Senin, 26 November 2018

MENYILAU KEKEJAMAN PENJARA MAUT KAMP KOSENTRASI AUSCHWITZ...POLLAND EDISI 17

27 April18
Hari ini saya bangun jam 4.00 sholat subuh bebenah koper karena hari ini kita check out Hotel Vista Jam 8.25 waktu Brno.
Hari ini kami menuju Pollandia kampung kelahirannya Driver Bus Sinbad Jippie dan Marc.Poland ibukotanya Warsawa.
Mata uang Polandia 1 Polish Zolty = Rp 4000
Berada 2 malam di Apartement Hotel Vista, Hudcova 72,Brno membuat kami sangat nyaman baik fasilitas dan suasananya.Pagi ini kami harus meninggalkan Kota Brno untuk melanjutkan travelling kami di East Europe menuju Polland.
Kami check out dari Hotel Vista  Jam 8.22 setelah mampir  di Pom BBM untuk isi air toilet Bus sambil ke mini market cari cemilan.Perjalanan dari Brno ke Auschwitz dibutuhkan waktu 3 jam perjalanan.
Bila saat di Munich hari 1 kami sempat meninjau Kamp KOSENTRASI AUSCHWITZ DACAU yang berada sekitar 20 km dari Munich (Munchen).

Awalnya kami mampir di salah satu Kamp Kosentrasi Auchwitz  yang berada di depan.Setelah menunggu beberapa lama ternyata group kami belum terdaftar disini dan harus menunggu waktu lebih siang untuk masuk ke Kamp ini.Dari pada menunggu 2-3 jam akhirnya kita sepakat untuk mengunjungi Kamp Kosentrasi yang lain saja.
Kami malah sudah antri dan foto foto di depan Kamp sambil menunggu tiket yang akan dibagikan setelah tahu kita harus berpindah ke kamp berikutnya.
Akhirnya kita kembali ke Bus dan melanjutkan ke Kamp Kosentrasi berikutnya yang tidak begitu jauh mungkin hanya beberapa km saja dari Kamp yang pertama.
Setelah turun dari Bus kami berjalan melewati  padang rumput yang cukup luas untuk mencapai Kamp Kosentrasi yang berada nun jauh ditengah lapangan yang luas.
Bila mendengar nama Auschwitz zaman NAZI Jerman sudah terasa sejarah sadis dan kejam NAZI mulai terasa apalagi yang suka tentang sejarah .Tambah lagi  kali ke-2 saya akan menceritakan dan lansung berada di Kamp Kosentrasi yang sangat luas dan lansung melihat bukti sejarah sangat kejam peninggalan NAZI Jerman.
Polandia salah satu negara yang diduduki NAZI Jerman saat itu.Auschwittz itu sendiri terdiri dari 3 Kamp kosentrasi  di Polandia persisnya di dekat Kota Oswiecim yang berada sekitar 37 mil di sebelah barat Krakow.
Bahkan AUSCHWITZ ini merupakan simbol paling kejam dan brutal dari aksi pembantaian yang disebut HOLOCAUST yang membunuh 5,6 juta orang Yahudi di seluruh EROPA .Nanti saat di Berlin kita juga akan melihat saksi sejarah
MEMORIAL to THE MURDERED JEWS of EUROPE
(HOLOCAUST MEMORIAL )
Kamp kamp ini dibangun selama 2 th dari th 1940-1942.Sementara pembebasan Kamp Kamp Kosentrasi dimulai 27 Januari 1945 oleh Tentara Merah Uni Sovyet.Saat itulah berakhirnya kisah sadis dan kejam NAZI dibawah Adolf Hitler .Bisa dibayangkan saat itu hampir 1,5 juta jiwa orang Yahuni tewas dengan mengenaskan di 3 Kamp Kosentrasi ini.ihh ngeri sekali.
Saat berada di dalam Kamp Kosentrasi terlihat  latihan militer barangkali .Bahkan teman teman ada yang sempat berfoto bersama dengan anggota pasukan militer remaja ini.Melihat seragam militer berbaris dengan tegap,teratur seakan akan wajah Rezim NAZI makin kental terlihat di depan mata kami.
Kami mulai memasuki ruang demi ruang di dalam Kamp kosentrasi yang luas ini.Salah satu ruang merupakan Kamar Gas yang sangat mengerikan dimana saat itu ruang ini menjadi tempat 900.000 orang Yahudi untuk dibunuh dan lansung jasadnya dikremasi .Betapa sadisnya NAZI saat itu.
Tidak pernah saya menyangka bakal bisa menyaksikan lansung bukti sejarah kelam nun di negara Polandia kekejaman penjara maut dan sadis di Zaman Hitler.Bayangkan saja bila wilayah ini tahun 1940 merupakan rumah rumah penduduk yang kemudian dibuldozer dan digusur paksa untuk kemudian dijadikan kamp kosentrasi yang sangat kejam dan maut ini.Astagfirullah.
Diperkirakan jumlah korban jiwa mencapai 15 juta jiwa tidak saja kaum Yahudi(laki-laki,perempuan dan anak anak) bahkan juga tahanan Politik Polandia,Kaum Gipsi,kelompok Homoseksual .
Kami juga menemukan jalur kereta yang lansung masuk ke dalam area Kamp Kosentrasi.Akhirnya baru saya paham kalau ini merupakan "kebohongan" sejarah NAZI  waktu itu untuk menipu para tahanan bahwa pengiriman mereka ke Kamp Kosentrasi ini ke tempat stasiun Auschwitz.Bahkan dulu juga dilengkapi dengan rambu rambu KA.Dan dibuat sedemikian mirip seperti stasiun KA yang kemudian dilanjutkan menuju kamar kamar gas untuk membohongi para tahanan Yahudi yang sudah sampai ke Kamp Kosentrasi.Benar benar kejam NAZI...
Kami diberi kesempatan yang cukup lama untuk menikmati ruang demi ruang,area luar Kamp dan juga berbagai tulisan yang dipenuhi sejarah kelam Auschwitz.

Kami menghabiskan waktu 3 jam lebih di Kamp Kosentrasi Auschwitz kemudian kita melanjutkan ke Krakow Poland .
Sore hari di Krakow kami habiskan untuk explore Old City Krakow sebelum kita menginap di Apartemen Sleep In Aparteminty yang persis berada di depan Terminal Krakow Glowy.