Halaman

Senin, 13 Oktober 2014

SENAM TERA INDONESIA DENGAN BACKGROUND GEDUNG SATE..SEHAT  TENTRAM DAN INDAH  

Berawal dengan ajakan Group Senam Tera Harapan Indah (ISTHI) yang diketuai Hj Endah Waliati  untuk ke Bandung ikut Lomba Senam Tera dalam Rangka “DIRGAHAYU DPD SENAM TERA INDONESIA  (STI) JABAR HUT 21 TH 2014..Pada Hari Minggu tgl 12 October 2014 yang akan diadakan di Lapangan Gedung Sate Bandung.
Group Senam Tera Harapan Indah ini baru saja saya joint setelah resign Pensiun Dini ,sekitar Bulan Agustus 2014  ketemu  Group Senam/Olah Raga ini  karena  diajak Mama Farhan(Hj.Trisnawati) untuk joint di group seru dan ceria . Dengan 2 Pelatih kami Bu Hj Rini yang juga Pengurus  STI  Bekasi serta Bu Erna membuat hari’ joint awal saya ke group ini menjadi lebih gampang adaptasi terhadap gerakan-gerakan senamnya.Ditambah lagi senam tera yang di selingi dengan music dan gaya tarian seperti samba, sajojo, salsa , dangdut dll....Jadi seru dech suasana senam Teranya..
Senam yang berlansung 3x week Selasa,Rabu dan Jumat Jam 07.00-08.00 tidak mengganggu jadwal urusan rumah tangga dan bisnis.Ternyata selain Ibu” RT, Ibu” Pensiunan serta para pebisnis juga joint di group ini.Yang jelas membernya selain Pegawai kantoran karena waktunya saat sibuk”nya karyawan berangkat kerja.
Setelah order baju seragam 3 colour Red,Yellow dan Blue baru terasa sudah  menjadi anggota group Sasana Senam Tera Harapan Indah.Dengan anggota yang sudah berkisar  60 orang lebih sejak didirikan awalnya di RS Citra Harapan Bekasi.
Ketemu dengan group baru yang dominan beranggota Ibu” setengah baya malah ada yang sudah sepuh seperti Mbah Slamet  yang udah berumur  70 thn..hebat yaa..
Sekarang coba kita kenali dulu Senam TERA(STI)  itu apa sic... SEHAT ..TENTRAM..INDAH  dengan Motto Bila Jasmani dan rohani kita SEHAT..hidup akan TENTRAM ..bila  Masyarakat Tentram maka lingkungannya INDAH.
Nama Senam Tera diambil dari Senam Terapi.Yang dipopulerkan oleh Warga Indo keturunan Thionghoa Bambang Sutomo sekitar th 1985  yang awalnya mengajarkan 18 jurus Thai Ci dan 25 Jurus senam persendian.Jadi berawal dari adopsi senam Tai Chi dari Cina yang di ganti namanya menjadi Tera dari kata Terapi .
Tujuannya untuk menjaga kebugaran tubuh dan memiliki banyak faedah dimana setiap gerakan peregangan bermanfaat untuk peregangan otot, gerakan persendian untuk menggerakan seluruh sendi sendi di seluruh tubuh dan gerakan pernafasan untuk memberikan suasana rileks tubuh dan gerakan yang lembut.
Jadi senam Tera cocok sekali untuk Kaum Ibu” yang usia separoh baya dan sudah manula.
Mumpung ada Websitenya kita simak yukss...
TERAPI PADA SENAM TERA INDONESIA
http://www.senamteraindonesia.com
Pendahuluan
Adapun untuk analisis ini, penulis juga telah diperkaya dengan literature dari sifu-sifu yang menekuni latihan Taichi Chikung seperti Sifu Lin Hou Sen dan Sifu Cheung yang mengelola situs www.taichi18.com, serta latihan Tai Chi Chuan Yang Style yang saat ini sedang penulis dalami.
Tubuh Biologis dan Tubuh Energi (Chi).      Pada umumnya dunia kedokteran telah mengenal dengan sangat baik tubuh biologis, namun tidak demikian dengan tubuh energi. Tubuh energi lebih banyak dibicarakan oleh ahli-ahli pernafasan serta penghusada yang mampu mendeteksi/melihat kondisi tubuh energi yang sakit berupa sinar aura yang kusam.Tubuh biologis dan tubuh energi saling berhubungan dalam kesehatan. Jika tubuh biologis sakit karena firus atau toxin, maka tubuh biologis akan dapat terbawa menjadi sakit. Sebaliknya bila tubuh energi sakit yang pada umumnya disebabkan oleh rangsangan tekanan negative dari kondisi psikologis maka tubuh biologis juga dapat menjadi sakit. Penyembuhan atas penyakit-penyakit tersebut dapat dilakukan baik melalui pendekatan biologis maupun energi. Terapi Senam Tera Indonesia dapat memenuhi kedua pendekatan penyembuhan ini.
Terapi Pada Gerakan Senam Tera Indonesia
Seorang yang berlatih dengan benar dan teratur dalam latihan Senam Tera Indonesia akan mendapatkan terapi mandiri sebagai berikut :
Terapi biologis
Terapi energi (chi)
Terapi meditative.
Ketiga terapi ini dalam berbagai literature dan pengalaman para Terawan Terawati sangat ideal untuk penyembuhan penyakit maupun peningkatan kekebalan tubuh.Latihan yang benar dalam Senam Tera Indonesia dapat diperoleh jika memenuhi sikap dasar berupa :Sikap tubuh rileks (kendor), sekurang-kurangnya dengan tidak mengangkat bahu, serta mengendorkan otot dibagian belakang lutut.Kaki dibuka selebar bahu, dan kedua telapak kaki dijaga tetap sejajar sampai dengan akhir latihan.Gerakan dilakukan secara lambat (sesuai aba-aba), lembut, rileks (kendor) dan berkesinambungan.
Tekukan lutut tidak melebihi ujung jari kaki dan ketika melakukan gerakan pemindahan berat badan kekaki belakang pinggul dan seluruh ruas tulang belakang sampai ke leher dan kepala tidak melebihi ujung tumit.Tulang punggung tidak bengkok kedepan atau kebelakang. Hal ini perlu ditegaskan terutama pada gerakan membungkuk yang diperlukan pada kuda-kuda rendah.Menggunakan pernafasan perut (diafraghma) dengan lidah ditempelkan kelangit-langit yang lembut ketika menarik nafas dan lidah dilepaskan ketika melepas nafas.Pandangan mata mengikuti arah gerakan tangan.Keteraturan dalam latihan Senam Tera Indonesia sama dengan ketentuan keteraturan dalam olah raga kesehatan lainnya yaitu minimal 3 (tiga) hari latihan  dalam seminggu.
Terapi Biologis
Dengan menggunakan pernafasan perut (diafragma) hampir pada seluruh gerakan  Senam Tera Indonesia memberikan fisioterapi pada rongga dada dan rongga perut dimana didalam kedua rongga tersebut organ-organ penting dari tubuh kita. Gerakan-gerakan Senam Tera Indonesia dihubungkan dengan terapinya dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Melapangkan dada merupakan terapi ringan untuk melebarkan paru-paru kesamping dan kebawah.
2.      Mengayun pelangi merupakan terapi ringan untuk gerak peristaltic usus.
3.      Membelah awan merupakan terapi untuk memanjangkan paru-paru keatas dan kebawah.
4.      Mengayun lengan merupakan terapi ringan paru-paru kiri dan kanan secara bergantian
5.      Mengayuh didanau merupakan terapi kuat untuk melebarkan paru-paru kesamping belakang dan bawah.
6.      Mengangkat bola merupakan terapi kuat paru-paru kiri dan kanan secara bergantian, sekaligus merupakan terapi ringan untuk organ-organ didalam rongga perut.
7.      Memandang rembulan merupakan terapi memanjangkan paru-paru kiri dan kanan secara bergantian.
8.      Mendorong telapak merupakan terapi penahanan nafas kiri dan kanan secara bergantian.
9.      Membelai mega merupakan terapi kuat untuk organ-organ perut terutama  usus dan ginjal.
Terapi Energi (chi)
Energi (chi) adalah merupakan campuran antara zat kehidupan (jing) yang dikeluarkan oleh meridian Mingmen yang terletak di bagian belakang pusar perut dengan oksigen yang dihirup.Didalam setiap tarikan nafas Chi tersebut mengendap pada meridian tiga jari dibawah pusar yang dinamakan Dantien, kemudian ketika melepas nafas chi tersebut naik melalui sumsum tulang belakang dan diteruskan melalui kedua tangan dan telapak tangan. Oleh karena itu tulang belakang harus tetap lurus dan kedua telapak tangan harus tetap terbuka agar pancaran chi nya dapat digunakan untuk kebutuhan bestral maupun pembersihan organ yang dilalui kedua telapak tangan.
Gerakan Senam Tera Indonesia merupakan campuran dari gerakan Chikung dan Taichi. Gerakan chikung dicirikan dengan kuda-kuda sejajar sedangkan gerakan Taichi dicirikan dengan adanya pemindahan berat badan secara bergantian antara kedua kaki. Gerakan chikung digunakan untuk mengolah dan mengendapkan chi didalam tubuh, sementara gerakan Taichi digunakan untuk berinteraksi  dengan chi alam semesta dalam rangka pembersihan dan penghimpunan chi.Pembersihan, penghimpunan, pengolahan dan pengendapan chi ini akan menyehatkan dan menguatkan tubuh energi dimana dalam jeda waktu tertentu membawa kepada kesehatan tubuh biologis dan terhimpunnya tenaga dalam.
Terapi Meditative
            Menjadi satu kesatuannya gerakan, nafas dan pandangan mata, serta adanya alunan musik yang lembut namun gembira menghasilkan suasana meditative bagi Terawan-terawati yang melakukan gerakan Senam Tera Indonesia.Hal ini dinyatakan sebagai teknik meditasi bergerak (Moving Meditation). Teknik meditasi ini adalah teknik meditasi yang termudah bagi seorang yang awam dalam latihan meditasi. Dengan latihan yang tekun maka seorang yang berlatih Senam Tera Indonesia dapat meningkat kemampuan meditasinya.Peningkatan kemampuan meditative seseorang telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan menurunnya sekresi hormone cortisol  didalam darah.Demikianlah ulasan tentang terapi yang terdapat didalam Senam Tera Indonesia, semoga dapat meningkatkan keyakinan para Terawan Terawati untuk terus dan tekun berlatih.
Berangkat jam 04.00 WIB minggu (12 October 2014)  pagi before subuh kami harus sudah berada di Pos Security Blok F jam  3.45 WIB untuk menunggu Bus ¾ yang datang jam 4 untuk bersama” menuju Gedung Sate Bandung.Dijalan kami sholat subuh karena sudah pada wudhu dari rumah.
Dengan jumlah 25an peserta memakai Seragam Merah Putih sambil sarapan roti dan air mineral di mobil sebahagian melanjutkan tidurnya karena masih pagi.

Jam 6 lebih dikit jalanan yang lancar dan tanpa hambatan kami sudah memasuki Parkiran Belakang Gedung Sate .Ternyata acara diadakan di Lapangan samping kanan Gedung sate yang luas.
Beberapa perwakilan Cabang Tera se Jabar sudah berkumpul umumnya berseragam Merah putih dari kota Bandung, Bekasi, Bogor,Cirebon,Cianjur ,Tasikmalaya dll .Acara dimulai jam 6.45 dengan beberapa pidato” dari Jajaran panitia dan Pejabat Jabar dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Hyme Senam Tera ..Serta tak lupa pemotongan tumpeng tanda Acara HUT Tera Jabar dimulai.
Setelah pembukaan dengan senam Tera bersama dan suguhan Senam terbaru Sunda yang baru saja diciptakan.Beberapa peserta sudah siap untuk tampil lomba Kami peserta Bekasi terdiri dari 5 anggota dipimpin oleh Bu Erna  dengan No urut 4.

Penampilan yang berkesan dan rapi serta sangat kompak dengan tambahan selendang Polkadot Merah dan sepatu kets putih..menambah manisnya penampilan Ibu" Kontingen Bekasi...
Berada di Gedung Sate acara Hut Senam Tera kali ini membawa warna tersendiri bagi kami walaupun sering main ke Bandung tapi belum sakalipun saya khususnya memasuki area Gedung Sate..Hanya melihat dari jalan raya saja tanpa pernah mampir sekalipun.Nach dengan adanya acara ini kami mengenal lebih dekat gedung yang bersejarah dan mempunyai ciri khas tusuk sate di puncak menara sentral.Menjadi Gedung pusat pemerintahan Jawa Barat dengan warna Putih ,anggun dan kokoh..
Simak yukk di Wiki ...
Gedung Sate yang pada masa Hindia Belanda itu disebut Gouvernements Bedrijven (GB), peletakan batu pertama dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, puteri sulung Walikota Bandung, B. Coops dan Petronella Roelofsen, mewakili Gubernur Jenderal di Batavia, J.P. Graaf van Limburg Stirum pada tanggal 27 Juli 1920, merupakan hasil perencanaan sebuah tim yang terdiri dari Ir.J.Gerber, arsitek muda kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, diketuai Kol. Pur. VL. Slors dengan melibatkan 2000 pekerja, 150 orang diantaranya pemahat, atau ahli bongpay pengukir batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaan Cina yang berasal dari Konghu atau Kanton, dibantu tukang batu, kuli aduk dan peladen yang berasal dari penduduk Kampung Sekeloa, Kampung Coblong Dago, Kampung Gandok dan Kampung Cibarengkok, yang sebelumnya mereka menggarap Gedong Sirap (Kampus ITB) dan Gedong Papak (Balai Kota Bandung).Selama kurun waktu 4 tahun pada bulan September 1924 berhasil diselesaikan pembangunan induk bangunan utama Gouverments Bedrijven, termasuk kantor pusat PTT (Pos, Telepon dan Telegraf dan Perpustakaan.Arsitektur Gedung Sate merupakan hasil karya arsitek Ir. J.Gerber dan kelompoknya yang tidak terlepas dari masukan maestro arsitek Belanda Dr.Hendrik Petrus Berlage, yang bernuansakan wajah arsitektur tradisional Nusantara.Banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan menyatakan Gedung Sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa, (Indo Europeeschen architectuur stijl), sehingga tidak mustahil bila keanggunan Candi Borobudur ikut mewarnai Gedung Sate.Beberapa pendapat tentang megahnya Gedung Sate diantaranya Cor Pashier dan Jan Wittenberg dua arsitek Belanda, yang mengatakan "langgam arsitektur Gedung Sate adalah gaya hasil eksperimen sang arsitek yang mengarah pada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa".

Setelah senam tak lupa kami ber narsis ria disekeliling taman Gedung Sate ini yang tampak anggun dengan jendela jendelanya  bergaya arsitektur Indo Eropa..Keren..
Alhamdulilah kontingen Bekasi dapat juara 1 sekaligus Juara Umum untuk selanjutnya lomba Tingkat Provinsi Desember di Magelang .

Mampir kuliner dan makan siang plus pagi yang ketelatan di Jl Riau Resto Riung Sari serta lanjut ke Ps Baru
Setelah beli Klappetaart, Makan Mie Kocok, beli Pisang Molen  Kartika Sari di Kebon Kawung,aneka snack dan cemilan Bandung.

Kami siap" kembali ke Harapan Indah jam 14.30 siang telat 1/2 jam dari jadwal.
Cape akhirnya sampe di Harapan Indah Jam 17.30 sore .Tapi puas dan senang tentunya setelah melakukan olah raga senam Tera berikut kuliner Bandung....
Next Destinasi ke Magelang Dec 2014...Insha Allah....

Meciko















(anggota Sasana Senam Tera harapan Indah ISTHI)

4 komentar:

  1. Asyik ya acaranya ...
    oya mau tanya kalau mau belanja baju senam aerobik yang kembaran dimana ya..
    mohon infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nich seruu banget acaranya...Kalo berada di jakarta bisa nyari di Mangdua..atw ITC..banyak pilihan di sana buat baju" senam aerobik...

      Hapus
  2. Kalau beli setelan seragamx atas bawah yg berlogo dimana ta ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIAP" CAbang senam teraa selalu koordinir untuk pembelian baju seragam.Kontak pengurus senam Tera terdekat aja Sista..

      Hapus