Senin, 13 November 2023

SAAT TERINDAH DI VW SAFARI DUTA MANOREH BOROBUDUR EDISI 3

D2: JUMAT 1 SEPT23 DC RED
Hari ke-2 di Jogya kami bangun tahajud subuh dan siap siap jam 6 pagi sudah mulai beberes baju yang mau dipakai.Kita nginap di rumah Mb Tutun yang asri dipenuhi pohon"angrek dan bunga" indah di pekarangan rumahnya..2 pagi nan indah kita sempat mengabadikan suasana bunga  bunga mba Tutun dan kebersamaan kami di pagi hari.Mba Tutun hanya tinggal sendiri di rumah besarnya tetapi di kelilingi oleh anak kost yang banyak dan sudah dianggap anak sendiri.Jadi selalu rame suasananya.
Pagi biasanya kami ngopi teh panas dan makan cemilan yang ada di meja makan.Kita memang sudah sepakat untuk selalu Sarapan di luar saja  sehingga mba Tutun dan kita  tidak repot untuk berbenah sarapan pagi di rumah.Praktis kan..

Jam 7.30 kita sudah siap dengan DC merah untuk jemput Mba Nani,Mb Entis,
dan Mb Sekar.Enaknya jarak rumah rumah konco Mba Tutun ini hanya berada di sekitaran Kota Jogya jadi gak begitu lama kita sudah kumpul.Kecuali Mba Sumi yang nanti kita dolanan ke rumah Khas Jawanya..

SOTO PAK MUSTOFA
Soto khas Daging sapi dengan kuah bening disajikan dengan aneka Sate puyuh,potongan daging sapi,Pergedel baru saja matang sementara sotonya sudah habis.ada tahu bacem Soto Sapi Pak Mustofa berada di Jl Magelang Km 7sengaja kita mampir untuk arah perjalanan ke Magelang jadi tidak mutar mutar lagi.Praktis
Pesanan 1 porsi Soto daging sapi dan nasi  dengan aneka lauk,telur asin,kerupk  yang tersaji lansung di atas meja

Terasa kuah sotonya yang gurih tanpa banyak bumbu dengan kuah bening tetapi rasanya sangat gurih dan enak.
Tiba di kawasan Lembah Manoreh Borobudur sekitar jam 10 pagi.Hari ke-2 kita akan meikmati  Desa Wisata dengan mengendarai Mobil Tua VW untuk Program
"VW SAFARI DUTA MANOREH TANJUNG SARI BOROBUDUR"

Area yang dikunjungi meliputi Sentra Industri Rengginang ,Sentra Budidaya Jamur dan berhenti di spot spot foto menarik dan terakhir makan siang bersama.

Pertama kami datang kami disuguhi Welcome drink Teh Poci dengan suguhan gula batu dan snack Pisang Goreng,Tempe goreng sambal rujak, serta Singkong Caramel Vla santan.
Kami melepas lelah,ke toilet dulu sambil menikmati suguhan minum teh pagi sebelum kita tour dengan VW Full Colour.
Suasana keliling persawahan dan perkampungan di Desa wisata Kawasan Borobudur sekitar Bukit Manoreh dengan mobil VW (Mobil Camat) dengan kecepatan rendah,sehingga kita bisa menikmati pemandangan alamnya.
Dimobil di sediakan Topi kerucut dari Bambu (Caping ) untuk menahan panas teriknya Lembah Manoreh.Sementara kami juga sudah siap sedia topi masing masing karena kita nanti juga ada ke pantai.
Sayang saat kami ke desa ini lagi musim kemarau dan sangat kering kerontang hanya Tanaman Palawija ,Tembakau  yang bisa kita nikmati hijaunya sepanjang perjalanan keliling Bukit Manoreh.
Program ini selain sarapan pagi,makan siang juga termasuk Foto-foto dan video dari team mereka.Awalnya mereka sering pinjam HP sayamungkin terlihat hasil objeknya lebih cetar ....Lama lama ke terusan saya protes karena juga di pake untuk Objek yang lain.Akhirya mereka pakai HP sendiri.Sayang tidak siap dengan Camera DSLR seperti di VW Night Malioboro kemaren,,,#saranya..

SENTRA  JAMUR
Kami mampir di Industri rumahan UMKM  Sentra Jamur Borobudur yang pernah didatangi Gubernur Jateng sejak itu Sentra Jamur menjadi Wisata Edukasi untuk wisatawan yang ratusan dalam sehari mampir kesini.
Sentra Jamur yang juga bisa buat edukasi dan penelitian Jamur dari awal penanaman Jamur ,lokasinya,proses pengeringan dan siap dijadikan berbagai makanan kecil, keripik ,sambal ,kerupuk dll.
Hebat ya penduduk kampung bisa dijadikan objek wisata dan bisa juga menjadi Usaha UMKM.Hebat..

Tidak saja beragam product dari Jamur tetapi mereka juga menjual Rujak,Sate, dll untuk pengunjung menikmati warungnya setelah keliling belajar tentang Jamur.

SENTRA RENGGINANG

Selain sentra Jamur kami juga dibawa ke Sentra Rengginang yang berada di dusun Wanurejo.Rengginang pasti banyak yang masih paham cemilan khas kampung ini terbuat dari Nasi yang dibentuk lingkaran kemudian dijemur benar benar kering kemudian di goreng dan diproses menjadi cemilan aneka ragam rengginang.Beragam rasa rengginang dibuat disini dari rasa tawar,asin,gurih  dan juga rasa manis.

Wisata Rengginang product UMKM Rengginang Borobudur yang kemudian dijadikan wisata Program VW Borobudur untuk mengajak wisatawan mampir melihat proses pembuatannya malah bisa ikut bantu buat dan membeli aneka macam cemilan dari rengginang.

Di sentra Rengginang ini kami ketemu para pelancong dari Jawa Timur hampir ratusan banyaknya dengan memakai VW puluhan.
Kami segera beranjak dari sini biar mampir di spot spot rekreaksi tidak menumpuk dengan mereka.
Selain Sentra Industri Jamur,Rengginang juga ada Madu,Kopi dll.
Hebat dan kreatifnya penduduk Dusun Magelang ini disuport oleh Pemda dan Binaan UMKM membawa product rumahan dan ndeso bisa dinikmati untuk wisata dengan paket paket wisata yang menarik.

Kami meneruskan perjalanan ke Kebun Palawija,Tembakau dan juga ada Cabe rawit dll.Kami mampir untuk mengambil spot spot cantik dulu disini.Tetap saja mereka pinjam lagi HP saya.Olala besok harus punya modal baru yang Mas"...
Terakhir kita foto spot cantik di Lapangan desa Wisata Tuksongo.
Berakhir dengan teriknya udara tengah hari Bukit Manoreh dengan Hidangan Makan Siang ala ndeso.
 Hampir 2,5 jam kita mengelilingi dusun ini dengan  2VW berwarna Green dan Blue kontras dengan kostum kita Red..

Wisata Duta Manoreh Borobudur dengan Mobil Camat ini berakhir dengan makan siang bersama di Warung tempat kita tadi sarapan cemilan dan teh .
Menu siang kami ala ndeso Nasi ayam goreng, tempe,Ikan asin ,sayur asem,dan sambal.Ditemani teh poci gula batu membuat makan kami sangat lahap dengan hembusan angin terik siang hari.
Moment ini sangat direkomendasikan bagi peminta sejarah dan menikmati suasana malam hari di Seputaran Malioboro.Memang suasana ini kalah jika dibandingkan VW Safari Borobudur.  Jadi kita akan coba 2-2nya biar gak penasaran ya gak.
Terakhir kita foto spot cantik di Lapangan desa Wisata Tuksongo.