Halaman

Jumat, 17 November 2023

KAGUM AKAN KEINDAHAN MEGAHNYA MESJID RAYA SYECH ZAYED SOLO EDISI 9

 Hari ini saya habis Taklim dan ada Bahasan tentang Wisata Religi ke Mesjid Mesjid megah.Ternyata Budaya Wisata Religi itu menjadi salah bila niatnya salah malah Haram hukumnya lho.Nach simak ya biar gak salah niat.

Rasullulah SAW bersabda:

"Tidak dibolehkan melakukan perjalanan kecuali ke tiga  Masjidil Haram,Masjid Nabawi dan Mesjid Aqsa(HR Bukhari Muslim dari Abu Hurairah RA).

Maksudnya tidak diperbolehkan memulai perjalanan ke tempat yang suci  kecuali ke-3 mesjid diatas.Kecuali saat berada di satu tempat kita mampir untuk sholat di suatu mesjid itu boleh.Jadi atur niat untuk pergi ke suatu tempat religi/Mesjid.Astagfirullah.

Mungkin sebelumnya kita banyak menemukan wisata religi khusus datang ke suatu mesjid hanya untuk wisata.Bahkan ada yang wisata ziarah kubur ke Makam Makam Syekh,Sunan"di Jawa.Astagfirullah ..

Untung kami ke Solo memang untuk wisata,kuliner ,shopping dan mampir ke Mesjid viral ini untuk sholat jamak.Semoga Allah ampuni bila niat ini salah Ya Allah.Luruskanlah niat kami. Amiin Ya Rob.

Nach sesuai niat kita mampir ke sini saat Sholat Zuhur datang .Pas sebelum kami makan siang di Resto.

Kebetulan Mesjid baru ini Viral dan baru diresmikan 14 Nov 2022 yang merupakan Hadiah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Pemerintah Indonesia.Mesjid yang dibangun seperti Replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi ,Uni Emirat Arab(UEA) .

Kebetulan Mesjid baru ini Viral dan baru diresmikan 14 Nov 2022 yang merupakan Hadiah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Pemerintah Indonesia.Mesjid yang dibangun seperti Replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi ,Uni Emirat Arab(UEA) .
                                                   
Mesjid megah dengan gaya Timur tengah mendominasi desain Mesjid karena meurut info Arsitekturnya benar persis dibuat seperti Sheik Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.
Saat kami untuk ambil wudhu dan ke Toilet terlihat fasilitas Toilet,wudhuknya bak Hotel Bintang 5 sangat mewah.Basement yang digunakan untuk tempat wudhu Pria dan Wanita.Mesjid ini mempunyai 606 Keran wudhu.Sayang terlihat ada beberapa wastafel sudah rusak dan lagi renovasi.Padahal baru diresmikan lho.Apakah ini memperlihatkan etika pengunjung yang menggunakannya tidak tertib dan sembrono...



Interior dari luar sampai dalam terlihat menggunakan Marmer high quality lansung dari Italia.Motif batik di Karpetnya special desain  Batik Solo,Pekalongan dengan kombinasi desain Geometris Arabesque di bagian tengahnya terhampar di Lantai Utama Bangunan mesjid.
Mesjid Zayed ini dibangun 2 lantai dengan luas bangunan Utama mesjid sekitar 8000 m persegi.da 4 menara setinggi 75 meter dan kubah besar setinggi 65 m di bangunan utamanya.








Alhamdulillah Ya Allah kita dapat menikmati Sholat Zuhur berjamah di sini sambil juga meneruskan Jamak Ashar .Terdengar syahdu alunan bacaan Imam seperti kita berada di Masjidil Haram atau Mesjid Nabawi.Masya Allah Imam pilihan terbaik pastinya yang memang di datangkan dari Uni Emirat Arab.

Kami merasakan suasana syahdu di mesjid mewah ini dengan penginjung tidak terlalu membludak seperti wikend .Setelah habis sholat kita masih punya waktu untuk menikmati keindahan Interior mesjid ini.Tak lupa jiwa Photography saya melonjak lonjak melihat arsitektur dan interior indahnya mesjid ini.
Alhamdulillah punya banyak moment untuk diabadikan di sini dengan sohib sohib sebagai modelnya.

                                          
Sekitar kompleks Mesjid ini nantinya akan dibangun Islamic Center dan menjadi Pusat Pendidikan dan Pengajaran Islam di Solo dengan fasilitas TPA,Tafsir Al Quran,Madrasah dan Tempat pengembangan Ekonomi Syariah dengan Produck Halal Market.




Mesjid ini juga memiliki Ruang VIP,Perpustakaan seluas 20 m persegi.Sementara seluruh biaya pembangunan Mesjid Raya Zayed ini dibiayai oleh Pemerintah PEA.Masya Allah.
Kami masih bisa menikmati area outdoor Mesjid dari lorong lorong dan pilar indahnya.Menurut info Mesjid ini bisa menampung 10-15 rb jemaah di saat Sholat Hari Raya



Setelah cukup lama menikmati keindahan Mesjid baik interior mapun ekteriornya setelah kami diberi anugerah sholat berjamaah disini.
Waktunya kita akan melanjutkan perjalanan untuk makan siang.

Wisata Full day di SOLO berakhir setelah kita beli oleh oleh dan hari semakin senja kita harus kembali ke Jogya karena Malam ini ada Dinner Special dari kita JHHP Ladies buat Sohib Sohib Jogya .Dimana Saya dan Mba Tutun sudah order Dinner special di Samzana Resto Hotel Royal Amarukmo Jogya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar