Halaman

Minggu, 07 Juni 2015

BERATNYA PERJUANGAN NIAT UNTUK PINDAH KUADRAN..


Berada  di zona aman/comfort zone  selama hampir 25 tahun(Bayer 13 tahun,JHHP 11 th,4 bulan) pasti akan membuat semua orang terlena.Gimana  gak terlena dengan porsi kerja yang tidak butuh tuntutan tinggi karena hanya level administration Spv.Sehingga  tidak banyak tantangan untuk menapak jenjang karir ke arah yang lebih tinggi.

Seperti pernah saya bahas saat last Day di JHHP  
http://meciko.blogspot.com/2014/06/saat-saat-terakhir-dengan-blue-shirt-in.html
Disamping itu memang keinginan di keluarga kami  kalau istri hanya untuk support bukan bekerja mencari karir tinggi  & materi .Akibatnya teman” kantor yang seangkatan sudah menduduki jabatan lebih tinggi  di atas malah ada yang selevel Plant Manager.Saya masih nyaman dengan level admin yang notabene gampang saja diganti...tapi fasilitas tetep selevel plant manager donk ..jiaahh..gak mau kalah niye
Saking nyaman dan terlenanya sudah 25 tahun bekerja sebagai karyawan (alias buruh pabrik) ehh bener lho buruh Pabrik Baygon dan Autan…
Berawal dengan rezeki kami Tahun 2011 pas saat ulang Tahun 30 Oktober  diberi hadiah ultah  Tanda jadi  Ruko..persis di tgl itu Tanda Order Ruko kami keluar..
 Akhirnya Alhamdullilah  bisa memiliki Ruko Asia Tropis 3 lantai  AT16 No 15  yang terletak di Jalan utama Boulevard Harapan  Indah tidak jauh dari Pasar Modern Harapan Indah.
Sudah hampir 2 thn(2012-2014) kosong tidak diisi bahkan juga tidak ada niat untuk  disewakan.Sejak awal memang niat ruko ini akan dipakai bila sudah pensiun dari kerja nantinya(maksudnya pensiun normal 55 th).saking cuek gak pernah dilihat apalagi ditengok...sadisss cueknyaaa..
Sampai awal 2014 terbersit niat untuk secepatnya isi ruko tapi dengan product apa bisnis apa?? .Ide bergulir terus menerus dari ide untuk Franchise makanan,Kue,Franchise Mini market.Apotek 24 Jam ,Toko Bahan listrik,Toko Busana Muslim .dll.berbagai acara Pameran Franchise pernah kami kunjungi dengan membanding bandingkan semua product dan pastinya budget yang harus disiapkan.
Dibalik budget dan Bisnis yang akan dibuat yang paling menakutkan adalah saat berpindahnya posisi saya dari karyawan (Employee:E) harus berpindah ke kuadran kanan sebagai Businnes Owner (B) .Kelihatannya gampang dan sepele.Tapi butuh waktu dan kesiapan mental untuk siap resign dari Perusahaan besar dan ternama.Pindah kuadran merupakan istilah yang sangat popular dari buku best seller Rich dad,Poor dad karangan Robert T Kiyosaki
ROBERT KIYOSAKI's CASHFLOW QUADRANT
Nach saat alih profesi (pindah kuadran) dari buruh(karyawan) yang selalu menerima gaji bulanan puluhan tahun menjadi pengusaha (Businnes Owner alias entrepreneur )yang harus menentukan sendiri bisnis yang akan dijalani menjadi manusia yang mandiri..sesuatu yang butuh mental dan nyali yang kuat.

Setelah diskusi dengan doi pastinya , anak" yang sudah beranjak remaja,dengan keluarga besar terutama inputan dan nasehat Mama akhirnya niat semakin bulat untuk menetapkan diri resign di akhir April 2014.
Ada satu kata bijak yang saya yakini: 

3 P KEHIDUPAN ( PILIHAN,PELUANG,PERUBAHAN)
Anda harus membuat PILIHAN ,untuk mengambil PELUANG, 
atau Hidup Anda tidak akan pernah mengalami PERUBAHAN

Nach sekarang apa bisnis yang harus dijalani.Berbagai buku buku peluang bisnis saya beli di toko Buku akhirnya kembali kepada Hobi,Minat dan passion saya apa??..
Bisnis yang harus dijalankan haruslah sesuai dengan hobi,minat ,bakat dan passion kita bukan ikut ikut trend saja.
Pernah kami mau kerja sama dengan salah satu Busana muslim terkenal yang perancang busananya berasal dari Ranah Minang.Setelah baca konsep sebagai sole Distributor Bekasi kok sepertinya tidak cocok dengan  kami.Karena konsepnya Product  mereka kita jual seharga 80 jt dengan disc tertentu  dan total Franchisenya 150 an jeti tetapi bila barang tidak laku tidak dapat ditukar atau dikembalikan..wah ini sama dengan kita jual product mereka bukan sebagai Sole Distributor.Maaf konsep kita berbeda...jiwa bisnis Padangnya jalan...
 Sampai  akhirnya saya menetapkan pilihan untuk Bisnis Alat Tulis Kantor,Fancy,Kado dan Stationery.Berbagai sumber dan kisah kisah inspiratif saya baca buat spirit dan motivasi sampai akhirnya sehabis Lebaran Iedul Fitri 1434 H (Th 2014) saya main ke Kota Pekanbaru kota dimana 2 adik" dan keluarga  tinggal dan menetap disana.Kota Pekanbaru kota yang sedang berkembang pesat dan dipenuhi ribuan ruko" bisnis.
Selama seminggu saya ATM (Amati,Tiru,Modifikasi)... termasuk mampir ke Mini market pengusaha sukses sepasang kawan lama Kimia85 Risnanda dan Yum .Sambil silaturahim dan sambil belajar memantau situasi dan kondisi mini market mereka di kota PKU ini.
 Pilihan Bisnis ini saya  anggap tepat,jitu dan mantab karena puluhan tahun berkecimpung dengan admin pasti familiar dengan ATK dan Stationery.Hobi dan Passion saya senang jalan,travelling dan mencari pernak pernik Fancy dan Souvenir sampai ke negara" luar membuat modal awal yang cukup menjanjikan.
Puluhan toko Fancy,kado kami datangi di PKU tidak sekedar lihat jalan jalan, nyuri foto juga kadang keluarga adik" harus beli barang-barang yang mereka senangi..
Cukup 1 minggu Training lapangan di PKU untuk secepatnya sampe di Bekasi siap bekerja dari nol.
 Sebelum ke PKU pun saya juga sedikit banyak belajar Bisnis dari mini Market Omma Swalayan notabene dimiliki Uni Ed di Pdg satu di samping rumah mama dan satu lagi baru operasi di daerah Siteba.Banyak belajar dari trik trik display,tata letak,aliran jual beli ,rak rak barang dll.
Habis lebaran malah saya dan Naufal sempat main ke Singapore tak lupa kami larak lirik style dan product" Fancy Shop di negeri Singa ini.
Sempat main ke Semarang Solo masih tetap mata tertuju dan mencari cari product product Fancy ,kado yang sedang digandrungi di berbagai kota.
 Berbagai Kota dan toko toko kami datangi agar benar benar mantab dan yakin bisnis apa yang akan saya geluti.

 Akhirnya di bulan September sudah membulatkan tekad dengan memberi Nama
 "TOKO CHIKO ATK& FANCY " Menjual ATK.sekolah,stationery,fancy dan kado.

to be continued.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar