Halaman

Jumat, 03 November 2023

MEVLANA MUSEUM ....WISATA ZIARAH SANG GURU SUFI DI KONYA EDISI 9

Hari ke-5 (18 Sept2023)

Kami menginap di  Hotel PAM Thermal Pamukkale(*5) cuma 1 malam saja.di Hotel cantik yang dilengkapi Swiming Pool dengan air hangat Thermal .Bangun jam 4 Tahajud tunggu subuh dan mandi jam 5 an.Kami menemukan Kran berwarna gold di Bathroom ternyata itu air thermal yang hangat untuk mandi dan berendam di Bathroom kamar.Saya sempat buka kran dan mencicipi airnya yang hangat..Sayang kami tidak sempat menggunakannya karena waktu santai kita sudah tidak cukup untuk berendam manja walau di dalam kamar.

Sayang dech...Habis sholat kami ber-2 Mb Gagarina menikmati P.P Mie dan teh Turkiye yang panas di dinginnya udara  Pamukalle baru bisa ke toilet untuk memenuhi panggilan alam.xixi.
Breakfast di Resto yang tadi malam kita pakai dinner.Buffet yang super lengkap jam 7-8 pagi .

Kami mampir Turkish Textile Selena Jam 8-8.45 untuk shopping product product dari Kapas Turkiye beberapa teman tertarik dengan Phasmina Turkiye disini.Secara harga cukup mahal sesuai dengan qualitynya.

Diatas Bus kami membayar Tour Hot Ballon Capadocia 280 USD untuk Naufal dan Tour Jeep saya 120 USD.Tip TL 2 pax dengan Total 540 USD.Awalnya saya tertarik untuk Naik Hot Balon lagi tetapi Farden bilang seatnya full ya sud.Karena sudah pernah naik jadinya gak kecewa.

Hampir 1,5 jam kami menuju rest area yang ada Yogurt Biji Opium (No Ganja) disini yang bisa kita nikmati seharga 80 TL.Menanam Opium ijin pemerintah Turkiye ternyata bagi yang suka Yogurt cemilan ini enak pastinya.Saya mencaba sedikit dari Orderan Mba Ellyss Disini kami menikmati Soultan Tea..Teh yang mix Safron dan mint-rempah rempah .Akhirnya kami tertarik untuk beli 5 bag(@180 TL) untuk dibagi beberapa teman.

Kami Lunch di sebuah resto jam 12.30-14.00 siang sebelum 2 jam perjalanan ke Konya.Saat ini ada surprise buat Nabila yang sedang berultah hari ini.Happy Milad Nabila.Kita juga bisa sholat jamak di Mushola kecil mereka di resto ini.

KONYA.

KONYA berjarak 700 km dari Pamukalle.Kami sampai sekitar jam 16.00Punya waktu 1 jam untuk menyusuri Mevlana Museum Wisata Ziarah Sang guru Sufi di Kota Konya.

Konya berada di wilayah Turkiye bagian Benua ASIA saat ke sini cuaca Konya 10oC-26oC (Cerah).Konya mencapai puncak kegemilangannya sejak dibawah Dinasti Seljuk.Konya merupakan Kota terbesar-5 di Turkiye dan masuk di wilayah Provinsi Anatolia.Pernah menjadi Ibukota Dinasti Seljuk dan pada abad ke -13 kota tersebut menjadi Pusat Peradapan Persia Islam.

Mevlana Museum pernah saya bahas di blog saat kedatangan saya perdana ke Turkiye th 2013

Museum ini merupakan Makan seorang Ahl Sufi yang sangat terkenal di Turkiye dan tersohor di seluruh antero dunia.Merupakan tempat suci bagi Muslem di Turkiye.Ahli Sufi itu adalah Maulana Jalaluddin Rumi.Beliau dilahirkan th 1207 di Afganistan.Kemudian hijrah ke Mekah dan berpindah ke Konya th 1228.Beliau pernah belajar di Aleppo dan Damaskus.Tulisan dan puisi beliau sangat terkenal dan tulisan dengan karya seni yang sangat berharga.Di dalan Mevlana Museum inilah beliau dimakamkan dan wafat th 1273.Bila th 2013 kita tidak diperbolehkan mengambil foto-foto tetapi saat ini sudah diberi ijin oleh Pemerintah Turkiye untuk mengabadikan isi Museum ini.

Makam Jalaluddin Rumi berada disebuah Kompleks Mevlana Museum (Mevlana sebutan singkat nama Rumi) .Berada di dalam kompleks ini seperti bak berada di abad ke XIII dengan arsitektur dan bangunan yang terpelihara sangat baik.Kami memasuki Kompleh Mevlana diwajibkan melapisi sepatu dengan plastik untuk menjaga kebersihan Museum.Museum ini dikenal juga dengan Istana Kebun Mawar (Rose Garden) saat kami ke sini musim gugur sehingga mawar mawar yang mekar hanya sedikit.

Sangat terkenal dengan Tarian  Sufi Rumi.Tarian menari dengan cinta dan tak pernah berhenti mencintai Tuhan.Kostum putih dengan Topi memanjang (Sikke) melambangkan batu Nisan para Wali/sufi di dataran Timur Tengah.Gerakan memutar ke arah kiri melambangkan Putaran Alam Semesta,Putaran Thawaf di Ka'bah serta putaran surgawi Ilahi.Jubah Hitam dan tenur putih melambangkan alam kubur dan Kain Kafan.Sayang kami tidak punya waktu untuk menyaksikan Tarian Sufi ini secara lansung.Alhamdulillah th 2013 sudah pernah melihat lansung di Capadocia

Caravansarai

Salah satu bangunan saksi sejarah tempat para pedagang dulu melintas dari negara China,India,Persia.Tempat ini bebas pajak bagi pedagang yang berdagang pada zaman dahulu.Bangunan indah dan megah ini dibuat oleh Arsitek Muhamad bin Havlan el-Dimiski atas permintaan Sultan Aladdin Keykubat I th 1228-1229

Kami disini sampai jam 19.00 sudah senja jadi kami putuskan untuk tidak masuk ke dalam .Masih tersisa megah,cantik dan mewahnya arsitektur peninggalan Kesultanan Turkiye Seljuk di Kota Aksaray.Kita akan melanjutkan perjalanan sekitar 1,5 jam lagi untuk sampai di Kota Capadocia.

Kita sampai di Capadocia jam 20.30 an menginap di HOTEL RAMADA by WYNDAM CAPADOCIA.

Saat turun dan siap dinner saya tidak cek lagi Koper koper kami yang diturunkan driver.Karena merasa Naufal sudah cek semua koper kita.Saya sekamar dengan Mb Gagarina R1313.Ternyata Koper Samsonite besar saya yang warna grey tidak ditemukan.Setelah cari Naufal dan Farden Koper masih ada di dalam Bus karena warna yang hampir tak terlihat berada dipojok Bus dan mungkin Drivernya sudah capek dan letih.Lumayan butuh waktu lama saya menunggu koper untuk beberes dan mandi karena semua barang baju ada di koper itu.Karena kita 2 malam menginap di Ramada.#sempatbikinbadmood