat membuka rute perdagangan melalui St Gotthard Pass. Dalam 16 abad ke kota adalah benteng Luzern Katolik. Kota ini terletak di kedua tepi sungai Reuss. Penawaran pengunjungnya banyak atraksi. Yang paling luar biasa adalah 200 m panjang Kapellbricke jembatan, yang dibangun pada 1333 sebagai bagian dari pertahanan. Jembatan adalah bangunan tertua di Swiss. jembatan ini terhubung ke sebuah menara air dari 13 abad sebelumnya bagian dari benteng. Worth melihat pasti bernilai jembatan lain dibangun di Spreuerbrucke 1406 Hal ini dihiasi dengan lukisan dan kapel terletak di sini. Di kota Luzern menemukan beberapa monumen keagamaan. Misalnya, Gereja Jesuit, yang diucapkan bangunan Baroque dengan interior rococo dan frescos. Kemudian ada Gereja Fransiskan, St Matius, jembatan terletak Kapellbrücke Chapel. Petra. monumen penting adalah gereja dibangun kembali beberapa kali Hofkirche. Kota ini juga diawetkan bagian dari dinding dengan benteng besar. Di pusat kota bersejarah adalah balai kota kuno yang dibangun pada awal 17 abad.

sampai dLucerne ke Lion Museum..dan ke chapple Brucke..

LION MONUMEN(21)








Salah satu Monumen terkenal di Luzern adalah Lion Monumen
Patung singa sekarat.berada disisi jalan kecil diantara pertokoan”…
Kami sampai disambut dengan gerimis hujan menambah dinginnya Kota Lucern.


CHAPPLE BRUCKE (22)



Sejarahnya:
Di antara jembatan-jembatan itu, yang paling terkenal dan menjadi favorit para pelancong adalah Chapel Bridge atau Kapellbrücke. Jembatan kayu sepanjang 204 m ini, dibangun tahun 1333 dan menjadi objek foto favorit para pelancong dari manca negara. Di tengah danau, terdapat menara air tua atau Wasserturm yang telah ada dari abad ke 13. Di dalam jembatan ini terdapat jajaran lukisan dari abad 17 yang mengisahkan sejarah kita Luzern. Menara air dan jembatan tua inilah yang menjadi landmark paling terkenal di kota Luzern.
Ada daya tarik tersendiri  mendekati  jembatan yang terbuat dari kayu tersebut .Jembatan yang menggunakan atap tersebut.Saat berjalan didalamnya kita bisa liat lukisan” yang dipasang sepanjang jalan diatas dengan berbagai peristiwa sejarah kota  barangkali.
Jembatan berada di Sungai Reuss.Rame sekali siang itu karena kita punya waktu kosong yang panjang disini .





foto" waktu bebas sampai jam 7 keliling cari souvenr,makan Ice Cream Bachman..rasa coklat,vanilla,coffe enak" dijamin…




Disini juga terkenal dengan Selai” yg berbagai rasa buah/bunga seperti:Aprikosen,Himber,Orangen,Rosenblutengelee,Heidelbeer,Milchkaramel..
banyak dech..

Makan siang             Mc Donald Lucerne lagi standard menu.Mc Donald di Europe tidak ada Nasi tapi yang utama Burgernya..

Ke Swiss gak afdol deh kalau gak nyari  jam tangan swiss lumayan dapat yg menarik dengan harga yang standard..
sebelum naik bus pesan take away Thai resto..chicken fries dan  schrimp fries buat di hotel..masih cerah udara dari Lucerne menuju Brunnen ke City Hotel Gersauerstrasse 21 CH-6440 Brunnen.


Kita nginap 2 night disini.Hotel berada di tepi danau nan indah dan  sejuk.
Check in istirahat sebentar jam 9 malam masih terang keluar jalan" di tepi danau dengan anak"..istirahat..                                  


Day 8..Monday 23 May ...          

Breakfast dengan stock rendang yang sudah dipanasin  makan rame" .. di resto hotel..siap check out...jam 8 pagi .start perjalanan...Good bye Brunen.
Swiss nan cantik,teratur dan rapi.....
Perjalanan Engelberg-Pisa sekitar 378 km..



Perjalanan bagus banyak danau dan  terowongan yang panjang" bagai lukisan hidup indah sekali...waktu tempuh 3,5 jam.melewati .setengh jam dari Brunnen kita mlewati terowongan St Gottard  Tunnel 17 km ..yg paling terpanjang.
Hebat ya.panjang sekali..kec hanya bole 50_60 km/jam krn 2 arah tergantung ramainya.terowongan di swiss dengan membelah bukit"..
Peserta banyak yang tidur mengumpulkan energi karena sudah Day 8..
Udara panas terik.stop touilet ada Marche Restaurant.FO Black Out yang cukup murah" untuk kelas Eropa pada habisin swiss franc..karena udah masuk perbatasan Italy...beli minuman,snack .buah..


Lanjut. Jam 10 ke perbatasan Italy siapkan Pasport dan tax Refund. Untuk pembelian barang” yang belanja di Swiss..Melewati Danau Lugano yang indah sepanjang perbatasan Italy..Milano dari perbatasan sekitar 60 km.. Urus tax refund dengan  pakai pasport semua ok..beres.
Jam 10.45 lanjut ke Milano..

MILLANO (ADDITIONAL TOUR)…(23)



Kota mode pernah jadi ibukota sewaktu zaman Victor Emanuela...Leonardo da Vinci pernah tinggal di Milano pelukis Monalissa..ada Mall Galeria Victoria Emanuela masuk toll Italy dengan debet card..controlle electronico..
Dengan kebaikan hati Mr Alex driver Italyano  kita dibawa Ke Stadion San Siero Milano tempat stadion sepakbola AC Milan dan Inter Milan..wah para brondong seneng banget nic bisa sampai di stadiun bergengsi Klub Milan..terus ke city centre..

Makan siang dan keliling kota bisa makan garlic spagetti pasti Halal Udara terik panas ..seperti Jakarta tapi tetap sejuk..ke centre city ada Katedral Milan pusat pertokoan dengan merek" mode terkenal dunia.Pertokoan dengan design semua keramik antik bagus sekali arsitektur Milannya...Makan siang di Autogrill Duomo Store Burger King lumayan nic 1 family habis 51 euro..kalau dengan Rp bisa 600 rban.....ke Katedral Milan di tengah kota dan ada
Mal Victorio Emanuelle dengan toko" Branded dunia..karena memag pusat mode..lalu lalang orang juga dengan berbagai mode style bergengsi.. ..walau tidak seramai Paris..Liat" merchandise AC Milan mahal pasti, sempat ke money changer karena euro sudah ludes tinggal Dollar..kurs hari ini 100 Dollar : 53  Euro .



Janjian jam 2 molor jadi jam 3 karena sebahagian group Bali masih belum selesai belanja...yang hoby shopping branded memang tempatnya Milan..
Temp udara Milan 29 'C terik dan  panas sekali...sudah pada cape istirahat tidur  di mobil..
2 jam perjalanan mampir di toilet stop Autogrill Daerah Magra ovest vesano Ligure cari snack dan coffe Capuchinno 15 menit lanjut ke Pissa sekitar 1 jam perjalanan lagi..Sepanjang jalan masih dipenuhi padang rumput hijau tapi lebih gersang dibanding daerah pedesaan swiss..

MENARA PISSA (24)


Sejarahnya….
Menara Pisa ini mulai dibangun tahun 800 tahun yang lalu tepatnya 1173, sebagai sebuah karya seni yang berlangsug dalam tiga tahap dengan pembangunan pertama adalah lantai pertama yang berupa tiang-tiang. Menara ini adalah menara lonceng yang berdiri sendiri diantara tiga bangunan di komplek ini. Menara mulai tenggelam setelah lantai tiga selesai karena fondasi bangunan yang terbuat dari tanah yang tidak stabil. Pembangunannya kemudian terhenti hampir seratus tahun karena keadaan peran.Pembangunannya kembali dilanjutkan pada seratus kemudian pada tahun 1272 oleh  Giovanni di Simone, seorang arsitek dari Camposanto. Untuk mengimbangi kemiringan dibuat bangunannya lebih tinggi pada satu sisi, ini membuat menara ini miring kearah lain. Dengan demikian bangunan ini sendiri menjadi melengkung. Kemudian karena perang berlanjut lagi pembangunannya kembali mengalami penundaan.Lantai ketujuh selesai dibangun tahun 1319, dan ruang lonceng belum ditambahkan sampai tahun 1372, dimana ada tujuh lonceng yang mempunyai nada-nada dari tangga nada mayor. Kemiringan bangunan ini yang menjadi daya tarik sebagai objek wisata. Kemiringannya tercatat sampai 5.5 derajat atau 3.9 meter dari seharusnya jika tegak lurus. Yang mungkin tidak direncanakan demikian oleh pendirinya. Hal ini terjadi karena fondasi bangunan yang tidak stabil. Kemiringan ini juga menjadi kekhawatiran dari pemeritah dan pihak-pihak yang berwenang. Sehingga diadakan suatu usaha untuk mengembalikan ke posisinya yang tegak lurus. Usaha ini mulai di munculkan tiga ratus tahun lalu. Tahun 1964 pemerintah meminta bantuan agar bangunan tidak rubuh tetapi tetap mempertahankkan kemiringanya untuk menarik minat wisatawan.





sampai d Menara Pisa naek shuttle bus ke dalam..foto" narsis dengan  style menahan Menara... Dan  beli souvenir Menara Pisa..sampai Jam 19.30 menuju kota.


Dinner  di Quoto Bono Restorante kira" 1 jam perjalanan lagi.melewati bukit" yang sudah  dipahat untuk keramik"....   Dinner di Pizzerela Restoranto di Prato..ketemu dg keluarga Alexandro istri dan  anaknya Melissa cantiknya..makan dengan spaghetti,ice cream,beef fla..tau deh namanya finish dinner





Jam 21.40 ke Hotel Datini Pratono  check in 1 night..Hotel cukup mewah dbanding hotel kita menginap sebelumnya sayang kita hanya 1 malam d sini...istirahat..capee


Day 9 Tuesday 24 May 11.                      

Mandi sholat d Breakfast jam 8..menu Buffet  cukup lengkap roti,buah, continental menu . tapi tetep Pop Mie,Bubur Ayam instan  ada di meja " makan...siap berangkat.
Check out hotel menuju  Roma.


Meninggalkan Fierentino Prato .Udara cerah..panas..Perjalanan 4,5 jam..dr Prato..Berpisah dg keluarga Alexandro bye bye Melissa..lucu.  dan  beautiful....



Stop toilette di Fini Grill beli snack d minuman segar ..toiletnya bersih dan asri banyak bunga" segar lanjut ke Roma..sekitar 1,5 jam..
Melewati bukit" hijau lumayan hijau  api jauh dbanding desa " d Swiss..Jam 12.30 makan siang bebas di Auto Grill Ferona 0027 Fiano Romano, berbagai menu sphagetti,lasagna Bolognese,pasti coffee capuchinno,manzo rucola. Semacam beef smoked..Yang enak dan cocok d lidah cuma Lasagna aja ...tapi sama brondong" enak aja tuc semua....suhu udara dluar 35'C panas pull...
Welcome to Rome sampai batas Rome jam 13.45 check point dengan  exit permitnya..harus bayar diurus sama Alexandro lansung lanjut  ke St Basilica Peter ..

VATICAN  (25)
Masuk ke Kota Vatiican negara ddalam negara.  

Ke St
Basilica..katedral pusat agama Katholik.  Tempat Paulus Yohannes II..  

              


                     
 
Highlight Roma:Collosium,Roman Forum,Monument Victor Emanuelle,Trevi
Mountain.Roma kota yg mungil bisa dIcapai dengan  berjalan kaki dari 1 gedung ke gedung.


 WISATA COLLOSIUM (26)


Sejarah Collosium

Saksikan kemegahan Colosseum atau Roma Amphitheatre, stadion tuaRoma yang di masa lalu digunakan untuk mempertunjukkan kekuatan Gladiator melawan binatang-binatang buas. Kegemaran bangsa Romawi kuno untuk pamer kekerasan memang tak dapat dibanggakan dan Colosseum menjadi salah satu saksi kekejamannya.

Walau begitu, amphitheater pertama yang mampu menampung sekitar 50.000 orang inii adalah bagian dari sejarah, arsitekiur dan budaya, serta kebanggaan Roma masa kini. Dibangun pada tahun 80 Masehi, mahakarya kebudayaan dunia itu merupakan 'gedung pertunjukan' utama dan tempat hiburan terpenting di zaman itu.

Di sini, pemimpin kerajaan mempertunjukkan pertarungan antara seekor singa buas dengan warga-warga terbuang atas dasar kebutuhan ritual dan keagamaan.
Di tengah arena, terdapat labirin untuk menyaksikan aksi pertempuran ini. Hingga kini, labirin tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya. Begitu pula kandang-kandang binatang buasnya. Jangan lupa menikmati panorama Kota Roma dari lantai atasnya dan sempatkan diri untuk membeli pernak-pernik khas Colosseum di pintu keluar. Sebuah toko souvenir resmi juga tersedia di dalam Colosseum, namun tentu harganya lebih mahal.
Saksikan kemegahan Colosseum atau Roma Amphitheatre, stadion tuaRoma yang di masa lalu digunakan untuk mempertunjukkan kekuatan Gladiator melawan binatang-binatang buas. Kegemaran bangsa Romawi kuno untuk pamer kekerasan memang tak dapat dibanggakan dan Colosseum menjadi salah satu saksi kekejamannya.


Saat turun daan foto " di Collosium hujan jadi harus pakai payung .Disini banyk org" berpakaian ala panglima perang dan pakaian lengkap,pedang panjang  menawarkan diri buat foto bersama ..tapi dengan harga yang mahal .
Beberapa hari setiap sore hujan katanya menjadi suasana adem dan nyaman, berikutnya.cari souvenir dan dapat kaos" Italy. Serta jacket bola para  brondong.Terkenal dg Ice Cream yg enak pasti.. Kegemaran Hanif ..


FOUNTAIN  deTREVI(27)



Setelah dr Fountain Trevi tempat paling crowded karena wisatawan tumplek  disini bersantai ditemani gemericik air dan dentingan koin" yg dilempar ke kolam dengan poSisi memunggungi..sampai 3 kali keinginan bisa terkabul..mitos sich ..tapi sayanglah buang koin euro..

Jalan kaki hampir 45 menit melewati Piazza del Popolo Big square tempat para anak muda nongkrong dan bermesraan disini banyak penjual  bunga tangkai  mawar segar disini..  jalan naek. tangga diantara bangunan tua dan pertokoaan yg membuat ngiler memandangi etalasenya..dari product" kulit kelas dunia sampai souvenir"..

Cape ,pegal..karena bus berada nun jauh di gang kecil....ngos"an jalan kakinya serasa jalan" banget nic..Dinner di Ristorante Cinese  dengan set menu Nasi putih asli beras Thai ,ayam presto ,Bebek Goreng,cah timun,soup sawi, sambal eunaakk.
Additional  teri goreng B fifi makan menambah semangat makan..Thanks Nenek  gaul...

Lanjut ke Hotel 1 jam perjalanan dr pusat Roma...Hotel Excell Roma Cimapino Daerah Vicolo Del Vino  Amore 13  harus geret hampir semua  kopor" yang sudah hamil 9 bulan..saking gendutnya sama belanjaan..Alhamdullilah untung lti 1 karena di Eropa Porter jarang ada..Check in hampir jam 9 malam masih terang .cuma untuk 1 night...capeee beraat kaki pegell..istirahat.                                                                        


Day 10 Wednesday 25 May
.                   

Sholat,Mandi Breakfats jam 8..Check out dr Hotel Excel Rome. Cimapino jam .8.30 menuju Venice..pulau di laut Adriatic...

Udara panas d cerah..Toillete stop d Auto Grill stlh  2 jam bisa nyari snack dan minuman..lanjut ke Incisa daerah Factory Outlet branded" dunia..1 Jam perjalanan untuk sampe di Incisa.

THE MALL FACTORY OUTLET INCISA (ADDITIONAL TOUR)…(28)


Daerah Incisa yang panas ternyata dipenuhi oleh Outlet” brand dun ia dengan harga yg miring dibandingkan Harga Toko.Apalagi kalau sudah cek di Paris dan Milan ya pasti murahlah dsini.
Rombongan kami cukup banyak juga belanja dsini secara penggemar Barang” Branded. Bagi yg tidak suka cukup makan siang dan cuci mata melihat barang” kelas dunia ternyata numpuk dsini.

Melewati daerah perbukitan nan hijau sepanjang jalan" di eropa padang rumputnya banyak gulungan roda" besar ternyata itu rumput" potong  yang habis di babat untuk stock musim dingin bulan September..
Jadi mereka di musim semi dan panas sudah mempersiapkan stock kayu bakar ,rumput ternak untuk musim dingin..



Sampai d Incisa Regillo pusat FO addtional Program ( Milan,FO,Verona) yang kita bayar 50 euro per org....
Jam 12.45 ..The  Mall Factory outlet sekalian makan siang cuaca panas terik,.makan siang di  Gran Caffe' Di Leccio Reggello   pesen french fries,lasagna..acqua..beef steak  dan chicken steak 80 euro  ...kita janjian sampai 3.15 ngaret dikitlah biasa ibu" yang shopping alcoholic..banyak brand dunia ada di sini Prada,Diesel,Gucci,Rebecca,Louis Vuitton  dll cuaca terik sekali 35' C.sambil nunggu kawan" yang hoby belanja branded minum cofee capuchinno 1,75 euro



Lanjut perjalanan ke kota Venice.Jalanan berliku" melewati padang rumput tapi cuaca puanas poll..banyak yang tidur karena sudah hari ke 10 tenaga sudah mulai mengendur
sekalian isi dompet sudah ludes hihih...toilette stop auto grill tetap nyari snack,minuman,ice cream magnum Italy..15 menit lanjut perjalanan 1,5 jam lagi ke Venice..cukup jauh..Jam 18 50 masuk Venice utk check point dulu..exit permitt..




Venecia dulunya pelabuhan cruise..cost dsini mahal..Makan di restoran cinese..nasi thai,menu set chinese sambal cabe kering..


jam 20.00 malam lanjut ke souvenir outlet MAX outlet barang" kulit. Disc 10_15 persen  koper" banyak yg kebawa tanda" over bagasi semua deh... juga banyak teman" nyari hand carry. Samsonite,tas ,sepatu d dompet kulit  murah" karena sudah sisa outlet..tapi cukup bagus.,Jam 21.00 lanjut ke hotel sudah mulai sedikit gelap..check in jam 21.15 d Hotel Crowne di Venice East Vialle Della Resistenza Mestre                           


Day 11 26 May. Thursday.                      
     
Sholat,mandi d breakfast jam 7an..
siap check out  Hotel Crowne Plaza. D daerah Maestre kota pelabuhan .cuma 1 night..jam 8.05  berangkat ke Pulau Venice..       


WISATA VENICE ..KOTA DIATAS AIR..(29)       


Venezia itu disebut juga lagoon, karena dianggap seperti danau pesisir, padahal adanya di laut. Dipisahkan oleh sebuah teluk yang memisahkannya dengan Italia daratan, dan mengakses Venezia hanya melalui kereta api dari daratan Italia daratan..
                 
Lebih cepat 10 menit nic..Venice terkenal dengan jalur perdagangan dunia barat dan dunia timur..Banyak bangunan" yang dibangun th 810..ada gereja tua. St Mark Katedral ,kota terkenal dengan gelas" Murano indah sekali..sampai di pelabuhan menuju Venice Island temp 29'C panas pull. Bangunannya warna warni bagus .sampai di venice naik gondole perahu dengan 150 euro per perahu  diisi 6 org dengan pendayung/ gondolier  dengan  baju ala loreng " venice. .melewati lorong" bangunan ..sekitar 35 menit suasananya bagus...suhu di pulau 35_36 'C teriik kayak pelabuhan priok nic ..


 




ST MARCO BASILICA VENEZIA (30)

Habis naek perahu gondole keliling pulau dengan bangunan Catedral st Basilika
 

 kayaknya yg beragama Nasrani sudah paham sejarahnya..…
copas dr Mr Google aja yac
Markus kembali lagi ke Alexandria di Mesir, dan di sanalah dia mengalami mati martir, karena membela dan mengajarkan ajaran Kristus, terjadi pada 25 April 58.Sampai tahun 828 jasad Markus berada di Alexandria, Mesir, hingga suatu saat terjadi pergolakan agama di Mesir, gereja dijadikan menjadi Mesjid, dan pada saat itu 2 pedagang dari Venezia yang bernama Buono da Malamocco dan Rustico da Torcello, sedang dalam perjanalan bisnis ke Alexandria, namun juga mereka pergi untuk memuliakan barang-barang peninggalan Santo (Markus-red) di dalam gereja, seperti yang dipesankan kepada kedua pedagang tersebut.Lalu kedua pedagang tersebut, menyembunyikan peninggalan Markus termasuk  jasadnya ke dalam keranjang sayur dan keranjang babi. Karena ada orang Arab melihatnya, lalu mereka berteriak-teriak “babi, babi!”. Dalam pengejaran dan pelarian yang sangat berbahaya tersebut, dan keajaiban menyertai mereka, sehingga jasad Markus akhirnya sampai di Venezia, yang diterima oleh Doge Giustiniano Particiao, yang mana dia langsung memimpin konstruksi gereja Katolik yang sampai sekarang dinamakan Santo Marco Basilica. Marco adalah sebutan Markus dalam bahasa Italia. Dan orang Katolik menyebut Santo kepada Markus karena dianggap adalah orang suci, yang membawa penginjilan.
indah sekal ditengah bangunan banyak merpati" berkeliaran menambah uniknya venice...dengan lukisan" di atas nya indah sekali,ketemu sEpasang penganten dg baju penganten putih  sedang foto" mesra nian… di tengah katedral bangunan pertokoaannya bergaya gothic..keren abiez. Sepanjang .lorong  dan gang kecil kiri kanan toko" dari tas,baju,souvenir gelas" kristal ada gelang,cincin,kalung dari kristal.. Tapi harga mahal abiezz  di Venice..toilet aja 1,5 euro, Ice cream aja 3 euro..aqua 1,5 euro lama" dsini bisa bangkrut..tapi pulaunya bagus dan  indah... fantastiq..






Cek money changer posisi mata uang 100 USD = 65 euro harga  yang cukup bagus.dibanding waktu tuker di Milan  Di challenger S.Marco Venezia berhubung euro kemaren sudah ludes  nukar lagi deh disini..balik naek kapal jam 12an  beli souvenir murah" di pelabuhannya.Souvenir yang unique adalah topeng” unik warna warna yang sejarahnya dulu saat pesta warga harus menggunakan topeng” unik ini.
Juga terkenal dengan Kaos dan Jacket ala Gondolier..Garis” hitam putih ala Venice







Jam 12.45 siap berangkat k verona makan siang sekitar 1,5 jam Kota Romeo dan  Juliette..ini juga additional program kita..



WISATA ROMEO D JULIETTE..(31)
JAm 2.20 sampai Di  Verona perbatasan Milano dan  Venezia..makan siang bebas tapi pada milih Mc Donald Ristorante Veronese.




Cukup murah dibanding Mc Donald Swiss dan Brunen.. ..keliling kota dan  foto" Benteng kota..lanjut ke Rumah juliette ada Patung julliete di sana dan kisah..dinding" tembok di penuhi  tulisan" cinta dan gambar  Heart menandakan cinta abadi.Romeo and Julliete .katanya..



sambil liat toko dan ki ka banyak juga sic yang branded..eh yg lucu ke Toko sport nemu Nike Made in Indonesia..walah  jauh" nyari sepatu taunya buatan Cibaduyut. Makin bikin Hopeless Hanif buat  nyari sepatu Badmintonnya....hihihi
Lelah menyusuri pertokoan kumpul d itaman dengan air mancurnya dekat  patung"...
Souvenir khas di sini ketemu gift” ala romeo and Juliette..


Hanif heboh dengan  kacamata BL barunya.Tunggu B'Hajar kayaknya nyasar tuc dia....Kumpul dan  lanjutkan perjalanan  ke Insbruck sekitar 4 jam perjalanan dr Verona.


 


Toillet stop nyari cappucinno  jam 18.25 lanjut lagi udara sudah mulai sejuk dengan bukit" ,sungai" hijau di sana sini..bukit nan indah dengan  kebun anggur hijau sekali..sudah mulai banyak terowongan yang panjang" rata"' di atas 500 mt .
Masuk perbatasan  Kota Insbruck ( Negara Austria)

Jam 19.30 tanpa pemeriksaan pasport..karena Austria sudah masuk Uni Eropa...
Toll di  Austria yang termahal di  eropa.negara terkaya No 7 d eropa..
Disini yang terkenal adalah Kristal swarozski..katanya murah" secara harga euro kalau Rp  pasti tetap mahal..cek yukkkss.

Kristal Swaroszky
 Kalau ingin tau pabrik pembuatan swaroszky berada 15 km dr Innsbruck. Daerah Wattens kearah Munchen  yaitu KristallenweltenstraBe 1 ,harga tiketnya klu dengan group per org 8 euro .Nach dsini bisa nic kita liat di beli kristal swaroszky dunia dengan new trend mutakhir ..Tapi kayaknya group kurang minat kalau cuma beli 1_2 biji nyari di toko aja... 



Masuk kota Insbruck yg indah dan hijau.di kelilingi gunung Alpen yang di selimuti salju abadi...tempat main ski di  inbsbruck olympic.naek di Innsbruck turun bisa d kota lain saking panjangnya....Kotanya dikelilingi oleh bukit..pergunungan Alpen check in di Hotel Inssbruck  tengah kota diantara toko” persis di depan Jalan kea rah Golden Roof salah satu landmark Kota Insbruck.




Benar" di tengah kota di depan sungai besar Insbruck..bagi" kamar R107 dan  R 116 jam 20.30 keluar masih nyari dinner di  Thai Li resto di Jl Marktgraben 3 belakang hotel. Pesenan 1 family Nasi goreng chicken d beef ,Tom yam,Thai Li select.total 65 euro utk 5 org.. Enak dan  lahap.hampir rata" makan di sini walau gak semua karena dinner bebas berhubung belum terlalu gelap kita keliling kota jalan santai walau toko sudah pada tutup sampai juga  di Golden Roof

GOLDEN ROOF (32)


 Landmark kota Insburck.org German bilang rumah atap emas karena memang terbuat dari emas...berada di belakang hotel dijalan" di antara toko,cafe dan restaurant..foto" sampai di  dekat sungai besar yang deras airnya persis di depan hotel..Jalan" malam dengan  group Ibu" Bekasi(B.Budi,BFifi d B Hajar)
Ehh ketemu dengan Alexandro santai bersepeda..ternyata si Ganteng Italiano ini selalu membawa sepeda di dalam Bisnya.Jadi saat malam istirahat di setiap kota dia bias menggunakan sepeda untuk keliling kota..Hmm…ide bagus juga ya…biar gaak boring jauh dari keluarga…
Sampai  cape kembali ke hotel.istirahat sudah cape,lelah dan letih. ._tidur..                                      

Ceritanya ya…

Bila Anda melakukan perjalanan ke Innsbruck, Austria pada bulan Juni, Anda dapat menonton atlet melompat untuk langit selama Golden Roof Challenge. Acara ini sangat ditunggu-tunggu bagi para atlet, wisatawan maupun penduduk lokal, menciptakan suasana karnaval di Innsbruck sebagai tiang-vaulters dan jumper lama bersaing dalam tantangan unik. Bertanda sebagai sesuatu yang tidak biasa bagi semua untuk melihat, Innsbruck Golden Roof Challenge menangkap perhatian orang dekat dan jauh. The Golden Roof Challenge dirancang untuk melihat apakah ada orang bisa terbang setinggi 2.657 The Golden Roof ubin tembaga disepuh api. Memulai debutnya pada 2004, Challenge telah berkembang untuk memasukkan hiburan lain selain dari acara utama, seperti pesenam dan penghibur di seluruh persegi Innsbruck untuk menjaga kerumunan sebagai energi sebagai atlet bersaing.





Day 12 Friday 27 May.                               

Mandi ,sholat kita nginap hanya 1 malam di Inssbruck Hotel.
Sayang ya padahal Kota Insbruck belum puas  kita jelajahi.
 Packing barang karena kita tinggal 1 night lagi di  Munchen..Titip Koper” di Hotel setelah kita check out untuk city tour sambil berjalan kaki acar bebas dan santai.
Breakfast europe menu yg cukup lengkap dan mewah...Ketemu di resto dengan pelaku bisnis  yang nginap di hotel yang sama.
Habis breakfast keliling ke Gerbang kemenangan  & Golden Roof kembali  dan banyak toko" sepanjang jalan" kota.
Harganya lumayan mahal d Austria ini. Nyari sepatu sport Hanif diIintersport beberapa tempat ada ketemu Nike Made Indonesia,made in china d Made in Bangladesh,India… jadi males deh beli.Jauh” ke Europe product Asia semua..


Keliling kota Insbruck sambil jalan” menikmati keindahan kota dan suasana yang sejuk.Menuju gerbang kemenangan yang saat ini lagi ada perbaikan di sudut depannya.Waktu bebas kami cukup lama untuk menikmati keindahan kota dan suasana Insbruck.Bisa masuk dan menjelajahi mal” dan toko”nya.


Melihat style pelajar” Insbruck yang sekolah dan kuliah karena beberapa sekolah berada di tengah kota.Nyaman sekali..jadi mengkhayal enak juga kali ya menetap di Kota ini..




GERBANG KEMENANGAN AUSTRIA(33)


Innsbruck yang dikelilingi Pegunungan Alpen. Alpen dan Innsbruck dari bukit “Bergisel”. Kota tua melalui Gerbang Kemenangan dari pertengahan abad ke-18. Sebenarnya gerbang itu dibangun atas perintah Ratu Maria Theresia untuk memperingati pertunangan putranya, belakangan menjadi Kaisar Leopold II. Namun, pada saat bersamaan suami sang Ratu tiba-tiba meninggal. Maka jadilah gerbang itu menampilkan ornamen dua peristiwa, kebahagiaan dan kesedihan. 


Makan siang kembali d Resto Thai dengan  set menu nasi goreng ..jam 1 sudah pada kumpul di hotel tunggu bis karena kita sudah check out tadi pagi jam 9..
Gerimis turun sebelum kita meninggalkan Hotel Insbruck bawa tas ke bis di belokan  lampu merah hujan" dingin  mulai menggigil.
Jam 13.45 berangkat menuju Munich(Munchen)..



Good bye Austria..dengan Pergunungan Alpen yang sejuk sepanjang dan bukit yang bergisel.. jalanan  hujan  .menambah .dinginnya udara Austria .
Mampir di Toilette stop hujan deras mana bayar 0,7 euro tapi toiletnya serba otomatic dikasi voucer 0,5 euro untuk coffee.

CITY TOUR MUNCHEN(34)

Jam 5  sore sampai di Munchen mampir di Allianz Stadium keren banget..foto" ke stadium olympic dan Museum  BMW bersebrangan..dinginnya udara Munchen 9'C Hujan lagi semua ke belet ke Toilet ...




Makan di Resto Chinnese Cabaret Mama....enakkk banget..buru" nyari souvenir Munchen ke Toko Disc Tas..heboh...akibat Om Muslimin promosi disana murah”…
Makan yang sigap biar bias mampir di Toko ini sebentar karena waktu kita mepet.
Ternyata memang bener Disc samapi 30-50% lho..banyak ketemu dompet dan tas” menarik disini..
Lucu” dan eye catching..nyesel juga kenapa gak ambil banyak ya..



Jam 19.30 lanjut ke Hotel NH Airport.. Di Bus saling curhat dan  thanks for Alexandro ngucapin kata" perpisahaan dan ucapan maaf juga dari group baik dari Group Bali,Pak Muslimin selaku Direktur Anta.Group BTN, Papa Hanif  dan juga Si ndut Arga.. ..dan thanks for . Tour leader Om Rio yang handa dan piawail. Dia  tahu persis sejarah dari  setiap kota dan bangunan “ yang kita datangi.Menambah data” dan ide saya untuk menulis kisah perjalanan kami selama 14 hari di Negara Schengen ini.
Thanks a lot…Om Rio



Check in NH Hotel yang hanya semalam.Di sini baru ketemu porter..ada yang pakai tapi ada juga yang kadung nyeret sendiri koper”nya ke kamar.
Packing..packing full barang karena besok sudah berangkat ke Muchen Airport dengan  Etihad E 472.. menuju  Abu dhabi....Istirahat,cape dan tidur..


Day 13 Saturday ,28 May ‘11

Breakfast jam 7.30 jam 8 siap" semua koper masuk bis baru dengan  driver Grandpa.yang geleng” liat koper” kita yang sudah buncit”…alamakkk...
Karena semalam kita sudah say God bye dengan Alexandro walau dia nginap 1 hotel dengan kita tapi paginya sudah gak bertemu lagi.




Jam 8.30 siap berangkat ke Munich Aerport.hanya 15 menit dari hotel kita sudah sampai di Aerport .Segera menggunakan troly yang otomatic masukkan koin 1 euro baru bias ditarik.Sibuk dan heboh mau pada nitip tas.koper sama Hanif dan group kita.Karena mereka tahu kita tidak belanja banyak dan pasti Bagasinya masih kosong.Pengurusan exit permit Muchen yang sangat ketat dan juga penghitungan bagasi yg bikin deg”an group.Beberapa ada yang over bagasi dan ada juga yang masuk ke bagasi kami kosong hampir 36 kg.. Saling bantu membantu saja itu yang namanya group..Setelah selesai pengurusan Bagasi yang over over….pengurusan tax refund juga cukup lama walau kami punya 2 lembar tax refund tapi malas untuk ngurusnya karena costnya gak seberapa..



Makan siang di aerport naek pesawat EY E 472  .. Ke Abu dhabi dengan  waktu tempuh 6 jam..sampai di  abu Dhabi aerport jam 20.30 waktu Abu Dhabi trAnsit pesawat jam 02.30..dini hari.
Masih banyak waktu untuk keliling pertokoan di airport Abu Dhabi  karena disini mata uang berlaku Euro,Dollar dan Dinnar.Jadi belanja menggunakan euro akan dikembalikan dengan euro juga.
Sempat cari souvenir khas Arab  dan  cokelat karena dapat transferan Tax Refund dari B Budi sewaktu belanja di Paris Look.





Para cowo” girang karena  sambil nonton Live  MU _Barcelona  cukup hebohh..   
Jam 02.30 siap untuk Boarding menuju CKG.                                                 


Day 14  Sunday 29 May 2011

Perjalanan di  pesawat lumayan cape karena Abu Dhabi CKG 8 jam  dan akibat kondisi badan cape jadi perjalanan kurang nyaman.Alhamdullilah sampai di CKG dengan selamat dan  landing mulus.Alhamdullilah Barakallah…sampai di tanah air dengan selamat 1 group  jam 14.25 WIB dan tidak kurang apapun semua sehat walafiat..
Jakarta cerah dan saling salam"an serta  mohon maaf lahir bathin sampai ketemu di laiin waktu.
Fantastic…Amazing…dan Alhamdullilah..selama 14 hari perjalanan kami hampir 8 country selalu gembira,semangat,spirit dan antusias .Saling support.saling toleransi walau kadang” ada kerikil” kecil yang membuat riak” perjalanan kami menjadi variatif.

Semua saling support tanpa Driver Alexandro yang toleransi,Tour Leader Om Rio yang handal dan sigap serta kekompakan dan toleransi  semua peserta.Lelucon heboh  Pak Muslimin selama perjalanan ,kehebohan Hanif assistant Tour Leader kami, semangat Ibu” Bali dengan stylenya khas Bali…kami tunggu ole” Balinya ya Bukkk.. dan Group BTN(Mba ’Elma,Maia,Mba Rika)  yang selalu heboh beserta sang Opung yg memberi kita spirit untuk selalu ceria…Tante Dyah dan Kak Icha “Sarjana” hehe..yang hobi usil sm Hanif..Ibu” Bekasi Bu Budi,Bu Fifi,Bu Hajar kita bikin arisan Bekasi yookss..serta si ndut Arga yg selalu ngemil dimanapun berada (inget timbangan Isa…)…
Kekompakan kita semua membuat Group ini selalu heboh dan kompak.



Mohon maaf kami atas nama keluarga( Bp Syafrinot ) dan anak” bila ada kata” dan perbuatan kami yang salah  selama dalam perjalanan kita yang panjang.
Doakan si Brondong Naufal mendapat sekolah yang terbaik di Germany setelah kita khususnya dia yang sempat  mengenal alam dan budaya Europe.

Tak ada gading yang tak retak mohon maaf bila ada yang kurang berkenan di tulisan kami ini karena ini hanya sekedar hobi sambilan selama perjalanan yang kami sunting setelah berada di Tanah air.

Kita tunggu journey berikutnya…


Salam Kangen & Kompak selallu,

Meciko
(Mama Hanif)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar