Halaman

Selasa, 21 November 2023

TITIK NOL KAWASAN ËROPANYA JOYGA SEBELUM STASIUN TUGU "... EDISI 12


SSetelah menghabiskan waktu di sekitar Malioboro,Batik Hamzah/Mirota kita janjian kembali dengan sohib sohib Jogya dan Mba Tutun di sekitar Km 0 Jogyakarta.
Posisi Titik Nol Kilometer sangat strategis.Dari Hamzah Batik kita berjalan tidak begitu jauh ke arah Utara untuk menyusuri Ikon Wisata yang paling terkenal di Kota Jogyakarta.Merupaka persimpangan 4 ruas jalan di sisi Barat Jl KH Ahmad Dahlan,Sisi Timur Jl Panembahan Senopati,Sisi Utara Jl Margo Mulyo dan Sisi  selatan Jl Pangarukan.


Jalan Malioboro sekitar  Pasar Beringharjo yang merupakan Pasar tertua di Kota Gudeg ini.Kita juga mampir di Teras Malioboro tempat berkumpulnya kuliner kuliner kaki lima yang kemudian gabung di Teras Malioboro.
Pada penasaran mungkin ya kenapa di sebut Titik Nol Kilometer merupakan titik sentral Kota Jogyakarta

Sebahagian orang orang menyebut Titik Nol Kilometer ini sebagai Ëropanya Jogya"karena Kawasan ini dikelilingi oleh bangunan bangunan kuno yang merupakan Cagar Budaya di Jogyakarta.
Ada tujuh bangunan di seputar Titik Nol Kilometer peninggalan Belanda yaitu: Benteng Vredeburg,Kantor Pos Besar Yogyakarta,BNI 46,Gedung Agung,Monumen Serangan Umum 1 Maret dan Bank Indonesia.

Selain Titik Nol Kilometer ini berada di Sumbu Imajiner antara Keraton Ngajogyakarta,Gunung Merapi dan Laut Selatan.Begitu strategisnya area ini selalu menjadi Pusat aktifitas Masyarakat dan Wisatawan yang sedang berada di Kota Jogya.
Sayang aja  keinginan Bu Iis dan Susi untuk nongkrong di Pendopo Lawas   Tri Suaka dan Nabila mangkal tidak sempat kita datangi.Sayang mungkin harus datang kembali ke Jogya nantinya.Insya Allah.
Kami berpisah dengan sahabat Bu Iis di sini untuk segera kita diantar sama Sohib Jogya ke Stasiun Tugu.
Saat Live Music di depan Hamzah Batik tadi "Rungkad"membuat travelling kami selama 6 hari Jogya-Magelang-Solo finish dengan sempurna.
Alhamdulillah di Titik Nol Kilometer seorang Nenek cantik "Lolita"dengan ramah menawarkan diti untuk membantu kami motret kita full team.
Selalu ada orang baik di sekeliling kita.Walau sense of Photography ada tetapi karena sudah sepuh jadi objekannya masih perlu di editing lagi tapi cukup mumpuni.
Thanks Oma Cantik..
Magrib kita habiskan di Titik Nol sebelum kami beranjak menuju Stasiun Jogya untukpersiapan keberangkatan KA Taksaka Jogya-Jatinegara Jam 20.55.
STASIUN TUGU JOGYA
Kita diantar sampai ke Stasiun oleh Para Sohib Jogya dan Mba Tutun .Sampai kami di depan stasiun untuk kemudian memanggil Porter untuk membawa koper dan barang"kita yang sudah bertambah.

Alhamdulillah Rangkaian Itinerary selama di Jogya-Magelang-Solo sangat padat dan kita lalui dengan lancar dan  mulus.Walau selama beberapa hari kondisi beberapa sahabat ada yang drop batuk,radang demam dan sehat kembali.
Matur Suwun sanget buat Sohib tersayang Mba Tutun dan Konco konco Jogya tersayang Mba Nani,Mba Entis,Mba Sekar,Mba Sumi,Mba Ria sudah kami repotkan dan rewelkan  selama 6 hari.Jangan kapok dan sungkan undang kami lagi jalan ya dalam dan luar Jawa..@ngarepdotcom.
Berkah untuk segala kebajikan kalian mbakyu tersayang.Hanya Allah yang membalasnya.Peluk Cium dari kami yang tadi tidak sempat pelukan satu per satu #efekbelummandi.
Sampai ketemu didestinasi destinasi berikutnya @ Colek Bu Koordinator Mba Nani.
Salam sehar semangat dan berkah selalu dari kami.
Kita di antar sampai ke Stasiun oleh Para Sohib Jogya dan Mba Tutun .Sampai kami di depan stasiun untuk mencari porter sekalian merapikan box oleh oleh yang belum di tutup dengan lackban.
KA Taksaka 69 kami jadwalnya Jam 20.55 Jogya-Jatinegara Eksekutif 1 Seat 2 A.Kami sholat jamak dulu sambil ganti baju yang seharian sudah penuh keringat lumayan tidak mandi paling tidak sudah ganti dan lebih fresh sebelum kita naik KA Taksaka.Jam 20.10 KA Taksaka sudah bisa naik.Porter tadi yang kami order 2 orang sudah lansung mengambil barang barang kami untuk diantar ke dalam KA.
Jam 20.55 tepat waktu KA mulai bergerak meninggalkan Kota Gudeg dengan segala kenangan indah bersama Para Mbayu" konco terbaru kami selama 6 hari.

Lirik KLA Project...Jogyakarta...

Pulang ke Kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgia
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogya.🧡🧡💛💚💙💜🤎


Saya duduk bersebelahan dengan Uni Ites.Susi berdua Cici sementara Bu iIs dapat duduk dipojok sendiri.Pas tinggal istirahat tidur dengan kondisi badan belum stabil
KA Tasaka lebih nyaman lagi dibanding dengan KA Fajar Utama saat kami berangkat ke Jogya.Kursi lebih nyaman lega dan semua menghadap ke depan.Tersediaa selimut,colokan HP dan juga tempat taruh Minuman.
Walapun 6 hari full destinasi kita berangkat pagi pulang malam dan tidak mau rugi dengan destinasi yang bagus bagus.Tetapi di hari terakhir kita masih segar dan fresh.Tadi kami sambil menunggu di Peron kita sudah makan Nasi Kuning dari sahabat Bu Iis dan di atas KA nanti kita bisa menikmati Jadah tempe Mba Carik.
Masih ada senyuman saat menaikin KA sampai kita tinggal istirahat tidur .
KA Taksaka 69 Jogya Jam 20.55 ontime berangkat.
Sampai di 
St Kutoarjo        21.34 lebih maju 4 menit.
St Kebumen      21.59 ontine.
St Kroya           22.32 on time, 
St Purwokerto 22.56 maju 1 menit,
St.Cirebon       00.35 maju 8 menit.dan 
St. Jatinegara  02.58 maju 2 menit dari Jadwal 03.01.
Dari sini ketahuan saya tidak bisa tidur dihabiskan untuk menulis blog sementara sohib sohib sudah terlelap nyenyak sampai mendekati Karawang baru pada saya bangunkan.

"Dialah yang menjadikan Bumi itu mudah bagi kamu,maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya.Dan Hanya kepada-Nya lah kamu kembali setelah dibangkitkan".Al-Mulk 15
Seperti Jacket yang saya gunakan malam ini berisi Negara negara destinasi seluruh dunia yang akan dicapai dan cita cita.Alhamdulillah beberapa sudah diinjak kakinya di sana.Semoga selalu sehat lahir dan bathin Amiin.Ya Rob.
Tuntas sudah detail perjalanan kita selama di 3 Kota Jogya-Magelang dan Solo selama 6 hari.Mohon maaf bila selama proses planning,rembukan  dan selama perjalanan ada yang kurang berkenan.Plus minus setiap perjalanan pasti ada.Tetapi bila kita saling memahami dan saling suport semua bisa diatasi dan tetap selalu kompak.
Insya Allah kita akan jalan lagi ke tempat tempat yang makin seru dan indah.Semoga kita diberi kesehatan,rezeki,keluangan waktu dan tentu saja keluangan materi  untuk jalan.Aaamin Ya Rob.
Sampai bertemu di destinasi destinasi lainnya....









Meciko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar