Rabu, 07 Januari 2015

SERUNYA PENUMPANG ELIT DI KERETA EKONOMI KA GAYA BARU (1)

JOGYA – MAGELANG  ISTHI HARAPAN INDAH (12 -14 Desember 2014)
Jam 5 pagi start 23 org  dari gerbang satpam  Blok F menuju Stasiun Senen.Kostum yang disepakati berangkat menggunakan Batik biar seragam.Acara kami kali ini adalah dalam rangka Hari Ulang tahun Senam Tera Indonesia ke –XXIX di lapangan rindam magelang Tgl 14 December 2014
Informasi awal kita naik di Stasiun Kota makanya berangkat subuh taunyanya di Stasiun senen padahal KA Gaya baru  jadwalnya 10.45 WIB.Alamak lama bener nunggunya.Diantar 3 Mobil atas bantuan baiknya Enin Tini..Tks Enin.Masih saja ada anggota yang kelupaan KTP akhirnya 1 mobil nunggu sampai anggota siap berangkat ke Stasiun.
Hanya 30 menitan  saja kami sudah sampai di stasiun Senen lancer jaya karena habis subuh sic...Harus nunggu sangat lama nic.Sambil nyari Sarapan pagi walaupun   Snack Box  sudah dibagikan  panitia di mobil di Stasiun Senen kami berdua Bu Trisna/Mm Farhan kita keliling mengitari Senen dan juga Pasar Senen Jaya untuk beli Nasi Kapau bungkus anggota .Ternyata baru pada buka Jam 10 ..keburu kereta jalan dech.
Akhinya kami nongkrong makan Soto Ayam  Lamongan sambil ngobrol dan melihat aktifitas senam pagi pegawai di sekitar Pasar senen, menghabiskan waktu yang masih lama untuk  jadwal berangkat hampir jam 11 siang lho..

STASIUN SENEN

Baru kali pertamanya saya naik  KA via Senen biasanya via Gambir or Jatinegara  .Ternyata Stasiun Senen berbenah dan dalam proses renovasi.Terlihat stasiun cukup rapi yang sekarang sudah berjejer mini market dan resto cepat saji yang cukup banyak di sekitar stasiun.
PT KAI berbenah diri dengan Visi,Misi dan Motto mereka:
Visi: Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang focus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stake holders
Misi: menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya.
Serta Motto PT KAI “ANDA ADALAH PRIORITAS KAMI”.
Stasiun Senen yang dulu kumuh,rusuh dan berantakan kini sudah lebih baik penataan area parkir,ticketing,waiting room ,mushola dll.Terlihat di area waiting room yang diberi AC terdapat informasi” Jalur KA dan jadwal keberangkatannya.Tersedia fasilitas Free Charging untuk charger HP dan perangkat sejenis.

Sambil menunggu jadwal kereta kita tetap narsis foto” bersama dan tentu saja pada sibuk beli sarapan pagi yang cukup banyak pilihan disekitar area stasiun.
Beberapa Kereta yang melintas di stasiun tak luput dari bidikan kamera saya.

Walaupun sedikit insiden 2 anggota kami yang batal ikut diganti 2 anggota baru Jeng Wiwi dan Bu Emma karena KTP tidak sesuai dengan Ticket..Sekarang cukup ketat pelayanan KAI.Ticket benar” harus sesuai dengan nama  KTP Akhirnya bisa diselesaikan dengan baik dan mereka di approve dengan  cap stempel ticketnya.Alhamdullilah padahal sudah membuat panas dingin panitia …tugas awal panitia nic..

Saatnya Ibu” Kompleks  merasakan fasilitas KA rakyat only Rp 55.000 dari  Stasiun Pasar Senen(PSE)-Lempuyangan (LPN).Tapi jangan salah KA Ekonomi ini fasilitas AC dan kursi yang cukup empuk dengan additional Bantal bayar Rp 5000 serta juga ada Restorasi Nasi Goreng,Mie dan Minuman hangat tea & coffee.
Walaupun umumnya ibu” ISTHI Harapan Indah sering menggunakan jasa Transportasi yang lebih enak, mewah dan elit dari KA ekonomi ini.Tapi kita panitia mencoba membawa mereka ke suasana yang merakyat dan itu yang selalu dirasakan masyarakat kelas bawah bila mudik lebaran ke kampong.Sehingga kita  semua selalu punya rasa syukur yang tak terhingga punya kelebihan dibanding rakyat kebanyakan .Walaupun beberapa ibu’ tetap saja protes dan berkeluh kesah.Barangkali kaget dengan fasilitas yang diberikan hehe…Apalagi gak biasa style “backpackeran”..yang nanti akan terlihat selama perjalanan selalu minta diservis…curhat niyeee.

Rombongan kami sudah order Ticket di Gerbong 3 AC hampir semuanya 1 gerbong.Karena ticket sudah dibooking sekitar 3 bulan yang silam mungkin .Sayang ya Bu Lolita tidak bisa ikut karena doi beliau  harus diopname…padahal beliau yang sangat antusias mengurusi anggota untuk keberangkatan kami ke Jogya dan Magelang ini.
Yang bikin saya surprise saat Bu Rahmi didampingi Putri cantik beliau Grace .Padahal sempat Hanif khawatir amaknyo bawa Camera SLR yang pasti membuat repot saat di perjalanan dan saat acara senam.Tetapi bila niat ikhlas buat menyenangkan Ibu” ISTHI Harapan Indah akhirnya ada saja jalan keluar dengan adanya Grace saat kami lomba Grace yang getol jepret jepret sampai harus naik pentas..Umumnya foto” acara ini hasil bidikan si gadis cantik ini..thanks a lot say…

Acara seru selama dalam perjalanan terlintas manis dipelupuk mata saya.Kehebohan ibu” dan dagelan” yang membuat suasana tidak bête karena hamper tiap stasiun KA  kami harus berhenti dan memberikan prioritas kepada KA Bisnis untuk melintas duluan.

Akhirnya kami sampai di stasiun Lempuyangan Jam 20.00 WIB.Hampir 9 jam perjalanan Senen-Jogya  dan waktu tunggu 6 jam di stasiun Senen.Hebat euyyy…
Kami sudah ditunggu oleh BILLA TOUR karena selama di Jogya dan Magelang kita menggunakan Jasa Travel ini.
Dinner kami yang harusnya di Resto Jogya diganti dengan Box biar praktis menurut Travelnya..oalahhh..Masih punya waktu untuk keliling Malioboro walaupun harus ngos-ngosan kejar ke Batik Mirota sampai di sana Mirotanya tutup…sayang bangets malam ini .
Rasa cape terobati dengan foto bersama didepan Nama Jalan Malioboro  .Keliatan narsis biar ada bukti kalau malam itu kita sudah mampir ke Malioboro.

Check in di HOTEL Neuve   Jl Mataram No 9 pusat Kota Jogya  yang berada tidak begitu jauh dari Malioboro cukup jalan kaki /naik becak sekitar 5 menit .
Malam yang cape dan penat terbayar sudah saat ketemu kasur empuk dan suasana hotelnya yang resik ..