Halaman

Selasa, 07 November 2023

ANKARA...ATATURK MAUSOLEUM BUKTI SEJARAH KEKUASAAN KEMAL ATATURK ..EDISI 14

 

Kami menuju Ankara ibukota Turkiye setelah menginap semalam saja di Resort atas perbukitan Kota Amasya Kota cantik Para Soultan yang ditempuh sekitar 263 km .Hari ini cuaca Ankara 10-21oC (Cerah)dan kita akan sampai di Ibukota saat Lunch.

                                             
TL Local  Siebell begitu fasih dan paham sejarah.Beliau sangat detail bercerita entang Ekonomi Turkiye di saat Pemerintahan Erdogan dengan segala plus minusnya.Begitu juga sejarah "Bapak Orang Turkiye"Attaturk di saat pemerintahannya,keluargany dan sampai akhir hayatnya.

Kita selalu toilet stop setiap 2 jam perjalanan sambil mencari cemilan,kacang dan kadang kadang ketemu pernak pernik cendera mata.

Kami akan bertandangke Kota Ankara Ibukota dengan penduduk 8 Juta Jiwa sementara Istanbul lebih padat 20 jt Jiwa.Kami tiba di Ankara saat waktu pas Lunch di sebuah Resto ANIT LEZZET KEBAB KENAGI.


Disini kita dihidangkan set menu Daging Sapi panggang yang lezat dan menggoda selera.Setelah Makan di cuaca terik Ankara kita memasuki Destinasi tempat bersemayamnya Attaturk.

ATTATURK MOUSOLEUM

Mustafa Kemal Attaturk dikenal sebagai "Bapak Turkiye"karena reformasinya yang telah memodernisasikan Negara Turkiye ketika menjabat sebagai Presiden I Republik Turkiye.Beliau seorang Panglima dan seorang Revolusioner yang sangat berperan besar dalam mendirikan Republik Turkiye.

Attaturk lahir pada tahun 1881 di Salonika (Thessaloniki) Yunani.saat itu masih bagian Wilayah Kekaisaran  Ottoman.Saat seorang Kemal Attaturk muad dia terlibat dengan Kelompok Revolusioner Turki Muda yang bisa menggulingkan Soultan pada tahun 1909.Attaturk memimpin Perang Kemerdekaan Turkiye dan menandatangani Perjanjian Lausanne pada th 1923 dan menjadikan Turkiye sebuah Republik.


Kami memasuki area Mouseum dengan pemeriksaan yang ketat dan hanya membawa tas tangan saja ke dalam kompleks.Persis di halaman depan saatnya petugas jaga militer pasukan penjaga bertukar shift.Sehingga kami bisa menyaksikan proses upacara pertukaran tsb dengan sangat dekat.Kadang upacara ini juga menjadi ajang pamer kemiliteran Tentara Turkiye.


Museum di rancang oleh Arsitektur Turkiye Modern yaitu Emil Onat dimana arsitek ini merancang antara 1944-1953.Sampai kompleks ini selesai Attaturk disimpan di mueum Etnografi Ankara.Dibawa ke sini ke tempat peristirahatannya terakhir pada tgl 10 November 1953 saat peringatan 15 th kematiannya.


Kami diberi waktu luang untuk masuk Museum atai santai di depan /ngopi di Cafe Berhubung saya dan Onty Jihan peminat Sejarah kami menyusuri ruang demi ruang di dalam komplek yang luas dan megah.Awalnya dikira tidak boleh memotret di dalam ruang demi ruang seperti 10 th yang silam..Eh taunya sudah tidak ada larangan.Alhamdullilah rezeki nich.
Pastinya cari objek photo lah gak mau rugi..jauh lho dari Bekessong..hihaa

Attaturk meninggal dunia di usia 57 th pada th 1938 karena sakit Ginjal.Beliau sebagai Komandan Gerakan Nasional Turkiye dalam perang meraih Kemerdekaan Pasca Perang Dunia I dan puncaknya menggulingkan Pemerintahan Ottoman Empire.Attaturk gelar itu artinya "Bapak Orang Turkiye"yang disematkan th 1934.Undang Undang Turkiye melarang nama tersebut digunakan oleh orang lain.Nach jangan coba coba kasi nama Cucu dengan Attaturk ya....xixi..
Terasa kemegahan tempat persemayamannya bisa dirasakan.Ketika akan memasuki areanyam,Jalan masuk dengan lebar 262 m,di kanan kirinya terdapat 12 pasang patung Singa yang pengukirannya seperti Zaman Perunggu Hitti.


Nach yang bagi yang suka sejarah saatnya mengulik ruang demi ruang yang dipenuhi bukti sejarah Turkiye dan Attaturk pastinya.Dari Ankara perjalanan kami lanjutkan menuju Istanbul karena kita tidak menginap di Ankara.
Tadi sudah niat Jamak Takhir untuk sholat zuhur ashar kami yang 2 jam perjalanan kami berhenti di rest area  untuk sholat dan ada yang sempat beli Oleh oleh di YORESEL MINI MARKET.Inilah Mini Market yang super lengkap di rest area perjalanan kita bahkan saya menemukan beberapa pernik pernik untuk objek Photo dari kayu yang khas dan diukur dengan indah.

Ankara -Istanbul itu butuh 6 jam perjalanan dengan diiringi Music HATI HATI DI JALAN "OLEH TULUS.Kebetulan lagu ini juga digemari oleh Siebell.
Perjalanan membawamu
Bertemu denganku
Ku bertemu kamu
Sepertimu yang kucari
Konon aku juga
Seperti yang kau cari
Ku kira kita asam dan garam
Dan kita bertemu di belanga.....
Kami mampir lagi di Rest Area untuk dinner Jam 20.00 rest area dengan Resto menu Nasi Kebab Daging,Apple tea bahkan ada Starb.ck di samping resto tapi karena sudah ngopi di rest area sebelumnya akhirnya kami tidak jadi beli kopi di sini




Berhubung waktu cukup lama maka Karaoke Time menjadi waktu mengusir kebosanan selama di jalan.Dari Pak Herli,Mb Gagarina,Dr Bambang,Pak Jon,Teh Jun,Onty  bahkan si cantik Salima menjadi penyanyi"dadakan menghibur kami di jalan.Suaranya yang empuk menjadi bikin betah untuk mendengarkannya.Sayangnya sudah sampai di Istanbul baru dia mau karaoke...Bahkan joget joget dangdutan kita lakaukan untuk seru seruan dan gak bikin bete di jalanan panjang kami ke Ankara.
Tidak saja nyanyi,joget bahkan belajar sekilas motret senja Sunset di depan Bus menjadi objek kami rame rame dari Mb Elys,Teh Giya,Uni Mes ikut gregetan mencoba ilmu dadakan dari saya...Sabar ya temans..Menagkap sunset di running Bus itu gak mudah tapi boleh coba namanya pemula....asek ternyata khan...



Kami mampir lagi di Rest Area untuk dinner Jam 20.00 rest area dengan Resto menu Nasi Kebab Daging,Apple tea bahkan ada Starb_ck di samping resto tapi karena sudah ngopi di rest area sebelumnya akhirnya kami tidak jadi beli kopi di sini

Masih ada waktu 1 jam perjalanan lagi ke Istanbul yang akhirnya kami Check in Hotel Jam 21.30 malam.Kami menginap 2 malam di Hotel Tryp by Wyndham Istanbul(*5) yang mewah.Alhamdulillah.Capek perjalanan panjang dari Ankara terbayar dengan Kamar yang nyaman dan lega..Inilah Hotel terakhir kami tempati selamam Travelling kami di Turkiye.Suasana nyaman dan breakfastnya terbayarkan selama 2 malam kami di sini setelah terakhir kita menginap di Amasya di Hotel tua (*3) ..Tks #Otegroup




To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar