Kamis, 29 November 2018

TERPESONA PULUHAN KURCACI DI KOTA YANG SUPER COLOURFULL WRACLOW..EDISI 19

28 April18 Saturday
Kami menginap di Apartemen Sleep Innn yang berada persis di depan Stasiun Krakow Glowny untuk 1 malam saja .Jadi kami hanya membawa koper kecil turun dari bus sehingga tidak banyak aktivitas di pagi bangun jam 4 pagi untuk sholat subuh bebenah sarapan pagi dan persiapan untuk check out dari Apartemen jam 6.30 pagi.Sayang banget apartemen kami nyaman dan strategis bangets tetapi kami hanya nginap 1 malam saja di sini.Tetapi perjalanan harus tetap berlanjut dan kita nyaris akan memasuki Negara Jerman persisnya Kota Berlin nanti sore.
Tetapi masih ada 1 Kota di Polandia yang wajib kita kunjungi .Kota yang sangat terkenal dengan bangunan warna warni di tengah kotanya bahkan juga sangat populer dengan Kota yang dipenuhi puluhan Kurcaci yang tersebar di pelosok kota..Yuk kita menuju Wraclow.

WRACLOW
Kota Krakow dengan kota Wraclow berjarak 271 km yang akan ditempuh sekitar 3 jam perjalanan.Jam 6.30 kami sudah menuju Terminal  depan apartemen kami Krakow Glowny karena Bus Sinbad akan menjemput kami di dalam Terminal Bus tsb.Kami harus lebih dahulu sampai dan full team baru Bus akan datang menjemput karena terminal ini tidak boleh parkir terlalu lama di dalamnya.
Kota Wraclow atau disebut juga Breslau merupakan Ibukota Provinsi Dolnoslaskie yang dilewati oleh Sungai Odra.Kota ini dihuni oleh tidak lebih dari 1 juta penduduk.Tetapi menjadi salah satu tujuan destinasi wajib bila pelancong berada di negara Polandia.
Bahkan Adolf Hitler pernah menjuluki Kota Wraclow menjadi Kota Benteng.Dimana kota ini banyak mengalami kehancuran perang dan sangat lama untuk membangun kembali kota yang dipenuhi bangunan dengan arsitektur kuno .Kota ini dipenuhi oleh situs sejarah dengan arsitektur serja sudah diberi sentuhan warna warni colourfull membuat kotanya menjadi dinamis dan hidup.

Bangunan Bangunan bak istana dengan gaya Renaissance dengan penuh warna warni yang memikat hati.Serasa di negeri dongeng kami memasuki alun alun utama Kota Wraclow.
Sambil mendekat ke pusat alun alun dari kejauhan di depan sebuah Balaikota  dan resto serta cafe cafe terlihat sekelompok pasangan pasangan mesra berdansa dengan gemulai diiringi musik.Mereka sangat asik menikmati iringan lagu sambil mesra bergelayut dengan pasangannya.Musik yang penuh cinta serta diantara bangunan indah membuat kami seperti berada di negeri khayalan.Bak seperti negeri dongeng.

Alun alun Kota Wraclow (Market Square) merupakan salah satu alun alun tercantik di Eropa  terdiri dari banyak bangunan seperti Balaikota ,town house,Cafe,Restoran  dan toko toko souvenir dll.Bahkan alun alun ini selalu dipakai untuk perayaan Tahun Baru,Natal,Pesta Rakyat bahkan musik jalanan selalu tumpah disini.Tidak saja musik berbagai pagelaran seni ,seni lukis,seni ukir terpampang nyata di tengah hiruk pikuknya suasana Market Square Wraclow.Gedung Balaikota menjadi saksi sejarah dan merupakan satu satunya gedung yang tidak hancur saat serangan Bom Perang Dunia ke II di Wraclow.Fantastic...
Ditengah tengah Cafe,Resto,pertokoan dan rumah warna warni mata kami tertuju ke Hard Rock Cafe untuk mencari Merchandise khas Polland.
Hard Rock di Wraclow ternyata sangat besar dengan 2 lantai yang terdiri dari area resto dengan 2 resto berkonsep modern ,outlet yang menjual aneka merchandise ,souvenir Hard Rock sementara desain interiornya dipenuhi design kenangan musik dan nuansa kontemporer.Kami di sini memilih baju kaos,mainan kunci bahkan tas ransel yang bisa dilipat minimalis .Malah kami mampir ke toiletnya di lt 2 mumpung lagi belanja di outletnya.

Tidak saja hunting Merchandise Hard Rock tapi juga bisa menikmati makanan local Wraclow mencoba Zupa Soup ala Poland,Salad danCofee Latte di sebuah resto.

Nach Kota Wraclow sangat unique dan special dibanding kota kota lain yang kami kunjungi disini  dapat dijumpai puluhan Kurcaci bahkan ratusan patung patung mini tersebar seantero kota Wraclow.
Kota Wraclow identik dengan Kurcaci patung Perunggu mini yang tingginya tidak lebih dari satu kaki.Ternyata jumlah kurcaci yang tersebar di Kota Wraclow ini hampir 400 buah .woow amazing...
Inilah salah satu target wisatawan berburu kurcaci dipojok pojok kota.Pasti kita semua akan bertanya kenapa kurcaci ya sebagai simbol di Wraclow.Pasti ada sejarahnya.
Masing masing Patung Kurcaci punya simbol Orange Alternative yaitu Gerakan perlawanan anti Soviet yang membantu menjatuhkan rezim anti komunis Opresif Polandia tahun 1980an.Bahkan mereka menggambarkan 1000an grafity kurcaci di tembok tembok dinding Kota untuk menyatakan ekspresi kebebasan .
Sekitar th 1990an akhirnya rezim komunis itu bisa jatuh.Sebagai peringatan akan kebebasan dari rezim komunis mereka membuat secara sukarela  patung kurcaci  dan diletakan di sudut sudut kota.Kami memang tidak menargetkan jumlah kurcaci yang ditemukan hanya saat lewat saja kadang kadang ketemu kadang tidak.Tetapi menjadi terpesona dengan ahli patung patung perunggu ini yang sudah dapat menciptakan kurcaci dengan berbagai kegiatan dan keusilannya.

Nach foto di atas ini bukan Kurcaci beneran lho...silucu Caca Irsyad ini merupakan putranya Mbak Penny Karim peserta cilik di group kami yang selalu bikin lucu dan riuh suasana.Tambah lagi keluarga mereka(papanya,mbak Penny dan Caca) duduk di Bus setia  dibelakang dekat kami sehingga jadi bahan lelucuan selama di perjalanan.Selama perjalanan Dek Caca (Irsyad) ini selalu soulmate dengan Kakak Pudha putri cantiknya Dokter Yudha.Kemana mana  pinginnya barengan terus.Sampai di Indo pun mereka saling ketemuan juga.So sweet ya.Tambah saudara,keluarga jika ikut dengan OTe Group beneran lho.
Puas mengitari Kota Wraclow ,makan,nyari merchandise dan menikmati suasana alun alun nya .Kami melanjutkan perjalanan ke Kota Berlin karena malam ini kita akan nginap di Berlin untuk 2 malam.Selama di perjalanan Marc kasi surprise ditraktir makan Pounsky Donut khas Polandia bahkan 1 bus semuanya dikasi .Ternyata keluarganya punya Toko Kue Pounsky.
Tks Marc sudah berbagi dengan Ote Group.
Wraclow menuju Berlin ditempuh selama 4 jam perjalanan .Kita sempat mampir di rest Area dan beberapa ibu ibu beli ayam Goreng Fast Food di gerai KFC.Ternyata disini drama dompet hilang Ibu Lista kembali jadi heboh.Beberapa ibu ibu yang antri tadi dicopet oleh cewe cantik .Jadi dia berpura pura antri beli ayam goreng juga .Kalau yang lain cuma kehilangan recehan beberapa saja tetapi Ibu Lista bukan saja dompet yang berisi Pasport,Mata Uang USD,Euro olala..Baru ingatnya di Bus kembali beliau heboh seperti saat kehilangan teri medan kemaren.Kita kembali ke rest area supaya Bus bisa dicek satu per satu.Semua tas barang barang di periksa kali aja berpindah tempat.Malah barang barang belanjaan teh Tati juga menjadi incaran beliau hiksss..Akhirnya dompet tidak ditemukan karena memang sudah dicopet di Gerai Ayam Cepat saji tadi.Heboh pastilah sampai di Berlin suasana gaduh di Bus semakin menjadi jadi.Entah apa yang membuat selalu Bu Lista yang kena masalah dan copet.Karmakah..I don't Know..
Untung saja Agil si Neng imut nan lucu bisa mencairkan suasana akhirnya sampai kami di Berlin dengan selamat.Bu Lista harus menghubungi Kedutaan Indo di Berlin untuk melapor pasport yang hilang.Untung ada saudara beliau di Berlin dan orang kedutaan yang berbaik hati menjemput beliau dan mengantar sampai di kedutaan Indo Berlin.Apapun yang terjadi travelling tetap dilanjutkan kami besok tetap akan meneruskan destinasi demi destinasi.Sementara beliau tinggal untuk mengurus pasportnya yang hilang.
Kami menginap di Berlin di Hotel Derag Living Hotel.Kebetulan saya ,mbak Peny dan Teh Cikeu Room 432 yang nyaman ,indah.Kami stay di Berlin untuk 2 malam.
Berlin Kota yang penuh kenangan apalagi si Bujang pernah menuntut ilmu di sini dan saya belum sempat mengunjungi Berlin saat dia kuliah .Kenangan suka dan duka hadir di pelupuk mata,manis dan pahitnya saat kuliah di Berlin membuat amak mellow 2 hari ini...