Senin, 02 Februari 2015

ALUNAN GENDING &SEMERBAK MELATI SERASA PRIYAYI JAWA DI THE ROYAL SURAKARTA HERITAGE ..Edisi 6

Alhamdullilah kami memasuki Kota Surakarta yang dikenal dengan Kota Solo.Surakarta Kota kuno yang dibangun oleh Paku Buwana II.
Selama perjalanan kami sudah browsing Hotel yang sudah diplanningkan untuk kita menginap selama di Surakarta.
Travelling bertiga dan disaat hari" bahagia kami membuat saya selalu diberi pelayanan dan fasilitas prima oleh sang mantan.
Berbahagianya bisa memilih salah satu Hotel bergengsi di Surakarta.
The Royal Surakarta Heritage merupakan Hotel Butik ***** andalan Hotel group Accor yang sangat terkenal .Berada di Jalan utama Jl Brigjen Slamet Riyadi No 6 Phone  0271-666111 yang berada di persimpangan Kota Solo berada persis  di depan Pusat Grosir Solo (PGS) ,didepan Istana Raja Mangkunegaran dan kasunan dan berada di antara Kantor Pemerintahan dan Bank" besar.
Beberapa destinasi Surakarta yang berada tidak jauh dari Hotel Heritage ini antara lain:
1. Keraton Kasunan Surakarta:
 Istana Kerajaan Surakarta Hadiningrat yang dibangun oleh paku buwono II th 1745
2.Pura Mangkunegaran
 Terletak tidak jauh dari Pasar Seni dan Budaya Ngarsopuro.Merupakan kediaman Pangeran Mangkunegoro yang dibangun sekitar abad 18 dengan arsitektur khas Jawa berupa joglo .
3.Kampung Batik Kauman dan laweyan
Kampung Batik Kauman dasn Laweyan dikelilingi dengan bangunan bersejarah yang sangat unik ,menarik.
4. Museum Radyapustaka
Museum yang dibangun oleh Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV th 1890.Museum tertua ke-2 di indonesia
5.Taman Sriwedari
Tempat rekreasi dan peristirahatan keluarga raja yang saat ini digunakan sebagai pusat hiburan anak anak dan pertunjukan wayang orang
6.Pasar Klewer
Pasar tradisional yang sangat terkenal menjual aneka jenis kain batik  yang terletak di gerbang barat utara komplek keraton
7.Pasar Antik triwindu
Pasar antik menawarkan benda antik unik seperti topeng kayu, keramik, lampu" antik dll

Sore saat kami check in kami disuguhi alunan gending jawa dan bau semerbak Melati di lobby Hotelnya yang luas dan lapang.Terdapat pernak pernik dan ukiran Jati Jepara menghiasi loby hotel dan juga Kursi" Jati ala Keraton .

Nuansa Jawa kental sudah mulai terasa saat kami masih berada di Lobby Hotelnya.

Setelah mendapatkan kunci Room di Floor 8 kami segera beristirahat ,sholat,mandi .Capek seharian travelling Semarang dan Kuliner terbayar dengan suasana kamar Royal yang sarat  dan kental dengan nuansa jawa.

Suasana nyaman membuat kami puas dan lepas penat setelah menempuh perjalanan dari Semarang .Kami memutuskan untuk menginap di Royal Heritage ini 2 Night agar puas dan leluasa menikmati kuliner, budaya,suasana dan wisata Surakarta..

Ternyata keberuntungan berada di Hotel ini tanpa sengaja upacara
kerajaan "Sekatenan" yang berarti memperingati Hari Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW berlansung persis di depan Hotel.Di Pelataran dan lapangan besar Istana Mangkunegaran diadakan Pesta Rakyat Surakarta..wow selalu saja mendapat berkah selama touring acara" budaya dan agama bisa kami saksikan..
Malam ini kami segera menuju kuliner yang sangat banyak di Kota Surakarta dengan pilihan kuliner style jadul tempo dulu..Beberapa alternatif sudah di tangan...
Bagi yang menyilau Kota Surakarta atau Solo tidak ada salahnya mencoba untuk menginap di Hotel Heritage ini untuk merasakan suasana Jawa Keratonan yang sarat dengan nilai nilai budaya dan warisan leluhur Jawa..