Halaman

Selasa, 15 Mei 2018

SISA EMAK KAKI PANJANG HABISKAN DESTINASI DAN KULINER NGAJOGYAKARTA..EDISI9(FINISH)

Emak Emak kaki panjang Ex Rusia417 .Iceland gabung bersama Sang Paduka Teddy dan Arjuna Arjuna OTe  atas undangan Kanjeng Mamih Raden Ayu Adonia menyusuri wisata Jogya dari Candi Ratu Boko,Tebing Breksi,Menikmati Sate Klatak, Musseum Ullen Sentalu yang penuh mistis, Petik Tanaman Palawija, Salak Pondoh ,Makan Duren dengan dagelan alal Cimel ,Menikmati Sea Food fresh Pantai Baron ,Wisata Seribu Batu Songgo Langit,Kuliner Thiwul Ayu Mbok Sum, Shopping Dowa,Sendra Tari Pesta Panen Raya & Dinner Warung Raminten.
Minggu Pagi sudah banyak teman teman kami yang pulang ke Jakarta karena masih ada acara keluarga yang menanti.Kami masih sempat foto bersama di minggu pagi di dusun Sleman tepi lereng gunung Merapi.
Setelah menikmati Panen Salak Pondoh menjelang siang kami masih sempat pesan Bakpia Kurnia untuk oleh oleh yang akan dibawa besok.Walaupun berbagai merek Bakpia hadir di Kota Jogya tetapi rasa yang cocok dan enak ya Bakpia Kurnia.

BAKPIA KUKUS TUGU JOGYA
Kami juga mampir di Bakpia Kukus Tugu Jogya yang berada di Jl Kaliurang  Km 5,5 yang merupakan salah satu oleh oleh kekinian yang lagi trend di Jogya.Bakpia kukus ternyata seperti kue kukus saja layaknya.Tetapi kue kekinian Jogya ini patut dijadikan oleh oleh walau hanya bisa bertahan 2-3 hari.Setelah dari Bakpia Kukus kami berpisah dengan Bu Rusmala dan putrinya.Sementara kami melanjutkan makan Bakso langganan Mbak Ado yang berada di pojokan jalan tetapi dijamin uenaak tenan begitu iklan mbak Ado ke kami.
 Memang benar Baksonya ditemani dengan kerupuk tahu goreng  yang garing dipotong kecil kecil ini yang membuat terasa beda dengan Bakso lainnya.Kami lupa persis berada diperempatan mana gerobak bakso itu berada .Ditemani segelas es jeruk dan tambahan sambelnya yang terbuat dari cabe rawit menambah nikmat jajanan Bakso kami siang ini.Sayang untuk mampir ke Resto Jejamuran menjadi batal karena perut kami sudah kenyang.Murah meriah plus kenyang abiezz..
 

BATIK of PARADISE
Hari ini kami sudah rencana mau ke Batik Paradise yang berada di Purbayan  Kota Gede.Tetapi kejauhan sementara kami masih pingin ke Beringharjo masih pingin cari ini itu.Kemudian Mba Nani yang biasa saya panggil Bu Dirman ada info dari keluarga kalau Batik Paradise juga punya cabang namanya Anggun by Paradise yang berada Jl Gejayan  17B Santren Catur Nunggal  Depok Sleman .Kami persis berada dijalan yang dituju sehingga tidak berapa lama kami menemukan Butik yang dicari.Alhamdulillah keinginan tercapai ke Jogya mampir di Batik Paradise.Saya salah satu pecinta Batik Paradise yang selalu beli productnya bila ada pameran Inacraft atau Dekranas saja.Sehingga paling bisa ketemu 2-3 kali event saja.

Product Batik Paradise terbilang lebih unik dan coraknya berbeda dengan batik Jogya lainnya.Batik tulis dengan hand made yang sangat berbeda dengan batik tadisional dengan sentuhan kontemporer dan modern membuat style Batik paradise berbeda dan lebih eye catching.Bukan saja saya yang tertarik beli hampir semua teman teman beli juga aa lagi kanjeng Mbak Adonia selalu gak mau kalau gak nenteng..pamali katanya..xixi.Kami dapat special discount dengan menggunakan cardnya Mbak Adonia..Alha,dullilah.Kalo di event pameran gak pernah discount soalnya.

Perjalanan masih belum cape kami lanjut ke Pasar Beringharjo.Setelah berada di Butik Batik Tulis nan kece kembali emak emak kaki panjang menelusuri pasar rakyat kampung nan sangat membumi.Teuteup gak mau rugi waktu.Ternyata Pasar Beringharjo sudah dibuka sampai malam lho.Jadi ada waktu milih milih dasteran ,sajadah Batik.

ANGKRINGAN KOPI JOSS
Senja menjelang malam makin kian merambat kami memutuskan untuk mencoba kopi Joss yang menjadi legenda kuliner bagi penikmat kopi di Kota Gudeg ini.Dari Pasar Berigharjo kami tadi memang didrop saja sama sopirnya Mbak Ado sehingga dari Beringharjo kita memutuskan untuk naik becak 1 becak b3 menuju ke Angkringan Kopi Jos.Tidak terlalu jauh memang tetapi lumayan buat jalan kaki.Karena Kopi Joss Lik Man berada di Tugu Jogya dekat stasiun Jogyakarta.
Hujan membasahi Kota Gudeg dengan rintiknya hujan menambah sahdunya perjalanan kami menaiki becak di rintik hujan menuju kuliner legendaris apalagi 
ditambah dengan nyanyian KLA Project "Jogyakarta:...hmm .


dari persimpangan jalan Malioboro kami sedikit jalan kaki ke arah utara Stasiun Tugu  yang persis berada di emperan jalan Wongsodirdjan.
Warung Lik Man sudah ada sejak tahun 1960an lho lama sekali ya..Perintis angkringan Lik Man ini awalnya Mbah Pairo asal Klaten yang berjualan minuman keliling Kopi dan teh .Kemudian diturunkan ke putranya Lik man dan sekarang generasi ke-3 Kobar yang meneruskan bisnis legendaris ini.
Setiap penikmat kopi pasti akan nongkrong di angkringan ini merasakan sensasi Kopi Joss yang berbeda dengan kopi lainnya.Kopi yang disajikan dengan arang (Mawa) yang membara ke dalam kopi sehingga kopi menjadi matang.
Kemudian gelasnya ditutup dan dibalik sehingga meminumnya dengan membuka sedikit gelas dan air kopi keluar turun ke piring dan siap di seruput...slruup...nikmatnya...
Joss berasal dari suara saat arang merah memasuki gelas kopi..berbunyi josss sampai baranya terendam dalam kopi.Akhirnya penikmat kopi dulunya menamakan kopi ini dengan Kopi Joss.

Kami juga mencicipi Nasi Kucing dengan berbagai lauk yang tinggal bebas memilih diatas meja al: telur puyuh,bakso,pergedel kentang,ceker ayam.usus ,ati ampela,kerang .wah banyak lagi dech.Berbagai gorengan tempe bacem,tahu bakwan  juga tersedia.Nasi kucing benar benar hanya sekepal saja .Bagi kami yang dari tadi gak mau rugi kuliner 1 bungkus cukup ehh ada aja yang nambah saking menikmati kuliner ndeso ini.hayoo ngaku dech..
Malam makin larut kami memutuskan kembali ke rumah mbak Adonia.Sambil malam ngariung tidur um pel  umpelan di kamar mbak ado rame rame.Karena malam ini malam terakhir kami nginap di rumah beliau.Besok siang dan sore kami sudah kembali ke Jakarta.
Senen pagi hanya tinggal Saya,Onty,Mba Penny,Mbak Nani dan Mbak Ado sama Pitong juga pulang ke BSD.
ternyata salak yang sudah dipetik kemaren teman teman pada lupa bawa sehingga anggota yang tertinggal menjadi kebagian pilih sepuasnya dech.
Kemaren Imel sudah memberi rekomendasi untuk mampir ke Villa Kalyana Resort kebetulan GMnya sahabat Imelda.
Setelah bebenah dan lansung pamit pulang kami mampir sejenak ke Villa Kalyana karena memang tidak begitu jauh dari rumah Mbak Adonia.
KALYANA RESORT & VILLA
Jl Kaliurang Km 22,38  Dusun Banteng Hargobinangun.Pakem





Merasa penasaran saja karena Villa ini cukup terkenal untuk penginapan dan kemaren malah di full booked oleh acara pernikahan.Sehingga saya tetap pingin ke sana.Walau sebenarnya teman teman sudah kehabisan energi untuk turun Memang benar hanya 30 menit saja kami sampai di Villa Kalyana.setelah pamit ke Recepsionistnya kami explore sebentar suasana Villa ini mana tahu lain waktu kita nginap atau ada acara di sini.
berada di tepi kali Gunung Merapi dengan udara nan sejuk dan dipenuhi pepohonan rindang dan hijaunya dedaunan pohon" asri yang memenuhi Resort.
Saya,Mbak penny dan ce Christin yang hanya turun dan kami menikmati suasana tamannya yang sangat hijau dan Resort ini mempunyai 3 Villa dikawasan 1 Ha.Viewnya yang menghadap G Merapi dan sejuknya alamnya. 
Hanya mampir sejenak hampir 30 menit saja buat foto foto jadi ada bukti ke Imel kalau kita sudah mampir ke Resort sahabatnya itu.

Perjalanan kami mampir ke Bakpia Kurnia untuk mengambil titipan kemaren kemudian masih saja penasaran dengan salah satu Kuliner kekinian lagi 
Roemah Pastry Wahyu Austin.karena penasaran dengan Roll Cakenya yang diinfoin oleh Teh Tati dan Hevie.Akhirnya sebelum menuju Airport kami masih keliling komplek mencari alamat Austin yang ternyata berada di dalam komplek Taman cemara rumah tanpa ada merek namanya.huuuh..deg degan waktu mepet lagi..
Yang membuat Roll cake ini berbeda yaitu Roll cake berisi ice cream di dalamnya.
Akhirnya kami buru buru beli beberapa saja untuk oleh oleh keluarga.Memang berbagai Pastry,Pie,Cake,kue kering dan Roll Cake yang mereka punyai.Roll Cake yang diisi Ice cream terdiri dari jenisCokelat,blueberry,Keju,Opera,kacang merah .green tea.
Akhirnya kami lansung ambil agar cepat sampai ke airport.Penerbangan saya dan Onty ke Halim Jam 13.10 .Sementara Mbak penny,ce Christine dan Mbak Ado masih sempat santai karena sore penerbangan mereka.Bahkan saat kami check in mereka sudah berada di Candi Kalasan.ck ck..bener bener emak emak gak mau rugi destinasi.

Berbagai gaya terakhir mereka saat berada di Candi Kalasan.Inilah destinasi terakhir kami selama berada di Jogyakarta.Bahkan pemilik rumah Mbak Ado dan para assistennya juga balik sore ini ke BSD .
Matur Nuwun sanged buat Mbak Adonia dan keluarga besarnya yang menjamu kami dengan super special dan sangat bersahaja.Tiada kata kata yang dapat melukiskan kesederhanaan kanjeng mamih ini.Super salut..
Thanks berat buat semua sahabat sahabat tersayang lain waktu kita jalan lagi yang lebih seru dan penuh liku liku intrik intrik yang bikin "ngangenin".
Thanks buat Om Teddy Andry  dan para arjuna TLnya yang sudah bersedia joint dengan kami.Lain waktu kita kumpul lagi yaaa..jangan kapok dengan kita Rusia 417..hehe..keren ya nama kitah..
















Uni Meciko...

2 komentar:

  1. Liburan Yogya dengan gaya berbeda apalagi menginap dekat di kaki merapi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan lagi ya kita di undang sama Ibu ndoro Raden Putri yachh...

      Hapus