Halaman

Rabu, 28 November 2018

BERBURU SAMPAI KALAP SOUVENIR UNIQUE DI OLD TOWN KRAKOW..EDISI 18


Setelah dari Kamp Kosentrasi Auschwitz kami melanjutkan perjalanan ke Krakow yang berjarak sekitar 2,5 jam 
Kami masih punya waktu untuk mampir di Old Town Krakow sebelum malamnya kami menginap di Apartemen Sleep Inn.Nach karena kita mau mampir ke Old Town pasti butuh mata uang Polland.Mata uang Poland 1 Polish Zolty = Rp 4000
Saat berbelanja disarankan bila transaksi bisa pakai Kredit card atau Debit maka lebih baik menggunakan kartu saja.Atau kalau punya Euro mereka juga mau terima tapi sayang saat kembaliannya mereka akan tukar dengan Polish Zolty sehingga uang kita menjadi receh gitu.Bisa juga ambil di ATM dengan rate tukar pada hari itu.Jadi tinggal nyamannya pakai apa.
Saya lebih memilih menggunakan Debit Card dan pegang beberapa lembar untuk beli makanan ,cemilan dll.
instagram.com/@Pollandsight
POLANDIA(REPUBLIK POLANDIA/RZECZPOSPOLITA POLSKA)
Negara di wilayah Eropah tengah yang merupaka salah satu negara Uni Eropa.Polandia berbatas dengan Jerman sebelah Barat.Rusia dan Lituania sebelah Timur,Ceko dan Slowakia sebelah Selatan.Polandia menjadi menarik karena bendera Indonesia menjadi terbalik kalau sampai di Polandia karena bendera mereka Putih-Merah.
Beberapa Kota besar yang terkenal di Polandia yaitu Krakow,Warsawa,Wrakow.Dua dari Kota besar ini menjadi destinasi kami selama di Polandia.
Kami berhenti di persimpangan tengah kota  bus kemudian jalan dan kami jalan kaki menuju Old Town Krakow.Kami turun dipersimpangan jalan sambil berjalan melihat dari kejauhan bangunan indah seperti istana dengan warna hijau menaranya.Ternyata bangunan indah itu adalah Wawel Castle yang merupakan Royal Residence para Raja Raja Polland jaman dahulunya.Dari jauh memang sangat indah tetapi target kami tidak menjadi destinasi utama.Kami lebih memilih explore Old Town yang menjadi tujuan utama para pelancong.
Kami melewati jalanan di antara deretan toko toko diantara bangunan bangunan tua yang penuh dengan desain arsitektur dengan sarat sejarah eropa .Kota Krakow mempunyai 2 wilayah yaitu Old Town bila dalam bahasa Poland( Stare miasto)dan wilayah Kazimierz.Nach Wawel Castle berada di antara wilayah ini.
OLD TOWN KRAKOW
Setelah jalan sekitar 15 menit dari centre point persimpangan jalan tadi kami akhirnya sampai di Old Town yang berada tidak jauh dari Stasiun Krakow Glowny.Bahkan nanti Apartemen tempat kita menginap berada persis di depan Stasiun Krakow Glowny.
Target pertama saya menuju Cloth Hall  yang berada di Main Market Square (Rynek Glowny) yang merupakan ciri Khas Krakow .
Wow Subhanallah benar benar indah dengan menara Jam berwarna merah sementara ada kepala patung yang rebah seperti terpancung  di sisi Cloth Hall dinamakan Eros Bendato  atau juga sering disebut masyarakat sana Glowa Glowny.
Kawasan yang terdapat Gereja St Mary Catedral  .Main Hallnya juga dipenuhi kereta kuda yang berwarna putih seperti bak kereta kencana Raja raja Polland.


SUKIENNICE
Ditengah tengah old town ini terdapat Market Place yang terkenal dengan namanya Sukiennice merupakan Pasar Tradisional dari abad ke-14 ,Wow pasar para pedagang Polandia benar benar sudah tua .
Kalau di Turki terkenal dengan Grand Bazar yang dibangun th 1455 maka Sukiennice mungkin dibangun setelah Grand Bazar di Turki.
Bahkan Sukiennice dikenal dengan shopping Mall pertama di dunia..
Deretan toko toko yang menjual berbagai souvenir khas Pollandia,craft,kerajian kayu,tekstil dan aneka oleh oleh tumpah ruah disini..Ohh..saya mulai kalap melihat aneka barang barang unique ,lucu dan khas ada disini semua.
Kami harus pintar pintar nawar dengan bahasa Isyarat dan Inggris yang pas pasan karena mereka juga tidak paham Inggris.Apalagi disini orang Poland tidak ramah jadi bila kita tertarik ya lansung beli kalau cuma tawar tawar mereka bermuka jutek ..Cantik cantik kok jutek hihi..
Wah kalo seharian disini mungkin saya tidak akan keluar keluar dari pasar Tradisional ini.Belanja kalap pastinya.Walau secara harga lumayan murah dengan harga mata uang mereka Polish Zolty.Tetapi bila kita pakai Euro maka akan dikembalikan dengan mata uang mereka.sayang yaa..Beragam cendera mata,souvenir,baju kaos buat keluarga kami serbu disini dengan mbak Penny,Mbak Ado terutama .Kalau Teh Tati dan Ratna lebih memilih nongrong di kedai kopi Starb.. sambil eli Thumbler tiap kota.
Kami juga mampir di sebuah toko kue,snack tradisional mereka yang dinamakan Pounsky semacam Donut Polandia.Harganya 5 Zolty ataw sekitar Rp 20.000 
1 pcnya.
Habis kalap di toko tradisional mereka kami tak lupa mampir ke kedai kopi sambil cari thumbel ciri khas tiap kota yang kita lewati.
Bila kawan kawan untuk koleksi pajangan mereka sementara saya untuk tambahan barang Chiko Kado.Semakin banyak yang ketemu barang unik,special dan lucu semakin banyak yang minat product Chiko Kado.Alhamdullilah.
Hari semaki senja kami harus kembali ke Bus untuk di drop ke Apartemen Sleep In yang berada di depan Stasiun Krakow Glowny yang merupakan  Krakow Central Railway Stasion .Apartemen Krakow ini kami pakai hanya semalam saja sehingga hanya koper kecil saja yang kami turunkan dari Bus.
APARTEMEN SLEEP INN
Bosacka 7,Old Town ,31-508 Krakow,Pollandia
Apartemen yang baru saja direnovasi merupakan apartemen family yang modern dengan letak yang strategis dan berada hanya 15 menit jalan kaki dari Old City yang kami datangi siang tadi.Wifinya yang sangat kuat sehingga kami bisa share dan upload foto foto selama travelling di sini.Apartemen strategis dengan luas dan nyaman serta dilengkapi fasilitas yang cukup memadai tetapi sayang hanya kami pakai 1 malam saja karena besok kami sudah menuju Berlin(Jerman).
Malam kami janji dengan beberapa teman (Saya,Mba Penny,Ratna) bahkan ketemu Dr. Sugi dan teman teman juga pada jalan ke Galeria Krakowska yang berada di atas stasiun di seberang Apartemen kami.Sambil menikmati suasana kota Krakow di malam hari dan mencari tambahan lauk ketemu KCF .Mc Donald,Burger King bahkan Carefour.Hampir semua tenant resto cepat saji berada di Galeria Krakowska ini.Sehingga kami bebas dan puas belanja malam itu.Belanja buah dan cemilan di Carefour dan beli ayam goreng untuk makan di kamar .
Hari ini tuntas sudah perjalanan kami di Polandia khususnya ke Kamp Kosentrasi Auscwitz dan Old Town Krakow.Untuk besoknya kami akan explore salah satu Kota cantik di Polandia yaitu Wrakow.

tobe continued










Tidak ada komentar:

Posting Komentar