Minggu, 25 November 2018

PRAHA...FULL DAY MENIKMATI KOTA 1000 MENARA EDISI 16

Hari ini Kamis tgl 26 April 18 merupakan hari ke-8 kami melakukan travelling di Eropa Timur.Kami sudah berada di Kota Brno.Jarak dari Kota Brno ke Praha  sekitar 208 km atau ditempuh dengan 2 jam 15 menit.
Perjalanan hari ini seharian kita ke ibukota negara Czech Republik yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia.
Praque adalah Kota 1000 menara karena banyaknya menara yang menghiasi kaki langitnya.
Pusat sejarah Kota Praque juga telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak th 1992.
Beberapa destinasi yang akan kita kunjungi al:
-Praque Castle
-Charles Bridge
-Old City
-Dancing House
Area inilah yang menjadi pusat wisata utama Kota Praque dimana kita bisa melihat bangunan bangunan lama dan bersejarah serta tempat tempat wisata lainnya.(OTe Booklet)..
Hari ini saya bangun jam 4.45 badan serasa cape karena sudah mulai hari ke-8 lho kita menjalani travelling panjang ini.Tetapi harus semangat lagi .Kami mendapat breakfast di Hotel Vista Brno mulai jam 7 pagi sudah boleh breakfast tetapi jam 7.45  baru kami turun.Hari ini ada yang gak joint jalan ke Praque Bu Jenny lagi sakit dan memutuskan istirahat di Hotel karena kita menginap 2 malam di Hotel ini.
Jam 8.55 kami otw Praha atau Praque .Sementara Prague menggunakan mata uang Koruna dimana ratenya 1 Koruna=Rp 672.Pagi ini begitu cerah dengan langit biru yang dihiasi awan awan putih bergelantungan di atas langit menambah indahnya pemandangan Kota Praha yang memang dipenuhi bangunan bangunan cantik dengan desain arsitektur ala Renaissance.Objek utama yang akan kami kunjungi adalah Praque Castle atau Kastil Praha  yang berada diatas sebuah bukit yang sekelilingnya disebut dengan Castle Distict atau Hradcany.Kami harus berjalan menanjak menuju bukit yang disitu berdiri dengan megah komplek Kastil Praha yang dibangun pada awal th 880.

PRAQUE CASTLE.
Kami harus berjalan menanjak menuju bukit yang disitu berdiri dengan megah komplek Kastil Praha yang dibangun pada awal th 880.Berbagai bangunan dan gedung gedung tua yang artistik  sepanjang jalan menghiasi Kota Praha nan cantik .Sambil jalan menuju kompleks kastil akhirnya kami sampai di depan Castle Square (area terbuka) kastil .
Kami diberi waktu untuk menyusuri kastil sampai ke dalam

Kastil Praha merupakan Salah satu Situs Warisan dunia UNESCO yang sangat penting di Ceko. Kami diberi waktu untuk menyusuri kastil sampai ke dalam  .Walaupun kami Muslim bukan berarti masuk ke Kastil menjadi sesuatu yang tabu.Apalagi bila kita menghargai seni dan warisan Situs dunia.Kami sangat semangat untuk antri ke dalam Kastil berbarengan dengan anak anak sekolah yang juga memasuki Kastil tidak begitu lamam setelah kami.Didalam Kastil kita lebih bebas mengambil foto dan  menikmati desain arsitektur abad ke IX ini.Bahkan setelah kami puas mengitari kastil dan ruang taman di tengah areal kastil kami sempat keluar dan bertemu penjaga kawasan Kastil dengan perawakan ganteng dan muka tegas.Walaupun kita foto di dekat dia sedikitpun wajah senyumnya tidak terlihat...

Setelah keluar kastil di tengah ruang antara bangunan demi bangunan masih banyak spot spot cantik yang bisa kita nikmati.Malah kami menemukan sepasang pengantin sedang melakukan foto Pre Wedding di tengah area Kastil  nan sangat luas.

Bahkan setelah kami puas mengitari kastil dan ruang erbuka di tengah areal kastil kami sempat keluar dan bertemu penjaga kawasan Kastil dengan perawakan ganteng dan muka tegas.Walaupun kita foto di dekat dia sedikitpun wajah senyumnya tidak terlihat...Group kami masih penasaran untuk mencari Kedai kopi Praque bukan saja Thumblernya yang diincar tetapi juga untuk memesan kopi didinginnya Kota Praha.Setelah diinformasikan dijalanan penurunan Kastil belok kanan ternyata kami tersesat cukup jauh akhirnya kembali lagi dan tidak tahunya berada ditangga penurunan samping kanan kastil.Olala.

DANCING HOUSE
Salah satu gedung perkantoran di tengah pusat Kota Praha yang sangat Ikonik dan terlihat sangat jelas dari kejauhan adalah Dancing House.
Dancing House berada tidak jauh dari Charles Bridge dan dirancang oleh perpaduan tangan dingin Arsitek kelahiran Kroasia-Ceko Vlado Milunic dengan seorang arsitek Canada Frank Gehry.
Negitu uniknya gedung ini bak sepasang penari lagi berdansa ditengah keramaian Kota.Bahkan Dancing House pernah menjadi kontroversial di Praha karena dibangun diantara gedung gedung bersejarah dengan arsitektur yang berbeda dari Dancing House.Malah di dalam Dancing House terletak Restoran Perancis yang menawarkan pemandangan indah nan cantik sekitarnya.Sayang kita tidak mencoba lunch di resto tsb.hihi..
Tetapi sekarang malah Dancing House menjadi Landmark special bila kita melancong ke Praha/Praque.

CHARLES BRIDGE
Kami melanjutkan destinasi berikutnya Charles Bridge yang berada tidak jauh dari Old Town bersebrangan.
Jembatan ini menghubungkan 2 destinasi utama Praha yaitu Kastil Praha dan Old Town yang dibangun pada masa Raja Charles IV menjadi objek yang ikonik dengan dipenuhi 30an patung yang artistik dikiri kanan jembatan.
Jembatan dengan panjang 620 mdengan lebar 10 m dan ditopangn oleh 3 menara yang sangat artistik dengan dibawahnya mengalir sungai Vlatva menambah keindahan Kota Praha dengan sekitarnya dipenuhi bangunan bangunan tua kokoh dan indah.
Sungai Vlatva merupakan sungai terpanjang di Republik Ceko yang tidak saja melewati 18 jembatan yang salah satunya Charles Bridge.Bahkan sungai ini juga digunakan untuk pesiar menikmati keindahan kota dan bangunan seperti kota kota di Eropa Timur lainnya.
OLD CITY
Target utama kami selain Praque Castle pastinya Old Town yang merupakan alun alun utama Kota Praha.Setiap wisatawan pasti wajib mengunjungi Old Town yang disesaki bangunan tua bergaya  Gothic, Rococo bahkan bergaya Baroque .
Apalagi saat berada di alun alun Old City ini wisatawan dimanjakan dengan berkeliling alun alun menggunakan kereta kencanan dengan kuda dan delman yang antik dan unique.Serasa berada di negeri dongeng 1001 malam.
 Sepertinya Kota Praha sulit dilupakan begitu cantik dan menariknya bangunan bangunan yang memenuhi Kota Praha.Serasa waktu full day sehari sangat singkat begitu waktu sudah makin senja dan kami harus kembali ke Kota Brno yang berjarak sekitar 208 km dan kita masih 1 malam lagi menginap di Hotel Vista Brno.