Halaman

Kamis, 16 November 2023

FULL DAY MENIKMATI WISATA ,KULINER ,SHOPPING DI SOLO EDISI 8

D4 MON/4 SEPT23 

Hari ini jadwal destinasi kita explore fullday Kota SOLO.Semalam Bu Iis sakit demam,batuk  dan pagi akhirnya harus ke RS Hermina agar bisa dapatkan Obat Dokter yang biasa dikonsumsi beliu.

Kami siap siap mandi dan berbenah sebelum kita mau jalan ke Solo.Jam 9 kurang kami sudah dijemput Sohib Jogya .Sambil menunggu mereka kita menikmati pagi hari di taman dan bunga bunga Mba Tutun.Serambi rumahnya yang asri ditumbuhi banyak bunga bunga.
Saat kami menunggu sohib Jogya Bu Iis duduk dipojokan rumah Mba Tutun dengan membawa Tas kecil yang di dalamnya berisi  obat obatan.Ternyata tas kecil itu terti nggal di pojokan dan tidak terbawa ke Solo padahal kita jalan keluar kota..Duch Nenek nenek memang banyak pelupa ya..#resikonich.Padahal obat dr Dokter RS Hermina td pagi ada di dalam itu semua..aduhh.Untung  sudah diambil Pak Robby untuk diamankan.Alhamdulillah tidak hilang.
Saat kita dijemput  ternyata di mobil sudah tersedia cemilan khas tradisional sesuai janji Mba Entis untuk order khusus buat kita kita.Matur Suwun Mbayu...Ada Mata Kebo,Lumpur Surga dan Menthok.
Lansung kita serbu di atas mobil sebelum kami sarapan di Klaten Nasi Tumpang.
NASI TUMPANG BRAMEN  KLATEN
Koyor atau Sambal Tumpang Koyor adalah kuliner khas Salatiga,Jawa tengah.Bahan sederhana tempe yang sudah difermentasi selama 2-3 hari(tempe semangit/tempe bosok) nyaris mau busuktapi masih aman dimakan,tahu ,daging tetelan,Koyor atau Tunjang Sapi.
Nasi Tumpang Lethok merupakan Nasi putih dengan lauk daun pepaya,bacem,nangka muda,krecek,koyor,telur rebus serta disiram kuah sambal dari campuran Tempe ,cabai dan santan.
Kebetulan Mba Sekar (sohib Mba Tutun ) mantan Penyiar Radio Istana yang mempunyai banyak informasi,literatur tentang semua yang saya tanya.Senangnya Mba Sekar banyak tahu Kuliner,Sejarah,Wisata dll.Wah kayak Google berjalan nich..Matur Suwun Mba Sekar banyak info yang saya dapat selama di Jogya.
Bila Mba Ria pasti lebih banyak kenal Kuliner dari berbagai Kota karena ikut suami dinas Bali,Jawa dll.Keren dech
Jarak Jogya-Solo sekitar 63 km ditempuh 2 jam perjalanan tetapi kami mampir sarapan dulu diKlaten sehingga sampai Solo jam 11.30an siang..
Kita memutuskan untuk lansung ke Mesjid Zayed Solo karena nyaris sudah Zuhur dan bisa jamak disana.


MESJID RAYA SHEIKH ZAYED SOLO
Mesjid Raya Sheikh Zayed ini baru diresmikan Nov 2022.Merupakan hadiah dari Persatuan Emirat Arab kepada Indonesia.Dibangun dengan mencontoh atau replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi Arab (UEA).

Karena kami cukup lama explore di Mesjid baru ini maka kita kupas special nantinya ya.. sesudah edisi ini 
RESTO KUSUMA SARI SOLO
Resto Kusuma Sari menyajikan menu klasik perpaduan antara Jawa dan Belanda.Terlihat menu utamanya disini al: Selat,Sup,Kroket,Steak,Salad,Ice Cream aneka snack dan Asian Food juga.
Setiap kita ke Solo selalu Resto ini menjadi salah satu pilihan bila ingin menikmati makanan khas Solo jadoel.



BELANJA BATIK PASAR KLEWER 
Pasar Klewer merupakan Sentra Batik dan grosir terbesar di Jawa Tengah jadi bila ke Solo terasa kurang afdol bila kita tidak mampir di Pasar Batik ini.
Walaupun awalnya kami cuma lihat lihat ternyata ada juga yang terseret bawa pulang.Kain Panjang stock di rumah dan beberapa daster buat oleh oleh.
Sementara para Sohib Jogya menunggu kami di Mesjid Agung Surakarta.


Sementara para Sohib Jogya menunggu kami di Mesjid Agung Surakarta.Pasti mereka sudah bosa dan jenuh mampir ke Pasar yang sudah berumur ratusan tahun ini.

OLEH OLEH TOKO ROTI ORION SOLO
Toko Roti Orion Mandarijn menjadi salah satu toko kue tertua di Kota Solo.Toko Kue legendaris yang menjadi salah satu pusat oleh oleh paling populer di Solo.Aneka roti sangat variatif disini ada Roti Kasur,Roti Gambang,Roti kering, sampai aneka kue kering.Tetapi paling laris manis dan dicari Roti Lapis Mandarijn yang sangat lembut halus eksturnya.Selalu dengan rasa yang sama tanpa ada perubahan apa pun sama sekali.
Hari semakin senja kita harus kembali ke Jogya karena Malam ini ada Dinner Special dari kita JHHP Ladies buat Sohib Sohib Jogya .Dimana Saya dan Mba Tutun sudah order Dinner special di Samzana Resto Hotel Royal Amarukmo Jogya.
Sabar ya nanti kita ulas special setelah Mesjid Raya Zayed Solo...

to be contunued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar