Halaman

Minggu, 28 Juni 2015

PERPANJANGAN PASPORT ON LINE MUDAH CEPAT LANCAR



Nach kali ini saya share cerita  tentang perpanjangan passport yang sudah habis April 2015.Berawal dengan saking patuhnya ikuti anjuran Doi untuk perpanjangan Pasport lansung saja datang alias on the spot  ke Kantor Imigrasi Jakarta Utara yang berada di Kelapa Gading berbuah “ Tragedi Pasport”.
Pasport kami ber4 Saya (Mamanya…) Hanif , Faras dan Naufal berbarengan habis masa berlakunya April 2015 .Naufal sudah lebih duluan ngurus perpanjangan Pasport di KBRI Jerman di Berlin sementara Faras Pasportnya hilang setelah pulang dari Backpacker Thailand dengan konco konconya.harus membuat Surat Kehilangan dari Kantor Polisi Wilayah  Kec Medan Satria yang berada di Harapan Indah…
Saat  Faras  libur kuliah  dan Hanif   harus ijin ke wali Kelasnya “Ijin Gak masuk kelas”  untuk perpanjangan passport. Jam 5 pagi kami sudah keluar dari rumah untuk lansung menuju Kantor Imigrasi Jakarta Utara yang berada di Kelapa Gading.Surat Keterangan hilang dari kantor Polisi untuk Faras sudah ditangan.Semua dokumen sudah tersusun rapi di Map Plastik .
Perjalanan pagi hari kerja kami lalui sangat padat menuju Kelapa Gading tambah lagi alamat Kantor Imigrasi nya sudah pindah dari Ruko dulu  ke Kantor Resmi Imigrasi Kelapa Gading.
Mencari alamat lengkap 

Jl. Boulevard Artha Gading Blok A No. 5-7, 22-24, Kel. Kelapa Gading Barat Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kode Pos 14240 DKI Jakarta  Telp: (021)-45850340 Faks: (021)-45847160 HP: 083876258982 Email: kanim.jakut@gmail.com Website: jakartautara.imigrasi.go.id

Kami sempat mutar mutar di sekitar Mal Artha Gading sampai harus balik arah lagi ternyata berada persis di samping kiri depan Mall Arta Gading berada di jejeran Ruko” pojokan lagi nyaris tidak terlihat Papan namanya dari samping.
Pas kami parkir dan sampe ternyata Kantor Imigrasi sudah penuh berjubel untuk antri di loket.Informasi Security untuk manual lansung datang sudah “tutup” dari jam 6 pagi.Karena antrian nomor sudah mulai diambil dari jam 4 pagi infonya ..alamaaakk.
Sementara kami sampe sudah Jam 7 lewat karena macet ..Waduh kecewa berat tambah lagi Hanif sudah ijin gak sekolah.Setelah telp doi menyarankan lansung menuju Kantor Imigrasi Bekasi di Belakang Stadion  Bola Bekasi.Karena sudah kepalang niat kami akhirnya menuju Bekasi .Biar cepat kami mengambil arah Toll Bekasi Barat .
Sampai di  Kantor Imigrasi Kls III Bekasi lagi lagi  kekecewaan yang di dapat karena No Antri sudah habis dari Jam 6 pagi.Kecuali untuk Antrian On Line masih bisa daftar.
Duh duch kesal berat dengan anjuran salah  harus  mengikuti “Perpanjangan passport Manual”…sedih..kecewa..kesel…semua berkecamuk padahal Cara Online sebenarnya sudah tahu tapi gak diikuti…ortodok bingits sic….
Hampir 5 minggu Dokumen tersimpan manis  di rumah saja tanpa niat untuk mengurus kembali Pasport yang sudah mati dan habis..Niat kembali muncul setelah kami ber2 Hanif butuh passport bila saat Acara ultah Doi harus jalan keluar.wwwngarepdotcom
Tgl 22 Mei 2015 saya mulai melalukan Proses Perpanjangan on Line.
1.REGISTRASI ONLINE
Lakukan Registrasi online di www.imigrasi.go.id
Setelah masuk lakukan pilihan “Pra Permohonan Personal”

-Isilah data yang dibutuhkan semua yang ada tanda * nya ,lalu LANJUT.Sampai mendapat Konfirmasi pembayaran uang yang harus dibayar di BNI.
Cetak Tanda Terima Permohonanuntuk dibayarkan melalui Bank BNI.
-Lakukan pembayaran di bank BNI sejumah biaya perpanjangan paspor:
@ E-Pasport (Pasport Elektronik) Rp 655.000
@Pasport Biasa 48 Hal Rp 355.000
@ Pasport biasa 24 Hal Rp 155.000
Datang ke Teller Bank BNI hanya diberikan batas waktu 5 hari kerja sejak kita melakukan permohonan online tadi.
Setelah dapat Tanda pembayaran dan No Referensi dari bank BNI. 


_Kembali masuk ke website Imigrasi (dari Email Balasan Dirjen Imigrasi) lanjut atau link yang masukan Jurnal bank yang tertera pada kwitansi pembayaran..
-Pilih tanggal kedatangan yang tersedia.
Kami waktu itu memilih Hari Rabu sebelum Hanif Ujian Semester pada tgl 3 Juni 2015.
KANTOR IMIGRASI KELAS III BEKASI  
JL AHMAD YANI NO 2 BEKASI (KOMPLEK STADION GOR BEKASI)
telp (021)88968018
-Hari kedatangan sesuai pilihan tgl kedatangan dan Jam kedatangan 08.00-15.30 WIB
Siapkan semua dokumen dengan Fotocopinya berukuran A4 tanpa dpotong biarkan tetap 1 ukuran kertas A4 al:
1.Foto Kopi KTP
2. Foto kopi KK
3. Fotocopi Pasport Lama
4. Foto copi Akte Kelahiran
5. Foto Kopi Surat Nikah (diperlukan buat anak dibawah umur 17 th)
Nach siapkan aslinya untuk validasi oleh petugas.
Masukan secara rapi di Binder Map Plastik sehingga tidak tercecer .
Kai terpaksa hanya berdua Hanif saja yang bisa Daftar On Line karena Faras butuh Pengajuan Special karena Pasportnya Hilang dan Expired.
Jam 6 kami sudah berangkat dari rumah menuju Kantor Kanim III Bekasi yang berada persis dibelakang Stadion Bekasi.Pas Jam 7 kita sudah sampai disana terlihat antrian Manual sudah ramai.
Kami lansung menanyakan ke petugas untuk antrian On Line lansung bisa masuk ke dalam ruangan
Petugas memberikan Kerta Pengisian untuk Perpanjangan passport bagi anak dibawah umur 17 th.
Ada info harus didampingi ke2 orang tua.Ternyata yang dibutuhkaN hanya KTP asli dan Fotokopi Bapak dan Ibu kandung serta Surat Nikah asli&Fotokopi serta Surat Kuasa yang bisa ditanda tangan oleh salah satu Orang tua kandung Pemohon dan siapkan 4 lembar Materai Rp 6000  untuk surat kuasa yang saat beli di warung pojok Rp 8000 tau gitu bawa  dari toko…
Legaa dech karena doi gak bisa menemani Hanif karena pas ada Techinical meeting pagi ini di Pabrik.
Setelah semua berkas rapi dan dicek petugas barulah kami diberikan No antrian..Kebetulan saya dan Hanif  mendapat Antrian B003 & B004 setelah pasangan suami istri di depan kami.
Petugas saat mencek data dokumen fotocopi harus menyerahkan Dokumen Aslinya kemudian kami diberikan Map Kuning “Free’.Sambil menunggu No antrian Online hanya sebentar kami lansung dipanggir setelah Loket resmi dibuka.

@ Saatnya panggilan dan cek dokumen Foto,Cap Jari dan wawancara..
Wawancara hanya sepintas ditanya mau pergi kemana  urus passport..Hanif senyum senyum aja padahal pengen bilang mau pergi ke tempat Abang ke Berlin jiaaahhh…
Setelah selesai Foto dan cap Jari tangan …Selesai dechh..Semua rapi dan cepat dan teratur.

Tau begini mending dari awal kita menggunakan Perpanjangan passport On Line…
Salut buat Petugas Imigrasi Bekasi yang bekerja Profesional dan disiplin…
Kemudian Pasport akan dilakukan pengambilan tgl 8 Juni ( 5 hari kerja) di loket I yang sudah diberi Stempel pengambilan di Kertas Bukti Pembayaran Imigrasi bank BNI.
Pengambilan Pasport bisa kok diwakilkan asal bawa KTP dan KK Pemohon .Waktu pengambilan Hanif hanya saya wakilkan saja.
Horeee..akhirnya Pasport sudah ditangan siap siap untuk Travelling 

6 komentar:

  1. Mbak...Mohon pencerahannya ya..bagaimana cara melakukan pengisian form online untuk anak umur 4 tahun ya..soalnya di web imigrasi tidak di perbolehkan pengisian form di bawah 17 tahun..thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi seperti permohonan orang dewasa dan data pki data orang tua kemudian saat d imigrasi baru isi surat kuasa bermaterai d KTP asli ke2 ortu , surat nikah .. Silahkan coba lagi

      Hapus
  2. Bagaimana isi surat kuasa krn salah satu org tua tdk bisa hadir saat foto y, mba? Kebetulan suami sy berhalangan hadir sampai bln dpn.. sdgkan hrs foto dalam minggu ini..

    BalasHapus
  3. Kalo surat kuasa buat anak tanpa foto mbak.yg penting ttd tgn bapaknya.tp kalau foto ya harus datang sendiri.

    BalasHapus
  4. Bisa gk ktp daerah bikin paspor d kantor imigrasi jakarta utara...

    BalasHapus
  5. saya belum pernah coba sich kalau dari KTP daerah...

    BalasHapus