Halaman

Jumat, 05 Oktober 2018

BERBURU PATUNG MAN at WORK DI OLD TOWNNYA BRATISLAVA SLOVAKIA...EDISI 14

Slovakia atau Slawakia merupakan negara Uni Eropa yang berada di Eropa Tengah .Negara yang tidak mempunyai laut karena dikelilingi negara negara perbatasan seperti Austria,Ceko sebelah Barat,Ukraina sebelah Timur,Polandia sebelah Utara dan Hongaria sebelah Selatan.Ibukota Slovakia yaitu Kota Bratislava yang terkenal dengan Patung Perunggu Man at Work.Bila dulu kita kenal Cekoslavia maka SLOVAKIA merupakan salah satu Negara pecahannya.Cekoslavia terpecah 2 menjadi Republik Ceko dan Slovakia.
Nach Bratislava merupakan ibukota negara yang lumayan kecil di Eropa dengan hanya penduduk 450 rb orang di th 2017.
Saat melanjutkan perjalanan ke Bratislava yang hanya 2 jam perjalanan dari  Budapest.Sayang ada kecelakaan kecil selama diperjalanan tambalan gigi depan lepas.Waduch jadi gak pede tertawa lepas selama di sisa perjalanan di Eropa Timur.Ada niat untuk ke dokter gigi di kota yang kita datangi tapi pasti butuh waktu dan perjanjian yang ribet akhirnya terpaksa dengan gigi copot setengah sisa destinasi diteruskan sampai pulang ke Indo.duch...jadi gak pede nich..
 Ada yang menarik saat kami sampai di ibukota Slovakia yaitu Bratislava dimana para wisatawan berburu salah satu destinasi menarik dan penuh cerita yaitu "Patung Perunggu Man at Work".Bila kita mampir ke Bratislava serasa kurang bila tidak mencari patung yang iconik itu.
Berada di kawasan Old Town kita harus menyusuri jalana diantara pertokoan dan gedung gedung tua dengan arsitektur kuno.Catedral St Martin yang berdiri megah dibelakang saya dengan berhiaskan kendaraan merah untuk city tour seputar Old Town dan Main Squarenya Bratislava.

Patung Man at work ini berada di dekat gorong gorong jalan di tepi sebuah toko dipersimpangan jalan.Patung ini seolah olah muncul dari dalam gorong gorong lobang penutup .Patung terkenal ini dinamai CUMIL yang merupakan salah satu hasil karya pematung Victor Hulik.Ada yang menarik dari hasil karya pematung perunggu ini Cumil merupakan sosok pekerja kebersihan kota yang melepas lelah setelah membersihkan gorong gorong dan beristirahat sejenak sampai memperhatikan hiruk piuk jalanan area pertokoan yang dipenuhi oleh wanita memakai rok yang tinggi.Terlihat dari roman senyum lucu Cumil.ihh ada ada aja.
Begitu sederhananya icon salah satu destinasi wisata di suatu kota di negara Eropa.Hanya sebatas patung kepala perunggu sudah menjadi incaran wisatawan mampir ke kota ini.Seperti patung patung sepatu yang juga kita temui di Budapest "The Shoes on Danube River" bahkan patung bocah lagi pipis  "Patung Mannekin Pis" di Belgia selalu menjadi incaran para turis.Bahkan nanti di Kota Wroclaw kita juga menemukan patung patung Kurcaci sehingga kota Wroclaw (Pollandia) dijuluki Kota Kurcaci.
Ada yang menarik di Kota Bratislava ini dimana persisi di bawah Menara St Michael yang merupakan titik nol dijalanan tertulis jarak salah satu Kota di dunia adalah Jakarta berjarak 10.491 km.Wow nama Jakarta ditulis di sebuah Kota di Eropa Tengah.  Wah bikin bangga nich...
Kami menikmati suasana Kota yang tidak terlalu ramai ini tidak terlalu lama karena sehabis dari Bratislava rencana hari ini kita mampir di Factory Outlet lagi PARNDOFF.ohh shopping bikin dompet kempes...

DESIGNER PARNDOFF OUTLET
Jarak Bratislava ke Parndoff hanya 36 km atau sekitar 30 menit kita sudah memasuki gerbang Outlet terbesar di Eropa tengah ini.Bagi penggila Shopping waktu yang diberikan 3 jam barangkali tidak cukup bila di sini ditemukan outlet outlet brand dunia dengan harga yang discount sd 70 % lho. wow..
Beberapa brand ternama seperti Nike,Adidas, Polo,H&M,Onitsuka,O Bag dll.
Dan yang paling bikin mupeng Mba Adonia yaitu Brand Tas yang dikenal dengan nama O bag design yang full colour dan bahan dari Foam XL extralight.Saking penasarannya sampai 2x bolak balik ke toko ini.Brand Tas dari Italy ini jelas di Indo belum dikenal.
3 jam shopping di Outlet yang dipenuhi discount membuat waktu tidak terasa berjalan begitu cepat .Sampai makan pun ditahan untuk memuaskan nafsu belanja para emak emak kaki panjang.
Kami melanjutkan perjalanan ke Viena Austria untuk menikmati City Tour beberapa saat sebelum kita meneruskan perjalanan ke Brno (Cekoslawakia) .Kami tinggal di Brno selama 2 malam.



 to be continued













Tidak ada komentar:

Posting Komentar