Halaman

Minggu, 10 Mei 2015

MYSTERIUS PATUNG SIGALE GALE MENGHYPNOTIS KELUARGA ..EDITION 9

Perjalanan akhirnya sampai merapat di Pelabuhan Tomok sebuah desa terkenal di Pulau Samosir tempat penyebrangan ferry di Samosir.
mecikoblogspot
Kami disambut oleh sebuah Tugu Selamat datang berwarna Putih  melingkar.Walaupun dulunya tugu ini mempunyai warna asli khas Batak Putih,Merah,Hitam tapi yang terlihat tinggal warna putih saja lagi.Terlihat pahatan  pasangan berpakaian Adat dengan marga marga Batak antara lain: Batak Simalungun,Batak Angkola,Batak mandailing,Batak karo,Batak Pakpak-Dairi serta pastinya Batak Toba.

                          



Beruntung sekali Ferry kami bersandar persis di depan Tugu Selamat Datang sehingga kami lansung mengabadikan moment foto Keluarga Besar di depan Tugu.Tanda kami sudah sampai di Pulau Samosir. Di sebelah tugu kami lansung dapat melihat Peta Wisata Kabupaten Toba Samosir sebelum kami mengenal lebih jauh wisata Samosir.

Pulau Samosir merupakan Pulau Vulkanik berada di tengah Danau Toba ,danau yang paling terbesar di Indonesia.Ketinggian Pulau Samosir mencapai 1000 mdpl membuat pulau ini banyak diminati wisatawan local maupun manca Negara. Danau Toba selain bias dinikmati keindahannya juga kita bisa mengenali ragam budaya,adat serta sejarah sekaligus di tempat ini.

Dari Dermaga Tomok yang merupakan pelabuhan utama untuk keluar masuk ke pulau ini.Ternyata Tomok menyimpan banyak objek wisata dan budaya  al:

1.     Patung Sigale-Gale

2.     Rumah Adat Khas batak

3.     Makam Raja Sidabutar

4.     Museum Batak Tomok

5.     Wisata Belanja

Target utama kami lansung menuju destinasi Patung Sigale Gale dulu sebelum waktu habis belanja ole ole.

1. PATUNG SIGALE GALE

mecikoblogspot

Patung Sigale Gale persis berada di deretan Rumah Adat khas Batak tidak begitu jauh dari dermaga Tugu Selamat datang jalan diantara Pusat Oleh Oleh /Cendera Mata Samosir.

Saat kami datang masih terdengar permainan dan tarian Patung Sigale Gale .Pagelaran Tarian Sigale Gale ditutup kain selembar tipis saja agar penonton yang lansung berinteraksi bisa membayar Uang Jasa.

Patung Sigale Gale persis berada di depan Rumah Bolon ,rumah adat berukuran besar yang dulu dihuni oleh Para Raja. Sementara rumah samping yang lebih kecil Rumah Siamporik yang dihuni oleh Bangsawan.

Berhubung kami 1 group Keluarga besar akhirnya Permainan Patung Sigale Gale dimainkan dengan ticket per group Rp 80.000.

Sebelumnya kita simak dulu ya Patung Sigale Gale itu sebenarnya apa sic..

Patung Sigale Gale merupakan boneka kayu yang bisa menari.wow hebat yaa..Si Gale Gale merupakan anak tunggal raja yang sakit keras dan akhirnya meninggal dunia.Akibat ditinggal anak tunggalnya raja menjadi stress dan selalu terkenang dengan putranya.Untuk mengobati kerinduan raja akhirnya dibuatlah Patung kayu menyerupai wajah siGale Gale selanjutnya dukun memanggil arwah Sigale gale untuk masuk ke dalam tubuh patung.Patung Sigale Gale menari dengan iringan Music Batak.

Nach untuk ikut menari dengan Patung kami harus menggunakan Ulos yang sudah disediakan dibelakang Patung .Dengan dipandu seorang pemuda Samosir akhirnya kami menari bersama mengikuti alunan music batak yang energic dan ceria.


Wajar kalau acara menari dan bergoyang dilakukan oleh anak” Mama yang memang hobi music dan nari tetapi kalo menari juga dilakukan dan hanyut dalam alunan music Batak seperti Tante Lucy,Nenek, wow surprise luar biasa. Jarang dan langka kami melihat mereka bisa bergoyang dan menari mengikuti alunan music dan peragaan tari oleh pemuda Batak tadi.

Tanpa sadar mereka hanyut dalam mystery tarian Sigale gale yang menghipnotis kami.Saking seru dan kompaknya keluarga kami menjadi tontonan gratis para wisatawan lain dan malah ada yang mengabadikannya .Serasa artis penari aja kami hihi…kompak sic dengan kostum orange menyala…

Percaya atau tidak Patung Sigale gale memang mistic tanpa disadari memang. Believe or Not..


Menurut infonya Patung Sigale Gale tidak banyak dibuat hanya beberapa saja (replika) karena katanya pembuat patung ini menjadi tumbal setelah patungnya jadi pembuat patungnya meninggal.Wallahualam.

Sehabis menari kami mengabadikan moment dengan foto bersama Patung Sigale gale dan juga latar belakang Rumah Adat Batak.

2. Rumah Adat Khas Batak
Sementara di belakang Rumah adat Khas Batak terdapat Instrumen Kayu “TUNG TUNG” yang berdiri kokoh merupakan kearifan budaya berupa Instrumen kayu /bamboo yang ditabuh sehingga menghasilkan bunyi khas yang berfungsi sebagai sinyal,kodew atau penanda peristiwa dalam masyarakat.

Monumen “Tung Tung” ini didirikan Tgl 20 Desember 2012 sebagai Peringatan  terhadap warisan budaya yang memiliki nilai dan makna dalam ran gka pentingnya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat yang digali dari perspektif budaya Masyarakat Samosir.
 Perjalanan kami lanjutkan ke Makan Raja Sidabutar yang hanya berjarak 100 m saja dari sini..























to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar