Halaman

Selasa, 14 November 2023

DESTINASI WISATA HUTAN PINUS MANGUNAN DAN TEBING BREKSI ....EDISI 5

Hari ke-3 Sabtu 2 Sept 23 DC Blue

Hari ke-3 kami di Jogya pagi jam 4.30 sudah pada mandi sholat ada yang nyari nyari cemilan di pagi hari sambil ngopi dan ngeteh. Kita masih sempat Dhuha dulu untuk berangkat jam 7 an pagi untuk jemput Mba Sekar-Mba Nani dan Sarapan Pagi kami di SOTO KADIPURO

Resto Soto Kadipiro yang menjadi menu soto yang sudah lama eksis dan menjadi menu wajib kami bila ke Jogya.Warung Soto Kadipiro pertama berdiri th 1928 sehingga menjadi trend setter untuk warung soto lainnya yang mulai menjamur di Jogya.Soto dengan kuah bening dengan lauk lauk terhidang di meja beragam Sate telur,pergedel,tempe goreng dll.
Resto ini sangat direkomendasikan bila kita dolanan ke Jogya dan ingin menikmati rasa soto yang tidak ada berubah dari zaman dulu.Jangan salah masuk resto cari yang aslinya di utara Jalan Wates ya..

Habis sarapan kita melanjutkan perjalanan ke arah selatan Jl Parang Tritis salah satu sahabat Mba Tutun namanya Mba Ria rumahnya sedikit di pinggiran Jogya .Kami disuruh mampir dan menikmati suasana Rumah Joglo dan luasnya pekarangan beliau.Kita disuruh mampir lagi nanti untuk Makan malam dan karaoke disini.
Hari ini destinasi kami dirubah harusnya kita ke Heha Ocean View harus kita Postpone besok karena area yang kita tuju sekarang ke arah perbukitan .Nach besok baru ke arah Pantai.Untung diskusi lebih pagi dengan Mas Ari jadi kita tidak rugi waktu bolak balik.

HUTAN PINUS MANGUNAN

Destinasi ini pernah saya kupas di blog saat saya dan group De Nyonyah Dolanan ke Jogya saat Milad Nyah Corina April2019

Hutan Pinus terletak di desa Dlingo ,Mangunan Bantul.Hutan ini dikenal juga dengan Hutan Pius Imogiri karena memang tidak begitu jauh dari Makam Raja Imogiri.Tapi kita tidak ke Makam Raja raja.skip ya guys...

Kami mengunjungi Hutan Pinus ini masih  dengan udara yang masih segar dan cerah.Deretan bahkan ratusan Pinus berdiri tegak secara beraturan di kawasan hutan ini.Hanya kami yang dari Jakarta saja masuk mengitari Hutan Pinus sementara Senior yang tinggal di Jogya santai menunggu kami keliling karena mereka mungkin sudah puluhan kali ke sini.

Sinar matahari menembus celah celah Pohon pinus.Suasana indah dan segar di pagi hari membuat suasana Hutan Pinus menjadi spot foto keren kami.Sambil kita keliling terdengan Musik kampung dengan lagu lagu kocak bikin pengen bergoyang seperti yang dilakukan group ibu ibu berseragam.
Hanya berjarak 24 km dari Kota Jogya dengan jarak tempuh sekitar 1 jam kita sudah sampai di Hutan nan sejuk ini.Cukup 1,5 jam kita mengitari Hutan ini yang dilengkapi Fasilitas antara lain: Gazebo,Camping Ground,Hammock,Area Outbond,Spot Foto ,Taman dan gardu Pandang.
Nach bagi yang mau travelling ke Jogya jangan lupa mampir ke Hutan Pinus Mangunan dijamin mendapatkan foto foto genic nan instagramable.Hutan pinus Mangunan dengan Slogan Sapta Pesona: Aman,Tertib,Sejuk,Indah ,Ramah,Kenangan.Sesuai dengan slogannya kami temukan semua disini.
Itinerary kita akan Makan Siang di Griya Dahar "Mbok Sumi "Thiwul ayam kampung Pertama di Dunia begitu tulisan di pintu masuk nya.
Sekalian mencoba penganan khas Thiwul Ayu Mbok Sum"
THIWUL AYU MBO SUM MANGUNAN
Cemilan tradisional ini dimasak sederhana menggunakan tungku ,thiwul ayu Mbo Sum memiliki keunikan dibandingkan lainnya.Thiwul merupakan kue khas Jogyakarta yang terbuat dari tepung gaplek/singkong yang dikukus.Thiwulnya tidak pakai pengawet sehingga 2x24 jam sudah tidak bisa dimakan.Makanya tidak bisa kita bawa ke Jakarta.
Hampir 3 xsaya pernah makan disini.Bahkan saya boleh masuk ke dapurnya untuk melihat pengerjaan masak thiwul.Ada beragam rasa Thiwul Original,coklat,gula jawa,rasa keju,nangka ,coklat keju dll.
Kami membeli beberapa rasa untuk dimakan rame rame malah Cici beli Tepung Gaplek/singkongnya untuk dibawa pulang (oleh-oleh) kayaknya buat Mas Gatot hihi.. Disini kami juga menemukan Gula batu,Jahe gula ,wedhang jahe dll.
PONDOK DAHAR AYAM GORENG MBO SUMI

Lokasinya bersamaan dengan Thiwul yang berada di sayap kanan sementara Pondok Daharnya di sayap kiri.
Makan siang kita dengan menu khas Ayam goreng kampung dan lauk lauk khas pedesaan.Sambil menunggu makanan terhidang kami sholat jamak dulu di mushola resik mereka di pojok belakang.Angin sepoi sepoi di Gazebo dengan diiringi live music dengan penyanyi dadakan dari pengunjung bahkan Mba Tutun ikutan sumbang lagu .

TEBING BREKSI

Destinasi berikutnya kami ke Tebing Brekasi yang berada di Gn Sari Sambirejo,Kec Pramanan Kab Sleman  DIY.Kami sampai di Tebing breksi saat terik matahari persis diatas kepala.Perjalanan dari Hutan Mangunan berjarak 25 km sekitar 50 menit kita sampai di Tebing Breksi.

Kami berharap akan ketemu photograper lokal yang bisa bantu kita ambil spot cantik.Rezeki selau mendekat kami bertemu dengan dengan anak muda yang kita geret untuk mengabadikan pose cantik kami .Walau panas terk tapi kita jadi happy akibat celetukan celetukan jenaka sang Photograper.

Tebing breksi dulunya merupakan tempat penambangan batuan alam.Penambangan dilakukan oleh masyarakat sekitar.Di lokasi penambangan terdapat tempat tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan batuan dekorasi bangunan
Puas menikmati Tebing Breksi di tengah teriknya matahari kami melanjutkan perjalanan menuju ABHAYAGIRI HERITAGE untuk ngopi cantik di sini.Kita sudah reservasi di Resto& resort cantik ini agar bisa masuk ke dalam kawasan mewahnya.
Ikuti terus perjalanan wisata kami ya...