Halaman

Jumat, 10 November 2023

LEZAT DAN MANISNYA MAKANAN KHAS TURKIYE EDISI 17

 

Edisi khusus ini saya akan membahas detail macam makanan khas Turkiye yang sempat kami makan selama Travelling 11 Hari.Beragam macam makanan dan minuman khas Turkiye yang layak kita ketahui ragam dan jenisnya.

Dari ayat Al Araaf :57 Bahwa Dan Dialah yag meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatngan rahmatNYA (hujan),hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung.Kami halau ke suatu daerah yang tandus lali Kami turunkan hujan di daerah itu maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu perlbagai macam buah buahan .Seperti itulah Kami membangkitkan orang orang yang tekah mati mudah mudahan kamu mengambil pelajaran .

Jadi kita diberi Rahmat dariNYA untuk mencoba tUmbuhan dan Buah buahan yang sudah Allah ciptakan.

MAKANAN KHAS  TURKIYE

Berada di negeri Erdogan selama 10 hari kita bisa merasakan berbahgai makanan dan cemilan khas  Turkiye.Berbagai raa sudah dicoba.Tetapi tetap saja kita kudu wajib bawa Sambal sambal teri kacang,terasi atau samba teri kentang.Biar lidah kita bisa menerima aneka makanan khasnya.

1. BAKLAVA


Cemilan manis/dessert yang berbentuk Pastry.Bentuk kotak kecil dan berlapis.Teksturnya juga empuk ,kriuk pada bagian luar serta creamiy pada bagian dalam.Sekali gigitan makan rasa manisnya meluber ke mulut.Manis bangets...

2.SIMIT


Makanan berupa Roti bulat yang lingkar tengahnya seperti donat.Di Turkiye makanan ini juga dikenal dengan Simit.Donat dan Simit ini ternyata ada bedanya.Dari Ukurannya,tekstur dan rasanya beserta toppingnya.Cara pembuatannya pun sangat berbeda lho .Adonan yang kalis tidak lansung di goreng atau dipanggang tetapi dicampurkan dengan sirup buah.Setelah beberapa waktu tertentu baru mulai adonan di panggang bersama dengan taburan Wijen.

3.KOFTE

Kalau di Indonesia Bakso maka di Turkiye namanya Kofte .Bahan dasar makanan ini adalah daging giling dengan campuran tepung panir,telur serta berbagai rempah.Kofte ini biasa diolah menggunakan daging ayam ,sapi,atau kambing yang digiling,

4. KEBAB


Makanan khas Turkiye yang sangat populerdi Indonesia dan pastinya sudah tak asing lagi di lidah orang Indo.Hidangan yang disajikan dengan balutan ropi pita dengan berbagai isian mulai dari sayuran full ,sauran bercampur dagin ditambah saus yang lezat 

5.NOHUTLU PILAV 

Makanan dengan perpaduan butiran nasi,kacang dan mentega yang akan menyatu jika dimakan.Bila menyukai pedas maka bisa ditambahkan cabe pada mangkuknya.

6.PIDE 



Roti pipih yang dipanggang di dalam oven dengan proses memasak tradisional menggunakan kayu bakar.Pide juga dilengkapi dengan berbagai topping mulai dari telur,daging domba cincang ,partami,sayuran dan keju.

7.DONDURMA


Atraksi penjual Ice cream yang iseng ada pembelinya dengan memutar akrobatik stik panjang ice cream bernama Dondurma.Atraksi tersebut adalah sebuah hiburan dan cara penjual melayani pembelinya tentu saja bisa menjadi hiburan tersendiri.

8.HUMMUS

Menyerupai bubur,saus cocol mayonaise atau selai.Makanan khas Turkiye ini merupakan makanan yang menyerupai selai yang dibuat dengan kacang arab yang digiling dan dicampur dengan tahini atau biji wijen giling,minyak zaitun,air jeruk limau,bawang putih dan garam sebagai penyedap.

9.LOKUM (TURKISH DELIGHT)

Makanan khas Turkiye yang biasa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh oleh bagi wisatawan.Lokum ini adalah makanan yang berupa camilan manis yang terbuat dari bahan dasar tepung dan gula serta madu...

10.DURUM

DURUM,Kebab Turkiye yang didominasi oleh berbagai jenis sayuran.Selain sayuran,durum juga tidak melepaskan identitas Kebab yaitu ditambahkan daging di dalamnya.Biasanya durum ini akan disajikan dengan Ropi Pide.

11. GOZLEME 


Roti epet yang digunakan sebagai pembungkus isian dengan cara dibentuk seperti gulungan.Untuk isinya sendiri bisa berupa at,keju ,jamur,telur,sayuran dan daging.Makanan ini biasanya cocok di makan bersama minuman hangat.

Kebetulan sekali saat kami mampir di rest area ada pembuat Gozleme sedang mengaduk adonannya.

12.TURK KAHVESI

Minuman khas Turkiye yang juga disebut Kopi Khas Turkiye.Kami nikmati saat hari pertama di Istanbul di sebuah Cafe cantik di kawasan Hagia Sofia yang terkenal itu.Kopinya memiliki rasa yang berbeda dengan kopi lainnya.Turk Kahvesi memiliki rasa yang gurih penyajiannnya yang cukup unik yaitu dari sebuah teko dengan gagang panjang yang biasa disebut dengan Cezve.Walaupun saya penikmat Kopi berat tetapi rasa Turk Kahvesi tidak membuat candu hanya mencoba 1 x dan tidak ingin mencoba lahi karena rasanya yang sangat kental banget.

13.YOUGURT BIJI OPIUM

Yougurtnya tanpa rasa dengan kekentalan yang terasa tebal di tenggorokan.Madunya punya rasa manis yang sedang sehingga tidak merusak rasa yougurt.Ada perpaduan menarik di antara keduanya.Satu sendok besar biji opium ditabur di atas kombinasi yougurt dan Madu..Duch enaknya...

14.CAY (TEH TURKIYE).
Minuman satu ini sangat terkenal sekali dengan menggunakan wadah gelas khusus berbeda dengan kita yang menggunakan cangkir Wadah dengan bentuk gelas dengan tatakan yang memiliki bentuk yang lebih cembung di banding piring .

15.HONEY COMB TURKIYE
Honey Comb Turkiye merupakan sarang madu asli yang madunya lansung bisa dicicipi.Manis dan lezat .Beberapa resto menyediakannya dan bebas diambil.Makanan langka bila di Indo di Turkiye banyak kami temukan di resto mewah.

16. MIDYE DOLMA,

Makanan khas Alacati ini sempat dinikmati oleh Onty saat kami mampir ke Desa cantik Alacati.kerang remis diisi nasi berempah yang nikmat rasanya.Onti Jihan mencoba makanan khas ini.

Walaupun beragam makanan khas Turkiye kita coba tetapi lidah memang tidak bisa jauh dari sambal.Berbagai sambal tetap menjadi "senjata ampuh"saat kami menikmati beragam makanan Turkiye itu.Terasa hambar bila kita tidak mencocol sambal di sela selanya...Upps lidah kampung..Malah senjata terakhir kami keluarkan di saat waktu subuh dalam dinginnya udara Turkiye dengan makanan andalan Mie Khas Indo..Pastinya.
Pastinya.Semoga nama nama makanan khas Turkiye ini cocok dengan foto yang saya gabungkan.Kadang dengan nama yang aneh membut ragu untuk mencantumkan foto makanan yng pernah kita coba selama di sana.

SALAM,















Tidak ada komentar:

Posting Komentar