Halaman

Jumat, 23 Januari 2015

MAHA KARYA SITUS WARISAN DUNIA..CANDI BOROBUDUR..(7)

Perjalanan rombongan ISTHI setelah Gebyar Milad di Magelang dilanjutkan menuju Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang 40 km sebelah Barat Laut Jogyakarta.
Cuaca saat ini masih gerimis tapi tidak menyurutkan keinginan kami untuk melongok salah satu Situ Warisan Dunia yang sudah terdaftar salah satu 7 Keajaiban Dunia " CANDI BOROBUDUR".
 Candi Borobudur merupakan Candi Budha yang terbesar di dunia yang juga merupakan Kuil Budha terbesar.Bila dibaca sejarah yang sangat banyak  ulasan ahli" sejarah Nusantara Candi ini mempunyai 6 teras yang berbentuk bujur Sangkar yang tingkat atasnya mempunyai 3 pelataran melingkar yang dindingnya dihiasi relief" dan archa Budha.
Terlalu sering untuk melihat warisan yang satu ini apalagi kalau ke Jogya tidak ke Borobudur belum afdol rasanya sampai di Jogya.
Borobudur didirikan oleh Pemerintahan Wangsa Syailendra .Sekitar tahun 780 - 830 Masehi .Waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan Maha karya situs terbaik Dunia ini.
Saat kami mampir ke sini setelah beli ticket setiap anggota rombongan diberikan Kain Batik panjang untuk dipakai selama berada di dalam lokasi Candi.Awalnya merasa aneh juga tapi baru maklum karena ini Kuil tempat ibadah umat budha seperti kita mau masuk ke Mesjid aja harus menggunakan pakaian yang pantas...
Kami memutuskan untuk naik Kereta menuju dalam lokasi candi biar bisa keliling area candi yang sangat luas.
MECIKOBLOGSPOT


Terlihat dalam kawasan Borobudur juga memelihara hewan" seperti Gajah,Kijang dll.
Beberapa Ibu" melanjutkan pendakiannya sampai diatas.Tapi kami hanya sampai di pinggang Candi saja untuk mengambil spot" dan View Borodubur yang layak untuk dipajang...
Begitu banyak arca" dan patung serta relief" di Borobudur yang membuat decak kagum kita terhadap pemahat batu zaman purbakala hebatnya mereka dengan peralatan sederhana zaman dulunya.
Sambil menuruni anak tangga candi kami masih tetep narsis berpose.Waktu yanng diberikan cukup untuk menelusuri warung" kuliner dan belanja cendera mata Borobudur..

Beberapa cendera mata terlihat diantara warung" sambil kita mencoba pecel pincuk dan gorengan untuk melepaskan penat berjalan mengitari Borobudur yang luas dan indah..Salak Pondoh ...Karya kayu dan juga ulekan dari batuan Merapi....

 
Berakhir sudah perjalanan kami mengagumi keindahan dan Maha Karya salah satu Situs Warisan Dunia ..Candi Borobudur.

















to be continued
 http://meciko.blogspot.com/2015/01/jejak-tapak-basah-kami-di-candi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar