Halaman

Selasa, 17 Oktober 2017

BAK NEGERI DONGENG 1001 MALAM BERADA DI RED SQUARE MOSKOW EDISI 5


Setelah kami puas menikmati Tulip tulip yang indah di Boulevard Garden VDNKh yang berada di Distrik Ostankinsky Moskow .
Tetapi diperjalanan tiba tiba TL mengajak kita menuju  kawasan Arbats dulu untuk shopping dana makan siang.Padahal ini jadwalnya harusnya malam.Kami kemaren pernah mendengar selintas kalo Group Mbak Nani,Mbak Anna mau ketemu Duta Besar Indo untuk Rusia yang merupakan adik kelas mereka di UGM.Coba kalau tau kita bisa foto bareng lho dengan beliau..sayang...hikss
KAWASAN ARBATS
 Jalan Arbats sepanjang 1 km menghubungkan simpang Smolenskaya dan Arbatskaya.Ternyata banyak gedung perkantoran berada di sekitar Arbats.Kantor Kementrian Pertahanan,kantor Kementrian Luar Negeri Federasi Rusia.
Bahkan Jl Arbats tempat berkumpulnya seniman seniman ,pelukis jalanan,pemain musik,akrobat dll. yang bisa memamerkan keahliannya diantara pejalan kaki di pedestrian Arbats.
Saya dan Onty Vivi mampir di Toko Brand Hard Rock untuk mencari Kaos buat si brondong brondong di rumah.Sementara teman teman mampir di Resto My My mencicipi makanan lokal Moskow.Kami masih menunggu lama sambil makan Ice Cream .Karena toko toko dengan brand ternama Rusia dan juga souveni Rusia asli dan hand made pasti mahal.Jadi kita hanya bisa menikmati etalasi product Rusia saja  yang pasti mehong.
Saatnya kami melanjutkan perjalanan ke Alun Alun Rusia persisnya berada di jantung Kota Moskow yang terkenal dengan Red Square (Lapangan Merah).
Lapangan Merah (Bahasa Rusia Krasnaya Ploshchad) merupakan alun alun yang berada di samping Kremlin,Moskow.Kremlin dan Red Square Moskow merupakan Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO (1991).
 
Bagai mimpi bak seorang putri Raja saya bisa menginjakan kaki di tengah Moskow.Red Square hanya bisa di lihat di post card yang paling dominan selalu terpajang bila kita melihat Post Card Rusia.Tetapi hari ini saya sampai menginjak kaki di Negeri Beruang Putih .Bagai mimpi jadi kenyataan .Seakan akan tidak percaya mata bisa melihat begitu indahnya pemandangan di depan mata.Seperti Negeri dongeng 1001 malam  dengan puluhan bangunan dan istana berarsitektur seni maha karya.Subhanalloh..“Fabi’ayyi ala’i rabbikuma tukazziban :MAKA NIKMAT TUHANMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN
Ada beberapa destinasi yang paling ngehitss berada di seputaran Red Square al:
1. Red Square (lapangan Merah)
2. Tembok Kremlin
3. Catedral St Basil
4. Musem Sejarah Negara
5. Mal GUM
RED SQUARE(LAPANGAN MERAH)  


Red Square(Lapangan merah) tepat berada di jantung kota Moskow disebut sebagai alun alunnya Kota yang sangat tersohor.Dalam bahasa Rusia Krasnaya Ploshchad yang berarti Krasnaya arti merah  dalam bahasa Rusia kuno berarti indah.Lapangan yang berbentuk bujur sangkar seluas 244.000 meter persegi.
Lapangan merah sudah berdiri sejak akhir th 1493 dengan berbagai peristiwa bersejarah pernah terjadi di Red Square . Awalnya dirancang sebagai pasar di tengah kota dan berkembang  menjadi lokasi berkumpul.pidato kenegaraan dan malah tempat eksekusi...ihh sereem..

Tetapi beberapa tahun terakhir konser musik dunia malah tampil disini sebut saja seperti Red Hot Chilli Peppers, Shakira, Paul Mc Cartney.
Apalagi Red Square dikelilingi oleh gedung gedung berarsitektur indah dan membuat kagum para pelancong yang menginjak kaki di lapangan merah.           
Lapangan merah bersebelahan dengan Kremlin yang berada di sisi barat .Warna merah menyolok dari bebatuan beton merah membuat suasana Red Square makin membara apalagi mengenang sejarah dan politik Rusia dulunya sebagai Negara Komunis.Area Red Square sengaja dirancang untuk area pedestrian jadi hanya pejalan kaki yang bisa memasuki area nan luas ,cantik dan megah ini. 

ISTANA KREMLIN 
Kremlin merupakan benteng tembok berwarna merah yang sangat bersejarah berbatasan dengan sungai Moskow di selatan,Catedral St Basil dan Lapangan Merah di sebelah Timur serta sebelah Barat berbatasan dengan Taman Alexander.Dengan luas 27,5 Ha memiliki 20 menara salah satunya Menara Spasskaya     yang mempunyai tinggi 67,3 meter dengan diameter 6 m.Dulunya merupakan tempat kediaman para Tsar Moskow.Sekarang Kremlin menjadi kantor Presiden Rusia.Benteng Kremlin menjadi wisata Arsitektur  paling ngehits di Rusia,wisata Politik dan yang pasti wisata Sejarahnya.Kami tidak mengexplore Kremlin sampai detail karena kami terkesima dengan Katedral St Basil yang seperti kelopak bawang dengan pesonanya menyihir kami untuk mendekat dan beberapa kawan memasuki ruangan Katedral St Basil.
Kremlin Wall dr Red Sqaure
KATEDRAL ST BASIL
Kami lebih terkesima lagi melihat Katedal St Basil yang penuh warna warni menggoda dengan 9 kubah yang dinamakan juga Katedral Pokrovsky.Kubah megah dengan aneka warna warni seperi bawang yang menjulang tinggi ke langit nan biru.Katedral St Basil merupakan bangunan Gereja Orthodok Rusia menjadi salah satu Bangunan Heritage yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO 
Katedral St Basil 

Katedral St Basil dibangun sekitar tahun 1551-1561 oleh Tsar Rusia(penguasa) yang sangat seram Ivan The Terrible .Tujuan dibangunnya Gereja orthodok ini dengan berhasilnya Bangsa Rusia menaklukan Kazan yang dikuasai Bangsa Tartar -Mongol.Kazan merupakan Basis Umat Islam yang belum tergabung dengan Rusia.Jatuhnya Kazan dibawah penaklukan Tsar Rusia ini merupakan puncak  titik kemenangan Rusia .
Jadi Gereja ortodok ini dibangun sebagai simbol atas penaklukan Kazan masa Ivan terible .Kubah Mesjid di Kazan salah satu menginspirasi kubah kubah indah Katedral St Basil .Dan yang paling identik kalau itu Gereja Orthodok dengan adanya salib terpampang jelas diatas kubah kubah indahnya.
Dibalik kisah dibangunnya gereja orthodok  merupakan salah satu simbol  Arsitektur Tradisional Rusia ini pasti akan bertanya tanya siapa arsitektur bangunan super indah dan unik ini. Ivan Barma dan Postnik Yakovlev merupakan orang yang berjasa dibalik megahnya bangunan indah ini.Tetapi dibalik kisah dan hasil karyanya yang spektrakuler Ivan lalu sengaja membutakan mata mereka sehingga mereka tidak bisa membuat bangunan yang menyerupai St Basil lagi...duhh miris bangetss ya...
Nanti setelah saya mengitari Rusia selama 12 hari akan bisa membuktikan kenapa kubah kubah gereja gereja Orthodok Rusia sangat  mirip dengan kubah Mesjid.kita buktikan saja ya...
Membaca sejarah Kazan yang sangat  erat kaitannya dengan Rusia membuat saya semakin penasaran tentang Kazan.Apalagi saat kami menuju St Peterburg Om Teddy  melanjutkan travelling bisnisnya ke daerah Kazan yang dipenuhi dengan bangunan " Islam...pasang niat dulu yachh..
 Monumen Minin And Pozharsky 
Persis  di depan Katedral St Basil kami menemukan Monumen dengan 2 patung yang dibuat untuk mengenang  Pangeran Dmitry pozharsky dan Minin  yang berjasa menyatukan tentara  sukarelawan untuk mengusir musuh dari Kremlin .
Walau ada waktu untuk masuk dan mengitari Katedral tami kali ini kami hanya menikmati dari luar saja.Sementara beberapa teman ada yang masuk dan mungkin ada yang ibadah juga untuk penganut ajaran Kristen Orthodok.Terlihat sepasang penganten mengabadikan moment bahagia mereka di depan Katedral St Basil.Indah benar benar indah nian..
MUSIUM SEJARAH NEGARA (MOSCOW STATE HISTORICAL MUSIUM)
Musium ini merupakan musium bersejarah yang letaknya berseberangan dengan Katedral St Basil.Berada disekitar Red Square dengan bangunan dominan merah bata membuat bangunan ini sangat megah berdiri kokoh.Di dalamnya berisi peninggalan sejarah Rusia yang dibangun sejak th 1872 yang berisi promosi benda benda sejarah Rusia.Museum yang menampun g benda benda purbakala peninggalan barang barang berharga dinasty Romanov.
Sementara diujung sana terlihat Voskresensky (Resurrection) Gate.Gerbang  yang dibangun th 1535 untuk memasuk Red Square dengan 2 kubah dengan keruct berwarna hijau.Tidak berapa jauh dari Resurrection gate kita bisa melihat keindahan bangunan mungil yang ternyata bernama Kazan Catedral.Berdiri th 1630 bangunan kecil dengan teralis besi dengan warna kombinasi pastel dan Biru  langit.Walaupun bangunannya mungil tetapi keindahan warnanya menjadi mencolok di seputaran red Square.
Tidak berapa jauh dari Resurrection gate kita bisa melihat keindahan bangunan mungil yang ternyata bernama Kazan Catedral.Berdiri th 1630 bangunan kecil dengan teralis besi dengan warna kombinasi pastel dan Biru  langit.Walaupun bangunannya mungil tetapi keindahan warnanya menjadi mencolok di seputaran Red Square.
MALL GUM (GLAVNY UNIVERSALNY MAGAZIN)

Departement Store yang sangat populer yang berada di area terkenal Red Square yaitu GUM Mall.Mall terbesar dan tertua yang dibangun sekitar th 1890-1893.Desain arsitektur dengan atap kaca dan kerangka baja.Bangunan arsitekturnya bagaikan Mall berbentuk Museum.Bayangkan kita berada di Mall tetapi serasa seperti berada di Museum.
 Departement Store GUM sebelum revolusi 1917 terdapat 1200 toko.Tetapi th 1928 GUM berubah menjadi gedung perkantoran oleh Stalin.Th 1953 kembali menjadi Departemen Store.Sampai sekarang ada 200 Toko dengan brand brand ternama dunia.Apalagi Moskow merupakan trend setter Fashion untuk Eropa Timur..
Selain kami berburu Ice cream Mal GUM bukan berarti kami gak bisa belanja disini.Walau dapat pernak pernik kecil tapi ada kantong yang dibawa pulang..jiaaahh.
Kami diberi waktu yang cukup lama lho untuk explore seputaran Red Square bahkan di samping Mall GUM juga ada Kedai Kopi Starbu.. buat berburu menchandise dan juga Thumbler  buat oleh oleh keluarga.Bayangkan saja saking capenya sudah pada letih menunggu kawan" di seputaran Red Square lho..hikss.Puas sudah kami berkeliling daerah paling ngehitss sampai kaki pegel dan badan loyo baru kami melanjutkan perjalanan ke tempat lain.


 to be continued




http://meciko.blogspot.co.id/2017/10/shopping-kalap-dan-wisata-sejarah-di.html






   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar