Halaman

Jumat, 30 Januari 2015

KISAH SEDIH IBU" MANJA BERAKHIR DI LEMPUYANGAN ..(11)

Gerimis minggu siang seakan membuat Jogya gak rela melepaskan kepulangan kami kembali ke Kota Bekasi.Bus rombongan sudah sampai di Stasiun Lempuyangan (LPN)..Stasiun tempat kereta yang membawa kami pulang ke rumah.
Setelah mengucapkan salam berpisah denga group Travel yang mengurus kami selama di Kota Jogya dan Magelang.Ibu" sudah siap dengan tentengan barang" ,Tas dan oleh" yang berjubel.
Bukan Ibu" kalau tidak shopping kalau melakukan perjalanan wisata.
Hmm  ntar kita bahas tentang Stasiun Lempuyangan ini dulu ya...

STASIUN LEMPUYANGAN (LPN) berada di Kota Jogya di Kecamatan Danurejan yang berjarak sekitar 1 km di sebelah timur Stasiun Utama Stasiun Tugu.Stasiun ini didirikan th 1872 yang melayani pemberhentian dan keberangkatan KA Ekonomi .Walaupun sudah sangat lama didirikannya tapi saat ini Stasiun Lempuyangan cukup kondusif untuk fasilitas yang sudah dipunyainya.Berbeda dengan stasiun kereta api lain di Jawa yang umumnya baru melayani pemberhentian rangkaian ekonomi setelah kebijakan pemisahan pelayanan stasiun untuk penumpang KA ekonomi dan non-ekonomi, stasiun ini sudah sejak lama dijadikan tempat pelayanan KA ekonomi yang diberangkatkan dari Yogyakarta. Dulu, ketika semua KA ekonomi lain masih diberangkatkan dari Stasiun Tugu Yogyakarta, stasiun ini sudah menjadi titik keberangkatan KA Empu Jaya jurusan Jakarta Pasar Senen (sekarang berganti nama menjadi KA Progo) dan KA Argopuro jurusan Banyuwangi Baru (sekarang menjadi KA Sri Tanjung).
Selain melayani penumpang KA ekonomi jarak jauh, stasiun ini juga melayani penumpang KA Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan-Palur.
Di dekat stasiun ini terdapat rel yang menuju Balai Yasa Yogyakarta, yaitu bengkel KA yang terbesar di Pulau Jawa. Rel antara Stasiun Lempuyangan dan Balai Yasa Yogyakarta adalah jalur yang cukup unik, karena menembus perumahan penduduk dan berbaur dengan gang-gang di perumahan itu.

Saat kami menunggu dan duduk bangku" luar yang rapi dan sangat banyak berjejer.


mecikoblogspot



Sayangnya Ibu" tidak mengukur kemampuan dan kesanggupan saat belanja karena kita harus naik KA Ekonomi lagi .Sempat heboh dan miskomunikasi  saat mencari porter  barang.Hati" gunakan juru angkut yang resmi dengan No dan baju resmi dari Stasiun.
Begitu banyak barang- oleh" serta koper juga yang diseret karena kita berhenti cukup jauh dari Pintu utama Stasiun.Sampai harus kejar-kejaran takut barangnya hilang padahal sudah dibantuin oleh teman" .Sampai terjatuh untung pas duduk diatas troly bag saya..wahh rusak trolly bag kesayaangan handlenya patah dan lepas....coba kalau jatuh ke jalanan bakal repot urusan ke rumah sakit..

Ada beberapa panduan penting bila kita bepergian dengan Kereta Api..
1.Sebelum berangkat pastikan anda sudah pesan tiket jauh" hari.Apalagi saat Liburan min 2-3 hari sebelum berangkat
2.Perkiraan waktu berangkat dengan jarak perjalanan yang ditempuh dari rumah/tempat menginap
3.Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan memakai tas ransel agar mudah dibawa .Dan barang penting pishkan taruh di Tas tangan.
4.Saat berada dalam kereta.Simpan barang" di tempat aman dan letakan ransel di depan anda.
5.Periksa kembali barang" bawaan anda.Jika butuh porter gunakan jasa resmi dengan identitas jelas.

Apalagi kami berpencar di 3 gerbong yang berbeda" sehingga barang" harus disatukan tiap gerbong.Kelihatan repot sekali buat Ibu" yang selalu diservis dan tinggal beres.Padahal kita semua jalan dengan style backpacker.Harus bisa melihat kemampuan masing" saat bawa barang dan belanjaan.
Ditambah lagi KA Ekonomi telat cukup lama dari jadwal keberangkatan.Rasa cape,penat apalagi masih mengurusi barang" yang bertumpuk membuat suasana  lelah dan emosi makin menjadi jadi.
Apalagi ada angota keluarga dia  yang naik KA Bisnis dan menjadi bulan bulanan karena kami hanya mampu naik KA Ekonomi.Saking kesalnya sampai terucap kata" saya bahwa kita harus bisa bersyukur dengan kondisi yang diterima dan Kondisi inilah yang selalu diterima masyarakat kalangan bawah.
Tambah lagi yang mengomel Ibu berduit yang bisa jalan ke luar negeri dan naik fasilitas mewah apa saja.Sampai saya suruh beliau mencoba Kereta tercepat di dunia Shinkansen di JAPAN bulan April 2015 saat Sakura mekar di sana...hayoo coba yaa..

Jadi kita harus selalu bersyukur dengan nikmat yang kita peroleh sekecil apapun itu adalah karunia dari Allah SWT....
Berakhir sudah perjalanan kami setelah magrib menaiki KA Gaya Baru dan sampai di Stasiun Bekasi Jam 03.00 pagi di jemput oleh Keluarga Enin Tini  3 mobil sampai kita diantar ke rumah masing-masing..Tks Enin Tini...
Lengkap sudah Journey perjalanan ISTHI Harapan Indah ke Jogjakarta dan Magelang dalam rangka Milad Tera Se Indonesia ..
See u next journey again....

MECIKO
ANGGOTA ISTHI H.INDAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar