Halaman

Jumat, 20 Oktober 2017

KAGUM MENGINJAK KAKI DI MESJID AGUNG MOSKOW TERBESAR EROPA ..EDISI 7

https://meciko.blogspot.co.id/2017/10/shopping-kalap-dan-wisata-sejarah-di.html
Perjalanan kami dilanjutkan setelah puas shopping manja di Pasar Ismailova.Jadwal destinasi kita menuju Distrik Area Bisnisnya Moskow.Jangan hanya dikira Moskow enyimpan segudang bangunan berarsitektur kuno Rusia.tetapi Moskow juga mempunyai Distrik Bisnis yang berada di dekat jalan Lingkar ketiga di distrik Presnensky dari Moskow barat.
Pusat Bisnis International yang sedang dalam tahap pembangunan,Walau banyak terlihat area area dalam tahap pembangunan tetapi sudah terlihat bangunan pencakar langit sudah menghiasi Kota Moskow di depan mata kami.

Berada di area Bisnis  serba Modern Moskow membuat decak kagum tidak saja bangunan kuno bersejarah cukup tinggi tetapi Rusia juga mengikuti kemajuan tehnologi modern.
Puas mengitari area bisnis Moskow yang berada di tepian sungai Neva .Kami melanjutkan perjalanan hari ini ke Mesjid terbesar di Benua Eropa.
Mesjid Agung Moskow 
Mesjid Agung Moskow atau dikenal dengan Moskovskiy Soborniy Mecet diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin yang merupakan Mesjid terbesar di Eropah lho.Mesjid megah yang dapat menampung 10.000 jemaah yang dulunya dikenal dengan Mesjid Katedral tahun 1904 yang di rancang oleh Arsitek Nikolay Zhukof Terasa sedikit aneh nama Mesjid dinamakan  Mesjid Katedral.Ternyata karena penduduk mayoritas beragama Kristen Ortodok Rusia terbiasa menamakan Gereja yang besar di sebut Katedral sehingga Mesjid pun mereka namakan juga Mesjid Katedral.Mesjid Sabornaya atau Mesjid Agung yang memang berfungsi sebagai mesjid utama di Moskow.
Kagum,bahagia dan terharu bercampur aduk di hati kami khususnya dengan teman teman muslim di Hari penuh Barokah Jumat setelah umat Islam melakukan sholat Jumat kami bisa mampir ke Mesjid Agung dan melakukan sholat Jamak .Dari awal memasuki pelataran Mesjid ,ambil wudhu dan memasuki area sholat khusus wanita.Rasa kagum  sudah sangat kuat menghampiri kami.Apalagi ketemu dengan kaum Muslimah dunia,wanita Rusia,China dan beberapa negara yang sedang berkunjung ke Moskow.
Tahun 2011 dilakukan rekontruksi terhadap Mesjid Katedral yang kemudian th 2015 diresmikan Presiden Rusia beserta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.Warna Putih dan kombinasi Biru cerah mendominasi wajah megahnya Mesjid Agung.Sementara kubah dan pavilionnya terbuat dari emas 12 kg.Kubah setinggi 46 meter  dan menara dengan tinggi 74 m berhiaskan bingkai ukiran ayat ayat Al Quran.
Habis sholat kami masih bisa mengitari area Mesjid dan foto foto di pelataran luarnya juga.Sempat beredar di Indo video saat peresmian Mesjid Agung Moskow dengan kemeriahn dan pesta buah buahan beragam jenis buah tersedia  sepanjang pelataran mesjid depan sampai ke pintu masuknya Mesjid Agung..Subhanallah indahnya....
Sementara kami sholat dan explore Mesjid Megah nan Agung ini.Kawan kawan Non Muslim dan yang sedang berhalangan (datang bulan) menghabiskan waktunya makan siang dan ngopi cantik di Restorant tidak begitu jauh dari Mesjid Agung.Indahnya tenggang rasa dan tepa salira dalam group kami(Rusia4).
Betapa kagumnya kami khususnya Umat Muslim berada di negara Komunis malah mempunyai Mesjid yang sangat indah dan sesama umat saling menghargai dan saling menghormati antar umat beragama..Hari makin siang saatnya kami melanjutkan perjalan ke destinasi Tsaristsyno Park.









 
to be continued
 http://meciko.blogspot.co.id/2017/10/jelajah-stasiun-metro-moskow-tercantik.html

2 komentar: