Rabu, 03 Oktober 2018

CHINA TOWN MUSEUM BANDUNG..WISATA TEMPOE DOELOE NUANSA PECINAN ORIENTAL ...EDISI 7

Setelah dari Kawasan Punclut kita mau mampir di Paris Van Java Mall.Awalnya ada info di sampil Mall ada Taman Bunga Matahri ternyata setelah kami datang sudah dipugar.Akhirnya kami keliling Mall yang siang itu masih sepi.Rencana awal mau cari makan siang di sini tetapi gak ada yang tertarik makan di resto sekitar Paris Van Java.Akhirnya setelah keliling kami memutuskan kembali lagi makan di Rumah Makan Ma' Uneh..olala.serasa masih ada yang kurang menikmati makan ala sunda di warung Ma' Uneh.Habis dari Ma' Uneh saatnya kami menyilau destinasi pamungkas di Kota Bandung.
Bila Jl BRAGA BANDUNG kawasan Kota Tua pasti sudah sering kita datangi .Bukan saja bila menyilau Paris Van Java saat ada Pameran Pameran khusus disana pasti Jl Braga tidak terlewatkan.Tetapi kali ini kami mampir di sebuah destinasi yang bernuansa Oriental..Pecinan tempoe doeloe..
Bandung selalu bisa menghipnotis para wisatawan berkunjung ke kotanya dengan berbagai destinasi baru,kuliner baru,resto baru dan bermacam tempat hits yang mereka ciptakan karena memang orang orang Bandung itu kreatif lho..
CHINA TOWN MUSEUM
Destinasi ini masih cukup anyar dibuka bulan Agustus 2017 yang berada di Jl Klenteng No 41 Ciroyom Andir Bandung.Tidak begitu jauh dari Jl Cibadak salah satu sentra kuliner Bandung.
Beruntung Kota Bandung selama di tampuk pemerintahan Kang Ridwal Kamil begitu banyak perkembangan kotanya semakin apik,menarik dan kekinian.
Setelah membeli Tiket masuk saatnya kami menyusuri sejarah demi sejarah kawasan Pecinan Bandung bermula.
Kawasan Pecinan atau disebut juga  "Kampung Pecinan" yang sarat dengan nuansa Oriental.Serasa kita kembali ke masa lampau .
Kami sempat membaca sejarah bermulanya orang Tionghoa tinggal di Bandung.

Secara Historis: Bangsa Thionghoa pertama kali datang ke Indonesia melalui ekspedisi Laksamana Cheng Hoo (1405-1433).Dalam Wajah Bandung Tempoe Doele ,Kuncen Bandung menuturkan  warga Tionghoa migrasi ke Bandung saat Perang Dipenogoro(1825).Sebahagian besar warga Thionghoa tinggal di Kampung Suniaraja dan sebahagian Jalan Pecinan Lama dan th 1885 menyebar ke Jl Klenteng .Pecinan di Jl Klenteng akhirnya dibangun Vihara Satya Budi.
Selain di Pasar Baru kawasan Pecinan juga tumbuh di Jl Suniaraja dan Citepus 1914
Masuk di lokasi awal kita sudah disuguhi berbagai perangkat barang barang yang dipakai kaum Tionghoa jaman dulunya.Terlihat juga sejarah kuliner Nusantara khas Tionghoa al:Bakcang,Bakmi,Bakpao,Cahkwe

Dari depan terlihat museum ini terlihat kecil ternyata setelah masuk ke dalam sangat luas dan malah ada area publik dan berbagai kuliner tumpah ruah di central kawasan...
Perbagai pernak pernik khas Pecinan mewarnai kawasan yang instagramable.Banyak spot spot foto yang ece disediakan di setiap sudut demi sudut area China Town.
Bahkan berbagai kuliner khas Pecinan juga tersedia di kawasan China Town.Sayang kami sudah kenyang dari Ma' Uneh sehingga hanya menikmati spot demi spot buat selfie.Mereka juga menyediakan area outdoor dengan kursi kursi dan meja yang barangkali saat week end full.Beruntung kami datang di hari biasa dan pengunjung tidak begitu ramai.
Hampir 77 kios kios bergabung dalam kawasan China Town yang menghadirkan berbagai kuliner,souvenir,pernak pernik dan beragam product product khas Thionghoa.Sambil kita bersantai sejenak menikmati suasana pecinan di China Town Museum.Enin Tini juga janjian dengan gadisnya yang kuliah di Bandung dan tadi malam belum sempat bertemu.

Sementara Enin asik ngobrol dengan putri kesayangan dan kami ber4 masih semangat explore area demi area di China Town.Bagi yang hobi fotografi dan senang selfie disinilah tempat yang asik dan suport untuk hobi itu.Semua sisi dan area instagramable,penuh warna dan menarik.
Hari semakin sore saatnya kami harus siap siap menuju stasiun karena kepulangan ke Bekasi kita naik kereta Argo Parahyangan menjelang senja.Kami diantar ke stasiun Bandung untuk menunggu kereta yang akan membawa kami pulang sambil minum kopi dan istirahat .Semua sudah terlihat letih dan capek.Kereta on time sesuai jadwal .Saatnya untuk istirahat di kereta selama 3 jam menuju Bekasi.
Usai sudah travelling singkat De Nyonyah ke Paris Van Java.Cukup singkat hanya semalam tetapi destinasi demi destinasi yang lagi ngehits sempat kami datangi.
Lain waktu kita menyusuri destinasi Nusantara yang tak kalah indahnya..