Halaman

Senin, 17 Oktober 2011

BELGIA . . .

BELGIUM/BELGIA

Brussel adalah ibu kota Belgia. Dalam bahasa Perancis Bruxelles, dan dalam bahasa Belanda Brussel. Dalam bahasa Inggris, nama ini dieja sebagai Brussels.
Kota ini selain ibu kota Belgia juga ibu kota Uni Eropa. Kota ini merupakan sebuah municipalité atau gemeente di Daerah Ibu Kota Brussel, Belgia.
 @ BRUSSELS

Nyari sejarahnya  nic…


Brussel, yang juga ibukota Belgia sekaligus ibu kota Uni Eropa ini, tumbuh sejak abad ke-6. Awalnya sebuah desa di dataran Sungai Senne yang memang sudah terkenal sebelumnya sebagai daerah berhawa sejuk. Kota dua bahasa (Perancis dan Belanda) kini tak terlupakan sebagai rumah taman kota yang paling mengesankan di daratan Eropa.

Pengguna angkutan darat dapat memilih bus atau kereta api untuk mencapai kota ini. Ada dua station kereta api utama di kota Brussel, Gare du Nord dan Gare du Midi. Gare du Nord melayani perjalanan kereta api reguler. Kereta ini terkenal murah, namun interior kabin bersih dan terawat. Sedangkan Gare du Midi itu stasiun khusus jalur luar negeri dengan kereta super cepat Thalys, kereta kebanggaan Belgia yang dikenal sebagai The Red Train dengan kecepatannya sekitar 250 Km/jam.

@ GRAND PALACE

Satu lokasi wisata di Brussel yang popular  adalah La Grand Palace, dimana di sekitar tempat tersebut bisa ditemukan Les Galeries Saint-Hubert, Petite rue des Bouchers dan Manneken Pis.

Sejarahnya ya…
Grand Palace berupa alun-alun kota yang dikelilingi bangunan-bangunan tua menjulang tinggi. Tempat ini sering dimanfaatkan untuk festifal budaya. Dulunya tempat ini adalah lokasi eksekusi para pesakitan dan sekarang telah berubah menjadi lokasi wisata yang menakjubkan.

Ada tiga bangunan utama yaitu :
Balai kota, wisma raja dan gedung perniagaan (Guli House).
Masuk area Grand Palace dapat lansung terlihat  menara tua yang bergaya gothic. Bangunan yang dulu kala dipakai sebagai balai kota itu kini berubah wajah menjadi de Ville, salah satu hotel termahal dan termewah di Brussel. Di puncak menara dari bangunan tahun 1400-an ini terletak patung St. Michael yang sedang membinasakan setan.



Menara tua itu dibangun oleh Arsitek Jan Van Ruysbrueck dan terletak ditengah banguan. Menurut legenda sang arsitek bersumpah akan bunuh diri dengan cara melompat dari menara jika menara tidak terletak di tengah bangunan. Sepintas menara memang terletak di tengah, meski sebenarnya tidak.

 @ MANNEKEN PIS
Manneken Pis merupakan salah satu landmark terkenal di kota Brussels. Patung yang terbuat dari perunggu dan dirancang oleh Jerome Duquesnoy ini hanya berukuran 61 cm. Patung yang tersohor diseluruh penjuru dunia ini adalah patung anak kecil yang sedang buang air kecil yang letaknya di sudut perempatan jalan. Pada saat-saat tertentu patung ini memakai kostum yang berbeda-beda. Manneken Pis merupakan tempat kedua yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.


Manneken Pis (bahasa Belanda untuk pria kecil pipis), juga dikenal dalam bahasa Perancis sebagai Petit Julien, adalah landmark terkenal di Brussels.
Manneken Pis adalah air mancur dengan patung perunggu berbentuk bocah telanjang sedang pipis.

Ini lho legendanya…
Banyak legenda yang menyertai patung ini, yang paling terkenal adalah kisah tentang Duke Godfrey III dari Leuven. Pada tahun 1142, pasukan Raja berusia 2 tahun ini (hebat, 2 tahun udah jadi raja) sedang dalam perang melawan pasukan Berthouts di Ransbeke. Pasukan sang Bocah naruh dia di dalam ranjang dan digantung di pohon untuk negbangkitin semangat prajuritnya. Dari atas pohon ni bocah ngencingin pasukan lawannya dan lawannya langsung kalah
Tradisi  sekarang, patung di dandanin kostum khas daerah di masing2 negara. denger2 negara Jepang udah 4 kali dipasangin kostum daerahnya. Pemasangan kostum juga gak sembarangan, pake arak-arak dari ujung jalan, diadain pesta dan potong pita. Setelah acara kostumnya ditaruh di museum khusus, katanya udah ratusan. Indonesia juga udah pernah loh, kostum dari provinsi Lampung.

@ ATOMIUM
Baca sejarah aja ya…

Menara Atomium menjadi salah satu ikon Brussels Letaknya sedikit di luar kota, tepatnya di kawasan Heysel Park yang merupakan arena pekan raya . Berbagai gedung pameran bertebaran di sekitar lokasi.
Atomium pun memiliki sejarah sebagai kenang-kenangan Pekan Raya Brussel Expo 1958. Andre Waterkeyn merancang menara Atomium karena pada masa itu teknologi atom dianggap sebagai teknologi yang paling mumpuni.
Yang mengundang kekaguman pengunjung adalah, semua bola raksasa ini bisa tegak berdiri hanya bertumpu pada satu bola utama saja ditambah 3 tiang penunjang. Diniatkan sebagai dekorasi pameran, ternyata masyarakat merasa sayang untuk membongkar Atomium. Menara ini pun menjadi bangunan permanen.

Saat mengunjungi Atomium, , bola-bola raksasanya sudah tampak berkilau dari kejauhan. Pengunjung memang harus berjalan sekitar 500 meter dari stasiun kereta terdekat.
Atomium menjulang dengan titik tertinggi 102 meter. Setiap bola raksasanya berdiameter 18 meter. Dari bola utama yang menyentuh tanah, pengunjung bisa naik ke setiap bola dengan tangga atau lift penghubung. Jika ingin gratis, pengunjung bisa menikmati keindahan Atomium dari luar.

Bola utama di bawah berfungsi sebagai pondasi dan jalan masuk. Bola-bola lain berfungsi sebagai ruang pameran, ruang anak-anak, ruang konferensi. Bola di titik pusat menjadi ruang rehat dan makanan ringan. Bola tertinggi menjadi restoran dan tempat melihat panorama.
Desain yang unik dan futuristis tentu saja tidak boleh mengesampingkan aspek keselamatan. Tiga bola dalam stuktur yang paling luar tidak boleh digunakan untuk menjada kestabilan. Dalam desainnya, Atomium sudah lolos uji ketahanan angin 80 km/jam. Renovasi pun sudah dilakukan dengan mengganti bahan asli berupa alumunium menjadi baja agar lebih kokoh.

Atomium, Eiffel-nya Brussel
Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Atomium yang berdiri Monumen yang di Bangun sejak 1958 menjadi menara Eiffel-nya Brussel. Tingginya 102 meter. Sembilan bola berdiameter 18 M yang tertutup Aluminium saling terhubung dengan pipa baja. Di dalamnya terdapat terowongan yang dilengkapi evelator. Total berat aluminium yang dipakai 2.400 ton

Bentuk yang unik tadi menggambarkan bentuk molekul besi yang diperbesar sampai 165 miliar kali. Arsiteknya Andre Waterkeyn perlu waktu 18 bulan untuk menyelesaikannya. Dengan evelator dapat naik kebola-bola yang tertinggi dan dapat menikmati pemandangan Distrik Heysel yang menawan. Tidah hanya itu, bagian bola teratas ada restoran Chez Adrienne yang siap menampung pengunjung yang lagi lapar.

Komplek Atomium juga dianggap sebagai 'Miniatur Eropa.' Bangunan-bangunan bersejarah Eropa dapat dilihat termasuk Menara Eiffel Paris dan Gedung Parlement Inggris. Bagusnya miniatur ini tidak sekedar menampilkan fisiknya tapi juga linkungan dan aktivitas yang ada di sekelilingnya.


Tidak banyak yang bisa diceritakan  di Brussel ini karena kita hanya mampir sejenak..Sambil lewat dan tak lupa foto” Narsis dan Makan siang di sini.
Jadi belum mendalami seluk beluk kondisi kota dan daerahnya…
Di sana kita mencoba waffle dan chollatenya yang eunaaaak banget..
Hampir semua toko" souvenir menjual chocolate Belgium yang mantabss...Pecandu Chocolate pasti merasakan kedashayatan rasa yg menggugah selera...




Pernak pernik gift nya cukup banyak disini hand made berbagai sulaman dan tas"  dan bantalan ala Belgium...
Jangan tanya harganya karena secara euro biasa aja sic..tapi setelah di kurs ke Rupiah membuat mules bayarnya....
Waktu yang hanya sebentar bisa kita manfaatkan untuk mengenal sejenak tentang Belgium dan Kota Brussel..
Berharap lain waktu kita kembali dengan waktu yang lebih lama dan puasss…




Meciko
(Belgia)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar