Halaman

Sabtu, 04 November 2023

CITY TOUR CAPPADOCIA BIKIN HATI MAKIN CINTA NEGERI ERDOGAN.. EDISI 11

Setelah breakfast ,kami mandi untuk siap siap City tour destinasi CAPADOCCIA. Hari ini.Untuk Teman teman yang naik Hot Balon  yang mau naek Jeep Tour juga  akan dilakukan besok pagi subuh karena kita 2 malam di Capadoccia.


Setelah breakfast ,kami siap siap City Tour di Cappadocia.Waktu Turkiye menunjukan jam 9.15 pagi kita akan menuju Kota Bawah Tanah (CARDAK) yang tidak berapa jauh dari Hotel.

Sambil menunggu group kumpul kami menikmati bunga bunga bermekaran di depan hotel dengan view cantik dengan hamparan Bukit Bukit Cappadocia yang indah.Destinasi pagi ini kita akan menuju Kota Bawah Tanah (Cardak) yang berada tidak begitu jauh dari Hotel Ramada tempat kami menginap paling 10 menit( 8-9 km) saja.
1.CARDAK UNDERGROUD CITY

2.VENESSA CERAMIC ART GALERY 

3.PANDORRA JEWELERRY

4. CARPET 

5.PIGEON VALLEY

6.UCHITSAR CASTLE

Yuk kita jelajahi Cappadocia:

1.CARDAK UNDERGROUND CITY

Cappadocia,salah satu daerah bagian tengah Turkiye yang masih menyimpanSitus sejarah perjuangan Masyarakat Turkiye di masa lampau.Mereka menjadikan Batu Vulkano dari hasil erupsi Gunung berapi dilubangi serta menjadi Gua dan "Benteng"buat pertahanan mereka di zaman Era Peperangan dari Sebelum Masehi hingga Abad ke 11.
Benteng Gua itu dikenal dengan nama CARDAK UNDERGROUND CITY"atau Kota Bawah Tanah di Uchisar,Cappadocia.
Meskipun dibangun sekitar 1000 th SM atau 3000 th yang lalu,arsitektur gua dijadikan tempat tinggal sementara dan juga sebagai benteng pertahanan terakhir dari serangan musuh di saat perang.Masya Allah.

Masih cukup pagi kami sudah sampai di Kota Bawah Tanah ini dengan mulai memasuki lorong demi lorong,gua gua dengan udara lembab di kesunyian menjelang siang.Salah satu Teman Nabila punya Insting Indera ke-6 yang mulai merasakan perasaan gak enak bergidik bulu roma di saat kami jalan di sebuah lorong yang agak gelap.Seperti ada makhluk halus yang menghuni daerah tsb.Awalnya dia ngobrol spontan akhirnya saya suruh diam dan baca saja doa agar kita tidak diganggu dan terhindar dari penghuninya.

Semakin bergidik dan merinding bulu roma saat memasuki areal Bawah tanah yang berisi ruang untuk memasak,ruang ibadah, ruang utama,ruang penyimpan bahan makanan termasuk hewan ternak dn beragam ruang ruang di dalamnya bak rumah di atas daratan.Termasuk ruang untuk sirkulasi udara(ventilasi) sampai lorong lorong menuju tempat pelarian yang susah dijangkau musuh bila terjadi pengejaran.Bahkan ruang yang sulit ini sekarang ditutup untuk umum.Udara lembab dan kesunyian lorong demi lorong membuat kami hanya sebentar saja untuk menikmati Kota Bawah tanah ini.duch seram dech..

Banyaknya pintu goa yang sempit bahkan langit langitnya terasa rendah dan kita harus merunduk untuk masuk ke dalamnya.Kota bawah tanah ini ternyata salah satu dari 50 an Kota bawah tanah yang tersebar di Uchisar.
 
 2. VENESSA  CERAMIC ART GALERY
Kami juga mampir di sebuah Art Galeri pembuatan Keramik khas Turkiye di Avanos  yaitu Vanesa Seramic.Kita ditunjukan proses awal pembuatan sebuah Product keramik dari tanah liat sampai di beri cat dan dilukis  dengan begitu cantik.Penuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi untuk menghasilkan sebuah karya seni yang sangat cantik dan mewah.
Wajar saja harga yang ditawarkan untuk keramik disini cukup mahal.Begitu indah dan penuh warna warna yang menarik.Kami disini tidak diperbolehkan memotret barangkali agar tidak ada tiruan dari negeri Cina mungkin ya..Tapi blogger gimana kalau tidak punya bukti..hihi.

Awalnya ada niat untuk beli mug set dan teko untuk object photography.Tetapi melihat harga yang ditawarkan cukup mahal mending beli di Grand Bazar saja yang product sedikit level dibawah art galery ini kita masih bisa membeli lebih lengkap.
Akhirnya niat saya urungkan setelah lebih tahu Grand Bazar lebih lengkap dan cukup variatif harganya.

                                               


3.PANDORA JEWELERRY
 Tidak begitu jauh dari Vanesa Seramik kami dibawa ke Toko Jewellery merek PANDORA.Toko perhiasan yang bikin tergiur para wanita.
Beragam perhiasan dari beragam bebatuan Safir, Berlian amethyst dll.Kami hanya bisa melihat lihat saja karena bukan target.Tetapi ada teman yang tertarik karena memang suka perhiasan dan bebatuan akhirnya kesempatan ini tidak dilewatkan saja.

LUNCH HANS RESTO 
Kami lunch di sebuah Resto Buffet "HANS RESTO" yang berada tidak jauh dari toko toko tadi yang kami datangi.Kita makan sampai jam 13.15 sekalian sholat Jamak di Lt 2 Resto musholla cukup luas  yang sudah disiapkan untuk Moslem.

Beragam makanan  tersedia di Buffet mewah resto ini.Banyak group juga yang sudah reservasi di sini.Disini kami menemukan beragam cake cake dan cemilan serba manis khas Turkiye begitu banyaknya sehingga tidak bisa semua dicoba saking melimpahnya cake manis dan lezat disini.
4.CARPET HOUSE
Sejak Era Byzantium masyarakat Turkiye seperti masyarakat di negara Timur Tengah di kenal juga dengan pembuat Karpet berkualitas tinggi.Karpet Turkiye memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan peninggalan masa kerajaan zaman dulu.Pola masa Kilim berbentuk tenunanya,sementara karpet peninggalan Seljuk banyak menggunakan akar pewarna.Hayoo siapa yang minat beli.
Ada kualitas ada barang . 
Kita melihat lansung proses pembuatan Karpet Hand made dengan berbagai benang warna warni dan ketekunan dan ketelitian Wanita Turkiye untuk menghasilkan karya seni yang sangat mewah.Dengan melihat pola rumit contoh Mini karpet Print komputer kemudian diterjemahkan dengan untaian benang benang warna warni sesuai pola dari tangan halus seorang Wanita.Semakin banyak warna benang yang digunakan semakin rumit pola Karpet yang dihasilkan.
Wajar harganya mahal.Tapi bukan berarti tidak ada teman teman yang tertarik.Lebih baik  menyesal beli dari pada menyesal gak beli ya gak....#kompordotcom.
Kami terlalu lama di sini karena banyak yang tertarik tetapi harganya cukup mahal.Akhirnya tarik ulur dengan penjualnya yang dari Indo.Tetapi memang gak rezeki akhirnya cuma beberapa saja yang membawa hasil karya Hand Made Carpet khas Capadoccia ini.Sayang dech...Mahal sich.Mending beli Koper jiaaah...

5.UCHISAR CASTLE

Uchisar Castle berada di titik tertinggi di Cappadocia berupa hamparan bebatuan  yang menyerupai bentuk Kastil ,menjulang tinggi .Sangat indah dengan panorama perbukitan bak kastil kastil batu yang sangat banyak.Uchisar Castle disebut sebagai pintu menuju Cappadocia.Tempat ini dibangun sejak zaman Romawi yang mempunyai fungsi utama sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh.
Bentang alam ini tercipta dari akibat letusan gunung Erciyes(Argaeus) pada ribuan tahun yang silam sehingga menciptakan debu vulkanik akibat aliran air dan larva membentuk bebatuan putih krem yang menjulang tinggi bak laksana pilar pilar kastil istana.Masya Allah.
6.PIGEON VALLEY

Nach Pigeon Valley juga merupakan salah satu destinasi wajib di Capadoccia .Kawasan ini merupakan sebuah perumahan yang berada di perbukitan dengan lubang kecil di temboknya.Kenapa dinamakan Pigeon ,zaman dulu Burung merpati dipakai sebagai hewan yang bisa mengantarkan pesan jarak jauh (merpati pos).Sehingga rumah rumah di perbukitan memiliki lubang kecil yang berfungsi untuk sarang Burung merpati.
Bahkan di beberapa pohon digantungi Nazar Bancugu,yaitu jimat tradisional Turkiye yang dipercaya bisa menolak bala.Wallahualam.
Kami menghabiskan waktu foto foto di sebuah pohon yang digantungi dengan jimat jimat dengan Blue eyes khas Turkiye.

Beruntungnya kami di Cappadocia bisa 2 malam dan 3 hari puas menikmati destinasi demi destinasi dan menginap di Hotel mewah dengan resto yang lengkap. Alhamdulillah.




to be continued






Tidak ada komentar:

Posting Komentar