Halaman

Minggu, 19 November 2023

LAST DAY KOTA JOGYA MENIKMATI KULINER,SHOPPING ,OLEH OLEH EDISI 11

D5 TUES/5 SEPT23

Pagi sebelum subuh kita sudah pada bangun hampir semua merapikan barang barang,berkemas kemas oleh oleh yang sudah dibeli bahkan order box ke Pak Robby  untuk tambahan oleh oleh yang sudah tidak mungkin ditaruh di koper.Karena pagi kita sibuk packing barang akhirnya Kami sepakat untuk beli Gudeq Stadion saja untuk kita sarapan di rumah saja karena nanti kita akan sarapan lagi di KOPI KLOTOK.
Kami tidak kembali lagi ke rumah Mba Tutun sehingga kita membawa semua barang barang dan koper ke Mobil karena sore nanti kita kansung menuju Stasiun Tugu.
Hari ini kita akan ada beberapa Jadwal kuliner,shopping,cari oleh oleh antara lain :
1.KOPI KLOTOK KALIURANG
2.Oleh Oleh JADAH TEMPE MBAH CARIK
3.DOWA SHOPPING
4.RUMAH BATIK-BERINGHARJO-MIROTA-TERAS MALIOBORO-BAKPIA KUKUS TUGU
5.RAMINTEN KOTA BARU
6.KM 0 JOGYA

1.KOPI KLOTOK KALIURANG

Kopi Klotok adalah cara pembuatan Kopi secara tradisional di Jawa.Berbeda dengan cara modern yang diseduh,kopi direbus dalam panci di atas tungku arang sehingga mengelarkan bunyi Klotok Kloto ketika mendidih.Warung ndeso yang terkenal dengan masakan khas desa seperti sayur lodeh,lodeh tempe,sambal ijo,sayur lodeh terong.Jangan lupa pesan pisang gorengnya yang mak nyusss.

Kami menikmati sajian ini persis dapat tempat duduk dipojokan luar Pendopo jawa dengan pemandangan indah sawah dan Gunung merapi sayup sayup di sana

Setelah puas makan dan bayar orderan kita.Disini berlaku kejujuran saja apa yang kita makan itu yang kita hitung tidak ada kontrol ketat  dari mereka.Persis suasana warung warung ndeso.
Maka kita sempat menikmati suasana persawahan yang berada di depan pendopo jawanya.Kebetulan ada anak muda yang berbaik hati untuk bantu foto kita serasa motoin neneknya dan gank dia huhaaa.Seumuran cucu cucu sich..

OLEH OLEH JADAH TEMPE MBAH CARIK

Oleh oleh sangat cocok dibawa pulang.Jadah tempe salah satu makanan khas Jogya yang sangat terkenal dan hanya ada di sekitar lereng Gunung Merapi.Makanan yang diolah sangat sederhana terdiri dari ketan yang dilengkapi tempe atau tahu bacem.

Ternyata makanan ini kesukaan Para Raja lho di zamannya.Bahkan Sultan Hamengkubuwono IX sangat menyukainya dan sering megutus pengawal untuk membeli jadah tempe ini lansung ke Kaliurang.Sejak saat itulah makanan Jadah tempe ini menjadi terkenal.Kami order beberapa saja untuk kita cicipi di atas KA saat kita kembali ke Jakarta nanti malam.

DOWA BAG SHOPPING

Kita selalu suka mampir ke Dowa Pusat di Godean karena bisa menikmati semua product Dowa dan ada rumah Produksi di belakangnya.

Godean Pusat Dowa showroom dan produksinya  persisnya Jl Godean Km 7Sidomoyo Sleman.Berkali kali khususnya saya setiap ke Jogya selalu mampir ke Dowa baik yang di Godean atau di cabangnya di Mangkubumi No 125.Memang dari sejak kerja  di JHHP hampir 25 thn lebih saya salah satu pencinta berat Dowa.Bahkan berbagai warna dan model sudah dimiliki.ternyata kali ini teman teman juga tertarik untuk mampir ke Dowa.

Saya ada niat untuk cari Tas buat Taklim yang cukup besar bisa diisi Al Quran dan Buku "lainnya.Sambil kita cari cari Tas dan ketemu juga Phasmina khas Dowa sohib"santai menikmati cemilan yang disuguhkan Dowa.Di sini kelebihan Dowa Pusat selalu tersedi cemilan cemilan khas di sini walaupun kita gak beli,Tapi ini pada beli juga tas jadi paslah ya..

RUMAH BATIK

Kami mampir di rumah Batik Suryowijayan beragam jenis Batik tumpah ruah disini dari harga kki lima sampai ekslusif tersedia.Kami memilih milih bila ada yang cocok.Malah ketemu Bule Amrik mencari Baju Batik dengan Pemandu wisatanya.

Hanya sebentar disini sekalian sholat di musholanya untuk kemudian kita lanjutkan perjalanan.

  RAMINTEN KITCHEN

House of Raminten target makan siang kita hari terakhir.Kebetulan House of Raminten lagi tutup jadi pilihan kita Raminten di depan sekolah  SMA Steladuce 1 yang berada di Jl Sabirin Kota Baru Kec Gondokusuman..
Angkringan semi Cafe ini menyediakan menu dari angkringan hingga menu menu tradisional Jawa.
Sambil menunggu orderan datang Bu Iis sudah janjian dengan sahabat lamanya sesama sekolah di Bogor dulu akhirnya melepas rindu di resto ini.Beliau juga membawa kami Makanan Nasi Kuning untuk makan di atas KA.Alhamdulillah.


OLEH OLEH BAKPIA KUKUS TUGU

Kita juga mampir beli oleh oleh Bakpia Kukus Tugu yang berada di Titik   Nol  .Oleh oleh ini merupakan inovasi Bakpia menjadi trend oleh oleh baru di Jogya.


MIROTA(HAMZAH BATIK) -PASAR BERINGHARJO-TERAS MALIOBORO
Kami cukup lama berada di sekitar Pasar Beringharjo,Batik Hamzah yang dulu dikenal Mirota dan Teras Malioboro.
Saya menghabiskan waktu di Hamzah Batik untuk cari oleh oleh Batik Naufal dan papanya.






Malah di depan Hamzah Batik ada Live music yang membuat kita bisa joget joget dengan suasana di sore sekitar Malioboro.
Setelah menghabiskan waktu di sekitar Malioboro Batik Hamzah kita janjian kembali dengan sohib Jogya di sekitar Km 0 Jogyakarta.
to be continued














Tidak ada komentar:

Posting Komentar