Halaman

Kamis, 02 November 2023

MASYA ALLAH CANTIKNYA SUNSET DI COTTON CASTLE PAMUKALLE ...EDISI 8

 Setelah dari Ephesus kami sore ini akan menuju Pamukalle untuk menikmati suasana COTTON CASTLE.Waktu menunjukan Jam 18.00 Waktu Turkiye dimana kita berada di musim  Autum sehingga matahari masih lama terbenam.Setelah Siebell menyuruh kita satu per satu masuk dengan ID Card beliau karena Ticketnya sudah included dari group sepertinya Ticket masuknya 700 TL.

Pamuk artinya Kapas sedangkan Kale artinya Benteng/Kastil.Jadi Pamukalle diartikan Kastil  Kapas.Pamukalle merupakan Situs alam terkenal di Turkiye.Situs yang ditetapkan oleh PBB UNESCO sebagai World Heritage th 1988.Berada di wilayah Denizli ,Kota yang mempunyai sejarah Kerajaan Romawi

                                          


Pamukalle merupakan bentangan daratan berwarna putih dengan Kolam Air kebiruan.Pamukalle yang terbentuk akibat aliran air dengan kandungan Kalcium Bikarbonat yang sangat tinggi di tepi tebing.Kadar Kalsium menciptakan warna putih di atas tanah.Endapan juga menciptakan cekungan cekungan alamai berisi air hangat suhu 35oC dan travertine ,mineral Karbonat yang ditinggalkan air yang mengalir..Batu batuan yang kaya mineral Karbonat membuat daratan memutih seperti Kapas membuat pemandangan Pamukale begitu sempurna indahnya Masya Allah.

 

Pamukalle berada di tebing setinggi 20 meter di kawasan  lereng Travertine disepanjang dataran perbukitan Cokelez dengan ketinggian 200 m diatas dataran Curuksu yang kemudian meluas sejauh 6 km  di Desa Karahayit Pamukkale. 

Kawasan Pamukalle ini ada beberapa destinasi seperti:

1.Hierapolis Pamukale

2.Travertines

3.Antique Pool(Kolam Cleopatra).

Berhubung di sini Toilet sangat jauh maka sebelum kami masuk lansung menuju Toilet mereka yang berada tidak jauh setelah Pintu Masuk kawasan Wisata.

Karena senja sudah mulai merapat kami hanya fokus ke Travertines saja karena 2 destinasi itu cukup jauh bila berjalan kaki  ditempuh dengan golf car(buggy)/sepeda Listrik yang bisa dirental di depan Pintu masuk Kawasan Pamukalle.

Cukup berjalan kaki sekitar 500 m kita sudah sampai di Cotton Castle .Di sekitar perjalanan masih terlihat sisa sisa bangunan reruntuhan Kerajaan Romawi dengan pilar pilar menjulang tinggi dan  kami masih bisa melihat HieraPolis (Kota Tua) pada zaman Roman Empire.Sayup sayup mata memandang bekas kuil Hiera(Dewa Yunani) ,tembok tembok,pilar .Walau target kami tidak ke sana lumayan dulu saat pertama ke Turkiye saya sudah menikmati Kota Tua itu.      
                                

Kami sampai disini menjelang senja tetapi matahari masih bersinar terang.Sepatu sepatu kami dikumpulkan di dekat meja kursi santai sebelum turun ke lembah Travertine yang membuat mata pingin secepatnya mendekat.Kita diberi kesempatan sekitar 1,5 jam menikmati Cotton Castle dengan segala suasana keindahan perbukitan lereng yang memutih bak Kapas.


Sayang Kolam kolam yang berisi air terlihat kosong hanya beberapa Kolam besar terisi air hangat yang bisa kami nikmati dan bermain main air  disini.Mungkin karena musim gugur atau memang aliran airnya tidak begitu banyak di saat kami datang.Tetapi masih bisa merasakan hangatnya air Karbonat walau kita tidak ikut mandi di sini.


Matahari mulai beranjak manja untuk tenggelam.Sinar orangenya yang cantik membuat kami tidak mau rugi untuk mengabadikan pose pose cantik kami disaat Sang Matahari mulai tenggelam.

Langit berwarna orange akan nampak saat matahari mulai terbenam.Saat matahari mulai terbenam maka langit langit mulai tampak berwarna merah,orange,pink.Ketika  matahari terbenam cahayanya tidak hanya melewati bumi tetapi melalui banyak atmosfir Bumi.Masya Allah.Menikmati hasil karya Sang Maha Pencipta ini saja tak henti henti kita Bersyukur atas nikmat waktu,kesempatan bisa kembali lagi ke Cotton Castle dalam cuaca yang indah dan cantik.


Surat Ar Ra'd ayat 2: Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat,kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy,dan menundukan Matahari dan Bulan.Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan.Allah mengatur urusan(makhluk-Nya),menjelaskan tanda -tanda kebesaran-NYA,supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu.


Alhamdulilah Saya bersama Onty,Uni Mes,Teh Jun, akhirnya menikmati suasana cantik ini dengan berbagai pose indah disaat Langit merah Orange dan sekalian bisa mendapatkan objek objek foto Sunset yang sangat cantik dan Indah.Masya Allah.

Hari  makin gelap kami sudah waktunya kembali ke pintu keluar  dengan berjalan kaki 500 m karena sebentar lagi gelap dan menurut info Cotton Castle tidak mempunyai penerangan sehingga kalau kita kemalaman akan sangat gelap sekali suasana di Kawasan Pamukalle ini.

Perjalanan menuju Hotel PAM Thermal Pamukkale(*5) tidak begitu jauh dari Cotton Castle.Kami menginap hanya 1 malam saja di Hotel cantik yang dilengkapi Swiming Pool dengan air hangat Thermal .Disini kita bisa berendam di Pool cantik mereka yang pasti airnya panas.

Dinner kita sudah tersedia Buffet di Resto PAM Thermal Hotel sebelum kita masuk kamar untuk istirahat.

Sebelum masuk ke kamar saya masih melipir ke depan swimming pool cantik mereka untuk mengabadikan suasana malam di Hotel.Sangat indah sayang kita sudah sangat capek tidak kuat untuk santai di sini lagi.


Malam ini saya kembali joint dengan Mb Gagarina di R 3010 di Building 3 kebetulan berada di lantai 1 sementara kamar Naufal di Lantai atas.Kamar kami tidak begitu jauh dari  Pool .Saat kami mandi sholat beberes terdengar musik Belly Dance dari kamar.Sempat saya buka pintu kamar dan duduk di Balkon untuk menikmati Belly Dance sayup sayup dari kamar bunyi music tariannya makin terdengar ke teras kamar.Sayang kita sudah capek dan tidak kuat untuk main ke depan swimming pool lagi.Lelah sangad... 

to be continued






Tidak ada komentar:

Posting Komentar