Halaman

Sabtu, 20 Oktober 2018

SAAT IKASMANTRI85 KE KOTA LUMPIA DALAM BALUTAN ORANGE ..EDISI 2

Edisi Orange
1.Kuliner Soto Ayam Pak Darno
2.Klenteng Sam Poo Kong
3.Linette Bag
4.Paradise Batik
5.Resto SeleraIndonesia
6. Mesjid Agung Jawa Tengah
7.Kampung Batik
8.Kampoeng Jadoel Rejo Mulyo
9.BRI Semarang
10.KoenoKoeni Cafe & Galery
11.Simpang Lima Semarang 
Pagi hari kami menginjakan kaki di Kota Semarang yang terkenal dengan Kuliner Lumpiamya yang sangat lezat.
Setelah bertemu dengan Team BRI yang sudah ditugasi untuk menjemput kami di Airport Ahmad Yani.
Group I yang dari Halim bergabung dengan group 2 dari Soeta akhirnya kami mencari Sarapan pagi yang sudah diatur oleh team .Kuliner pertama kami bertemu dengan Nte Ibeth joint dengan group pagi yang habis sarapan memulai destinasi hari I di Semarang.
Trip Acara di Kota Semarang selama 3D2N sudah dibuat Itinerary antara saya ,Nte Ibeth dan Team BRI.Ada beberapa destinasi yang kita gabung atau malah dimajukan.Fleksibel sich tergantung minat dan keinginan teman teman selama trip berlansung.
Seperti Edisi Orange di Jumat berkah ini kami punya 11 destinasi dan kuliner sepanjang hari sampai malam jam 10an.Wow padat merapat.

1. KULINER SOTO AYAM PAK DARNO
 Kuliner ini berada di Jl MH Thamrin no 88 Miroto ,Semarang tengah.Soto Ayam Pak Darno atau yang biasa dipanggil Soto Pak No.Warungnya terlihat sederhana saja menyediakan Sate Ayam,Sate Kerang,Sate Telur Puyuh,Telur Pindang,Aneka Gorengan,Es Jeruk,Es Teh,Jeruk Panas dan teh panas.Sangat sederhana sekali.Tidak banyak ragam pilihan.Awalnya kita under estimate dengan rasa Soto ayam yang dihidangkan.Begitu banyak soto ayam berserakan di berbagai kota.Nach apa yang special di Soto Ayam Pak No ini.
  Setelah dihidangkan tiap orang mangkok demi mangkok .Soto ayam dengan kuah bening dan berbagai aneka gorengan dan sate kerang,sate puyuh ,telur pindang menemani makan soto kami.Rasa soto yang segar,gurih dan enak membuat beberapa teman nambah porsi lagi karena porsi 1 mangkok itu terlalu kecil kalau untuk bapak bapak.

 Malah disini juga menyediakan pisang goreng yang baru saja digoreng panas panas..hmm .Di Warung inilah kami bertemu dengan Nte Ibeth istri Om Afid yang menemani kami sepanjang hari ini karena Om Afid masih ngantor.
Tanpa disadari kami yang berkostum Orange hari ini ternyata seragam dengan kostum karyawan Warung Soto Pak Darno..oalah..Terlihat Om Pidin dengan anggota pelayan Soto Ayam Pak No..
 Selama trip di Semarang Om Afid menyediakan 3 Mobil yang membawa kami berkeliling di Kota Semarang dan sekitarnya membuat kami nyaman dan lega..Setelah dari Kuliner Soto Ayam Pak Darno kami sepakat meneruskan perjalanan ke Klenteng Sam Poo Kong sebelum nantinya para Bapak sholat Jumat di Mesjid.
 2. KLENTENG SAM POO KONG
 Sebenarnya Klenteng Sam Poo Kong ini sudah pernah saya bahas di Trip Keluarga ke Semarang tahun 2015.Tetapi ada baiknya kita ulang balik kisah Legenda Laksmana San Poo Tan Tjiey atau dikenal Cheng Ho yang berada di kawasan Bukit Simongan.
 Simak jejak th 2015 disini..
http://meciko.blogspot.com/2015/02/merah-merona-kelenteng-sam-poo.html

Dari Patung Raksasa LAKSMANA ZHENG HEE yang dibangun di Yayasan Kelenteng Agung Sam Poo Koong 29 Juli 2011 oleh Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo terlihat Autobiografi Laksamana Agung Zheng Hee (1371-1435) SANG DUTA PERDAMAIAN.

Laksamana Agung Zheng He Lahir di Kunyang -Yunnan Tiongkok Pada Th 1371.Di masa ke Kaisaran Yong Le,Dinasti Miing beliau memimpin Armada Muhibah mengunjungi negara negara di seberang lautan sebagai Duta Perdamaian.Pada Th 1405 Pelayaran Muhibah pertama beliau memimpin62 kapal Megah berangkat dari Suzhou ,Pelabuhan Liujiagang.Mengunjungi Champa,Sumatera,Palembang.Jawa,Srilangka dan Kalikut (India Barat).Dalam 7 kali pelayaran besar beliau telah berhasil mengunjungi pula,Selat Hormuz,Teluk Persi,Aden ,Afrika ,Mogadishu,Burawa(Somalia) dan Malindi(Kenya).Menurut Gavin Menzies,sejarahwan Angkatan laut Inggris sejumlah kapal dari armadanya dibawah pimpinan Hong Bao telah mencapai Benua Amerika th 1421.Beliau wafat th 1435 ditengah perjalanan pulang dari Kalikut.Jenazah beliau diperkirakan dihanyutkan di tengah laut .Tetapi ada pula yang meyakini bahwa beliau dikebumikan di Semarang..Waalahu alam...
Kawasan Klenteng Sam Poo Kong yang dipenuhi warna merah merona dipadu padan dengan kostum Orange kami yang cerah membuat paduan foto kami menjadi cerah merona.Di Klenteng inilah Nte Ninna dari Bandung yang datang belakangan sudah bergabung dengan kami
Bahkan saat kami keliling di Klenteng ini ketemu anak anak TK sedang bikin video  musik dengan pakaian aneka warna dengan thema Buah dan Bunga.Sempat kami berfoto dengan penerus bangsa ini di siang yang sudah mulai panas terik.Untung ketemu Pohon Beringin tua yang rimbun untuk melepas lelah kami setelah yang lain semua menyelesaikan explore kawasan Klenteng ini.
 Perjalanan di Klenteng kita lanjutkan ke wisata belanja.Nach ini yang ditunggu para emak emak yang hobi shopping.

3.LINNETE BAG
 Berburu dan shopping barang barang khas suatu kota disaat travelling memang sesuatu yang ditunggu tunggu .Apalagi ini baru datang kita sudah diboyong ke suatu kawasan Papandayan Semarang .Salah satu Toko Brand Tas Specialis anyaman colourfull. 
Kami datang malah toko mereka baru buka lho.Sehingga mungkin kita customer perdana di hari itu yang mereka layani.
Sepertinya Nte Ibeth sudah biasa membawa tamu tamu BRI dari luar Semarang ke sini.Terlihat product mereka khusus anyaman dari bahan Poliester.Bahan Poliester ini terkenal lembut,dan mudah dibuat anyaman sehingga hasilnya rapi dan padat.


 Berbagai warna eye catching menghiasi tampilan tas Linnete dengan berbagai model dan warna.Bahkan warna full colour mencuri perhatian saya.Ehh taunya malah Nte Rika yang terbius dan harus merogoh kantong lumayan dalam karena product mereka dengan banderol harga yang sebanding dengan mutu dan hand madenya.
Bahkan Om Pidin nyaris juga memboyong pulang buat putri& istrinya tetapi batal karena putrinya lebih senang pilih sendiri.Beberapa teman akhirnya terbius akan pesona dan keindahan warna Linnete Bag ini.Awalnya saya sempat naksir juga tapi sayang karena pulang dari East Europe kemaren sudah beli Tas jadi kali ini tutup mata yaa.
Habis dari Linnete Bag kami menyambangi salah satu Koleksi Batik terkenal di Semarang "PARADISE BATIK".
4. PARADISE BATIK
Batik Paradise ini sebenarnya Batik yang berawal produksi di Jogyakarta.Sementara di Semarang mempunyai Toko Outletnya di Jl Sultan Agung No 129 Gajah Mungkur.
Batik Paradise merupakan Batik Premium yang menampilkan ciri khas desain Kontemporer sehingga motifnya berbeda dibandingkan motif motif batik yang umum dipasaran.Malah model Batik Paradise ini seorang Ustad kondang Ustad Wijayanto yang bila berceramah di stasiun televisi beliau selalu menggunakan produk Paradise ini.Coba dech lihat.
Bahkan bila seseorang menggunakan Batik Paradise maka kita bisa menebak kalau ini produksi Paradise begitu specialnya motif yang mereka buat.
Nach di Butik ini baru saya sedikit bersemangat karena batik ini salah satu batik yang sering dipakai doi ke kantornya.Berarti bisa nambah koleksi baru disini nich.
Hanya beberapa yang tertarik memilih batik ini banyak dari teman teman duduk di kursi santai mereka sambil ditemani Minuman botol dingin dan cemilan snack ringan .Sementara kita pilih pilih tiba waktunya harus menunaikan Sholat Jumat sambil menuju Restoran Makan Siang .
5.RESTO SELERA INDONESIA
 Tidak jauh dari Outlet Batik Paradise masih di Jl Sultan Agung No 117 Gajah Mungkur kami dibawa menuju Restoran khas Jawa yang unik berada disebuah rumah besar yang sudah di sulap menjadi restoran Selera Indonesia.
Sementara bapak bapak sholat Jumat di mesjid yang tidak jauh dari resto ini.Maka Ibu ibu istirahat dan makan siang dulu serta sholat Jamak di resto ini sekalian. 
Sepertinya Resto ini berasal dari sebuah rumah tinggal yang besar ,sejuk,hommy dan bernuansa Jawa nan kental kemudian dijadikan tempat bisnis kuliner yang sekarang sedang menjamur dimana mana.
Apalagi resto ini mengusung konsep masakan khas Nusantara.Benar benar selera Indonesia sesuai dengan Nama restonya.Interior yang dipenuhi nuansa Jawa nan kental berisi perabotan kursi dan meja Jati menambah semakin kentalnya suasana Jawa di resto ini.
Berbagai menu masakan Indonesia dihadirkan dengan gaya ala Prasmanan dengan wadah besar dari tanah liat dengan beralaskan daun pisang.Beragam lauk dan sambal tumpah ruah di meja besar sambil mereka menawarkan jenis nasi yang mau dihidangkan ada Nasi putih atau Nasi merah.
Beberapa lauk Gudeg,orak arik,oseng oseng kikil,Ayam besengek daun pepaya,berbagai sambal mentah,sambal teri,sop,gorengan,kerupuk ,rempeyek udang dan teri serta berbagai aneka minuman dari hangat,dingin,juice.
 
 Sambil menunggu jumatan usai kami sholat Jamak dulu dan istirahat di lantai atas di ruang kamar yang sudah disulap menjadi Musholla.Rumah besar dengan ruang demi ruang ternyata bisa lho dijadikan bisnis kuliner.
Setelah para Bapak makan siang saatnya kami melanjutkan destinasi demi destinasi hari ini.Masih punya waktu separo hari lagi untuk explore Kota Semarang dari siang sd malam hari.
Ikuti terus trip kami di Kota Lumpia yaaa.

to be continued






 


 


 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar